5 Artis yang Hamil dengan Pengentalan Darah, Terbaru Dhea Ananda

Mereka yang hamil dengan kondisi pengentalan darah ini punya tantangannya masing-masing

25 Mei 2022

5 Artis Hamil Pengentalan Darah, Terbaru Dhea Ananda
Instagram.com/syahnazs & Instagram.com/dea_ananda

Kehadiran anak menjadi salah satu yang sangat dinanti bagi pasangan suami-istri. Terutama bagi mereka yang lama menikah dan ingin dikaruniai momongan.

Oleh karenanya, kehamilan menjadi anugerah indah yang datang dalam kehidupan suami-istri. Namun, setiap kehamilan ternyata tak selalu berjalan mulus.  

Setiap ibu hamil punya perjuangan mereka sendiri. Ada yang diberkahi kehamilan lancar sampai persalinan tiba. Namun, ada juga ibu hamil yang mesti mengalami berbagai tantangan.

Baru-baru ini Dhea Ananda mengalami pengentalan darah saat hamil. Darah kental atau hiperkoagulabilitas adalah kondisi yang bisa terjadi pada ibu hamil saat darah lebih kental atau lengket dari biasanya.

Pengentalan darah saat hamil berhubungan dengan ketidakseimbangan protein dan sel sehingga terjadinya penggumpalan atau pembekuan darah. Kondisi ini bisa menghalangi pergerakan oksigen, hormon, serta nutrisi dalam tubuh sehingga tidak mencapai jaringan dan sel.

Tak hanya Dhea, rupanya ada sederet artis lain yang juga mengalami hal serupa. Berikut Popmama.com rangkum 5 artis hamil dengan pengentalan darah, harus berjuang sembuh!

1. Ashanty

1. Ashanty
Instagram.com/ashanty_ash

Ashanty dikenal sebagai artis yang mengalami banyak tantangan saat dirinya hamil dulu. Bahkan saat sebelum memiliki Arsy dan Arsya, istri Anang Hermansyah ini cukup berjuang keras untuk bisa memiliki momongan.

Ashanty punya riwayat keguguran sebanyak tiga kali. Keguguran pertama terjadi di usia kehamilan yang baru dua bulan, lalu keguguran kedua karena terpeleset hingga perdarahan.

Tak menyerah untuk punya momongan, Ashanty mengandung lagi pada 2017. Namun, kabar bahagia itu diiringi dengan kabar tak baik bahwa dirinya mengalami pengentalan darah. 

Pengentalan darah itu disebabkan karena penyakit autoimun yang dideritanya. Kehamilan ketiganya pun harus mengalami keguguran. 

Setelah kejadian tak mengenakkan itu, Ashanty berusaha keras menjaga kehamilannya saat mengandung Arsy. Ia sangat menjaga dan ketat sekali soal kesehatan sesuai dengan perintah dokter.

Editors' Picks

2. Syahnaz Sadiqah

2. Syahnaz Sadiqah
Instagram.com/syahnazs

Syahnaz juga menjadi public figure yang mengalami banyak tantangan saat kehamilannya. Adik dari presenter Raffi Ahmad ini ternyata sempat memiliki kondisi pengentalan darah pada kehamilannya.

Kondisi itu membuat istri Jeje Govinda ini harus sering beristirahat, bahkan dirinya sering duduk di kursi roda untuk beraktivitas agar tidak lelah. 

Syahnaz juga dihadapkan tantangan kehamilan lainnya yaitu janin lambat berkembang. Selama hamil, ia diketahui harus meminum obat-obat yang disarankan dokter termasuk pengencer darah.

3. Rachel Maryam

3. Rachel Maryam
instagram/rachelmaryams

Saat Rachel Maryam dinyatakan hamil di umur 40 tahun, tantangan kehamilan yang ia hadapi adalah pengentalan darah. Aktris dan politikus ini juga harus disuntik obat pengencer darah agar aliran darahnya lancar. Sehingga nutrisi yang masuk sampai ke janin tidak terhalang. 

4. Louise Anastasya

4. Louise Anastasya
instagram.com/louiseans

Louise Anastasya juga mesti menghadapi tantangan karena mengalami pengentalan darah saat hamil. Ia sempat membagikan ceritanya itu di Instagramnya pada awal tahun 2021 lalu.

Saat itu, usia kandungan Louise Anastasya memasuki 4 bulan. Seperti artis yang hamil dengan pengentalan darah, ia juga harus banyak disuntik obat-obatan untuk mencegah kondisinya semakin parah.

5. Dhea Ananda

5. Dhea Ananda
Instagram.com/dea_ananda

Kehamilan yang sudah dinantikan Dhea Ananda selama 13 tahun menikah dengan Ariel 'Nidji' menjadi kabar yang bahagia. Namun kehamilannya tak berjalan mulus, sebab ia sudah merasakan gejala pengentalan darah dari awal kehamilan.

Dea harus mendapatkan suntikan lovenox agar gejala pengentalan darahnya meredam. Untungnya saat kehamilan Dhea memasuki trimester 2 dan 3 dosisnya telah turun menjadi 3 hari sekali. 

Ia juga diketahui harus meminum ascardia untuk mencegah pengentalan darah yang dialaminya. Dhea pun harus menghindari makanan tertentu agar tidak terjadi dampak buruk bagi kesehatannya dan janin.

Itulah tadi 5 artis yang hamil dengan pengentalan darah. Wah, tantangan menjadi ibu hamil memang berbeda-beda. Apakah Mama punya pengalaman yang sama seperti para artis ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk