Normalkah Sakit Pinggang Sebelah Kanan saat Hamil? Ketahui Penyebabnya

Ibu hamil sering mengalami nyeri atau sakit di bagian tubuh tertentu, termasuk pinggang

30 November 2020

Normalkah Sakit Pinggang Sebelah Kanan saat Hamil Ketahui Penyebabnya
Freepik/Yanalya

Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh, termasuk rasa nyeri atau sakit yang dialami oleh Mama. Ketika merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu, Mama mungkin akan bertanya-tanya, apakah ini normal?

Salah satu rasa sakit yang mungkin dialami oleh ibu hamil adalah sakit dii pinggang sebelah kanan. Meski ini normal, rasa sakit yang muncul dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Kali ini Popmama.com akan membahas penyebab sakit pinggang sebelah kanan saat hamil. Apa saja, ya?

1. Ketegangan otot

1. Ketegangan otot
Freepik/Yanalya

Saat tubuh beradaptasi untuk mengakomodasi janin, Mama akan mengalami pertambahan berat badan. Tapi, penambahan beban bisa membuat otot tertarik secara tidak sengaja. Ini paling sering terjadi pada trimester kedua dan ketiga.

Berat tambahan, serta terlalu banyak membungkuk saat mencoba posisi yang nyaman, atau mengangkat beban yang berat dapat menyebabkan rasa sakit pada pinggang sebelah kanan.

2. Nyeri ligamen

2. Nyeri ligamen
Freepik

Selama kehamilan, rahim mengembang seperti balon untuk janin tumbuh. Ligamen seperti tali yang membantu menahan rahim di tempatnya, menjadi lebih lembut dan meregang saat rahim membesar.

Terkadang ligamen teriritasi atau menjadi terlalu kencang. Hal ini seringkali dapat menyebabkan nyeri di pinggang sebelah kanan. Mama mungkin merasakan nyeri tajam atau nyeri tumpul. Ini biasanya terjadi pada trimester kedua karena berat janin dan cairan ketuban meningkat.

Editors' Picks

3. Gangguan pencernaan

3. Gangguan pencernaan
Freepik/Chajamp

Gas, sembelit, dan kembung biasa terjadi pada kehamilan. Semua ini juga dapat menyebabkan pinggang sebelah kanan sakit, Ma.

Masalah pencernaan yang tidak nyaman dipengaruhi oleh naik-turunnya kadar hormon selama kehamilan. Perubahan hormonal sangat umum terjadi pada trimester pertama dan kedua. Di trimester ketiga kenaikan berat badan dapat memberi tekanan pada saluran pencernaan (perut dan usus). Bersamaan dengan rasa mulas, ini juga bisa menyebabkan rasa sakit yang tajam dan menusuk di perut atau pinggang bagian kanan.

4. Kontraksi Braxton-Hicks

4. Kontraksi Braxton-Hicks
Freepik

Braxton-Hicks atau kontraksi palsu merupakan “latihan” untuk kontraksi yang sesungguhnya. Ini biasanya terjadi pada trimester ketiga, tetapi juga bisa terjadi di awal kehamilan. Braxton-Hicks terasa seperti sesak atau kram di area perut bagian bawah.

Mama mungkin merasa seperti kram menstruasi. Kontraksi ini biasanya tidak menyakitkan, tetapi kram ini dapat menyebabkan rasa sakit di pinggang sebelah kanan.

5. Kram

5. Kram
Freepik/ Dragana_Gordic

Ketidaknyamanan akibat kram bisa menjadi bagian normal dari kehamilan. Kram terkadang dapat menyebabkan nyeri sisi kanan di perut bagian bawah hingga tengah serta pinggang bagian kanan.

Pada trimester pertama dan kedua, Mama mungkin mengalami kram saat rahim meregang. Pada trimester ketiga, kram mungkin disebabkan oleh ketegangan otot dan ligamen di sekitar perut dan selangkangan.

Segala jenis kram dapat menyebabkan nyeri atau nyeri menusuk. Kram biasanya hilang dengan sendirinya.

