Bisa Atasi di Rumah, Ini 4 Obat Ambeien untuk Ibu Hamil yang Alami

Ambeien umumnya dialami Mama saat masa kehamilan memasuki trimester ketiga

7 Oktober 2020

Bisa Atasi Rumah, Ini 4 Obat Ambeien Ibu Hamil Alami
Freepik/Skawee

Mama rentan mengalami ambeien saat hamil, terutama di trimester ketiga. Sebab, Mama tengah bersiap untuk mendorong dan melahirkan bayi. Ambeien atau yang juga dikenal dengan sebutan wasir adalah kondisi ketika pembuluh darah di sekitar anus mengalami peradangan dan pembengkakan.

Ambeien sendiri terbagi menjadi dua yakni ambeien bagian dalam dan luar. Ambeien bagian dalam terjadi ketika pembengkakan hanya pada bagian dalam anus dan ditandai dengan BAB berdarah. Sementara, ambeien bagian luar terjadi ketika pembengkakan muncul di luar anus sehingga menimbulkan rasa sakit saat buang air besar. 

Tentu kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman bagi Mama. Gejala yang Mama rasakan saat menderita ambeien baik ambeien bagian dalam atau luar di antaranya gatal, panas, hingga nyeri pada area sekitar anus. Penyebab ambeien saat hamil adalah perubahan hormon sehingga sistem pencernaan tidak dapat berfungsi secara optimal. 

Mama bisa mengonsumsi multivitamin untuk mengatasi ambeien. Namun, Popmama.com akan merekomendasikan empat obat ambeien saat hamil yang alami untuk Mama. 

1. Air hangat

1. Air hangat
https://healthjade.net/wp-content/uploads/2017/11/sitz-bath.jpg

Air hangat dapat melancarkan peredaran darah serta membuat rileks otot yang tegang terutama pada area sekitar anus. Saat mengalami ambeien, Mama bisa merendam bokong di baskom berisi air hangat yang diletakkan di atas kloset. 

Mama bisa melakukannya tiga kali sehari dengan rentan waktu 20 sampai 30 menit. Terapi merendam bokong ini diyakini bisa mengurangi rasa gatal, iritasi, dan nyeri saat ambeien. Mama bisa terus mengulangi terapi ini hingga ambeien mulai mengecil. Terapi ini bisa dilakukan sembari menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan hindari duduk dalam waktu yang lama. 

Editors' Picks

2. Lidah buaya

2. Lidah buaya
Freepik/Daviles

Dilansir dari WebMD, duduk terlalu lama dapat menekan pembuluh darah sehingga peredaran darah pada area anus mejadi tidak lancar. Kondisi ini tentu menyebabkan ambeien hingga memperburuk kondisi ambeien. 

Apabila Mama kesulitan melakukan terapi merendam bokong, maka Mama dapat mengoleskan lidah buaya pada bagian yang bengkak dan mengalami peradangan.

Pastikan Mama menggunakan lidah buaya alami tanpa bahan pengawet maupun campuran bahan kimia. Jika Mama memetik lidah buaya secara langsung, maka pastikaan buang kulitnya terlebih dahulu dan bersihkan dengan air mengalir. Kemudian, oleskan lidah buaya pada bagian anus yang bengkak. 

3. Makanan berserat

3. Makanan berserat
www.lommelegen.no
Perbanyak makan makanan berserat untuk meningkatkan kualitas produksi ASI.

Mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur juga bisa memperkecil ambeien dan melancarkan buang air besar. Makanan berserat bisa membuat feses lunak sehingga mencegah sembelit dan memperburuk kondisi ambeien selama masa kehamilan.

Mama bisa mengonsumsi 25 sampai 35 gram serat dalam sehari. Umumnya makanan berserat juga bisa mengurangi perdarahan saat ambeien. Tak hanya makanan berserat, mengonsumsi air putih sebanyak mungkin juga bisa membuat feses lebih lunak dan mengurangi rasa nyeri saat buang air besar. 

4. Minyak Kelapa

4. Minyak Kelapa
newyorktimes.com

Tak hanya lidah buaya, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengobati ambeien yang Mama alami. Mama cukup mengoleskan minyak kelapa pada area yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Minyak kelapa mengandung anti bakteri yang dapat meredakan rasa gatal, nyeri, dan sakit akibat ambeien. 

Mama umumnya tidak perlu ke dokter untuk mengobati ambeien saat hamil. Obat ambeien untuk ibu hamil yang alami tersebut bisa meredakan serta mengobati ambeien dalam beberapa hari. Namun, apabila ambeien tidak kunjung sembuh hingga menjelang proses persalinan, maka Mama harus segera konsultasi ke dokter atau bidan. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.