Mengkhawatirkan, Banyak Ibu Hamil di Indonesia yang Positif Covid-19

Ibu hamil masuk kelompok rentan terkena Covid-19 karena mudah terpapar virus dan bakteri

11 September 2020

Mengkhawatirkan, Banyak Ibu Hamil Indonesia Positif Covid-19
Unsplash.com/ Jonathan Borba

Semakin meluasnya pandemi Covid-19 di Indonesia, membuat kelompok rentan mudah tertular virus ini. Salah satu kelompok rentan tersebut adalah ibu hamil.

Dikutip dari beberapa sumber bahwa semakin banyak ibu hamil di Indonesia yang positif Covid-19. Beberapa waktu lalu, Mama mungkin telah mendengar berpulangnya salah satu bidan yang sedang mengandung. Kemudian, ada kasus di Jawa Timur sekeluarga positif virus corona, yang salah satunya adalah ibu hamil 8 bulan.

Kondisi ini tentunya mengkhawatirkan. Apalagi kondisi fisik dan mental ibu hamil perlu dijaga agar tetap sehat hingga proses melahirkan nanti.

Berikut Popmama.comrangkum sejumlah kasus ibu hamil positif Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia!

1. Terbaru, enam orang ibu hamil positif Covid-19 di Yogyakarta

1. Terbaru, enam orang ibu hamil positif Covid-19 Yogyakarta
Coconuts.co

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta menyebut ada 13 kasus baru yang bertambah selama 24 jam terakhir per 10 September 2020. Dari 13 kasus tersebut, enam diantaranya adalah ibu hamil.

Hal itu diketahui lantaran ibu hamil ini harus melakukan swab test sebelum melahirkan. Meski begitu Gugus Tugas Penanganan Covid-19 belum bisa menentukan dari mana ibu hamil ini bisa terpapar. Hanya saja sebagian kasus dari 13 orang tersebut pernah melakukan perjalanan ke luar kota dan kontak erat dengan pasien Covid-19.

Editors' Picks

2. Sebanyak 123 ibu hamil di Surabaya positif virus corona

2. Sebanyak 123 ibu hamil Surabaya positif virus corona
Freepik/yanalya

Per tanggal 3 September 2020, sudah ada 1.335 ibu hamil yang melakukan swab test di Surabaya. Dikutip dari berbagai sumber, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendapatkan data sebanyak 1.094 yang sudah keluar hasilnya. Dari data tersebut, diketahui terdapat 123 ibu hamil positif Covid-19.

Namun, dari 123 ibu hamil tersebut sebanyak 90 ibu hamil sudah sembuh sementara sisanya sebanyak 33 orang masih menjalani perawatan. Data ini masih terus berkembang.

3. Di Gresik, 20 ibu hamil juga positif Covid-19

3. Gresik, 20 ibu hamil juga positif Covid-19
Pexels/Garon Piceli

Dikutip dari berbagai sumber, per 1 September 2020 kasus positif Covid-19 di Gresik kian bertambah. Meski pada awal bulan Gresik masih zona orange, tapi sudah ada 20 ibu hamil yang positif Covid-19.

Sebelumnya ada 42 ibu hamil di RSUD Ibnu Sina yang menjalani tes. Dari 40 lebih orang tersebut, 20 diantaranya kedapatan positif virus corona.

4. Awal September 2020, tiga kasus positif Covid-19 di Lampung

4. Awal September 2020, tiga kasus positif Covid-19 Lampung
freepik.com/asmedvednikov

Tak hanya di Yogyakarta, Surabaya, dan Gresik, ternyata di wilayah Lampung juga ada tiga orang ibu hamil yang positif Covid-19. Data ini didapat per 3 September 2020, dikutip dari Antara News. Dua diantara ibu hamil yang positif ini akan melahirkan di RSUD Abdoel Moelek dan di rumah sakit di Kota Metro Lampung.

Tips Mencegah agar Ibu Hamil Tidak Tertular Virus Corona

Tips Mencegah agar Ibu Hamil Tidak Tertular Virus Corona
freepik.com/bilahata

Ada sejumlah langkah yang mesti dilakukan Mama sebagai ibu hamil agar terhindar dan tidak terkena Covid-19. Meski ibu hamil tidak rentan menularkan kepada bayinya, tapi risiko meninggal bagi ibu hamil ketika terkena Covid-19 cukup besar dan sudah banyak terjadi.

Tips mencegah agar ibu hamil tidak tertular virus corona, di antaranya adalah:

  • Terapkan 3M yakni mencuci tangan dengan rajin, menggunakan masker apalagi saat terpaksa ke luar rumah, dan menjaga jarak aman minimal 1.5-2 meter
  • Konsumsi makanan bergizi yang menunjang nutrisi ibu hamil dan vitamin sesuai anjuran
  • Jangan keluar rumah untuk keperluan tidak penting dan hindari kerumunan
  • Sepulang dari luar rumah langsung mandi dan bersih-bersih
  • Jika mendapatkan gejala seperti demam, batuk, flu, sesak hingga anosmia (kehilangan penciuman dan perasa) segera periksa dan konsultasi dokter
  • Tetap senam hamil di rumah

Itulah tadi sederet fakta dan data tentang ibu hamil positif Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia. Jika Mama sedang hamil saat ini, ada baiknya tetap di rumah saja dan selalu mengonsumsi nutrisi penting untuk ibu hamil. Stay safe and healthy ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.