Penyebab Lain yang Lebih Serius

Penyebab Lain Lebih Serius
freepik.com/user15694850

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, ada penyebab lain yang lebih serius dan perlu diwaspadai, Ma. Sakit pinggang sebelah kanan atau nyeri di sisi kanan dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Kehamilan ektopik

Pada kehamilan ektopik, sel telur yang telah dibuahi mulai tumbuh di luar rahim. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri di pinggang sebelah kanan yang parah dan kram di awal kehamilan. Mama juga mengalami beberapa gejala lain seperti sakit perut yang tajam dan perdarahan.

  • Keguguran

Nyeri sisi kanan yang parah di perut bagian bawah atau di bagian pinggang sebelah kanan bersamaan dengan gejala lain merupakan gejala keguguran. Segera temui dokter jika mengalami salah satu gejala seperti bercak, perdarahan merah, atau gumpalan, sakit parah atau kram di perut bagian bawah, dan nyeri punggung bawah

  • Radang usus buntu

Apendisitis, infeksi atau peradangan pada usus buntu, terjadi pada sekitar 0,05 persen ibu hamil. Meskipun tidak umum terjadi pada kehamilan, Mama mungkin tidak menyadarinya karena gejalanya mirip dengan gejala kehamilan. Ini dapat membahayakan Mama karena usus buntu yang terinfeksi bisa membengkak dan pecah jika tidak diobati.

Apendisitis biasanya menyebabkan nyeri sisi kanan bawah atau di pinggang. Mama mungkin merasakan nyeri tajam atau nyeri tumpul. Selain itu, Mama mungkin juga mengalami gejala umum seperti sakit perut di sekitar pusar, mual, muntah, kehilangan selera makan, atau demam.

  • Batu empedu

Kantung empedu bisa menjadi masalah selama kehamilan. Kantung berbentuk buah pir ini berada di sisi kanan atas perut. Fungsinya membantu mencerna lemak dari makanan yang Mama makan. Terkadang, cairan di dalamnya, empedu, bisa membentuk batu keras.

Batu empedu lebih sering terjadi saat hamil karena sistem pencernaan melambat. Risiko meningkat seiring dengan semakin banyak kehamilan yang Mama lewati. Beberapa gejala yang Mama alami antara lain nyeri di sisi kanan atas, mual, muntah, kehilangan selera makan, dan mual.

  • Preeklampsia

Jika Mama menderita preeklampsia, Mama mungkin merasakan nyeri di sisi kanan atas, biasanya tepat di bawah tulang rusuk. Beri tahu dokter segera jika Mama memiliki gejala preeklampsia seperti sakit kepala, penglihatan kabur, sensitif terhadap cahaya terang, mual, muntah, lelah, bengkak terutama di kaki, sesak napas, mudah memar, serta frekuensi buang air kecil berkurang.

Penanganan Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Penanganan Sakit Pinggang Sebelah Kanan
Freepik/yanalya

Sakit pinggang sebelah kanan yang disebabkan oleh ketegangan otot atau ligamen biasanya dapat diredakan dengan perawatan di rumah. Nyeri yang disebabkan oleh gas mungkin menjadi lebih baik jika Mama memerhatikan apa yang dikonsumsi.

Redakan nyeri otot, nyeri ligamen, dan kram dengan:

  • Mengubah posisi,
  • berbaring,
  • berjalan atau bergerak,
  • menggunakan botol air panas atau bantalan panas,
  • mandi air hangat,
  • pijat,
  • minum obat pereda nyeri dengan persetujuan dokter.

Kebanyakan nyeri otot dan ligamen pada akhirnya akan hilang tanpa pengobatan. Temui dokter jika:

  • Mama mengalami sakit pinggang yang konstan atau bertambah parah.
  • Sakit pinggang semakin parah di malam hari atau saat berbaring.
  • Mama mengalami pembengkakan atau kemerahan di area tersebut

Sakit dan nyeri, termasuk sakit pinggang di sebelah kanan adalah bagian normal dari kehamilan. Penyebab umumnya termasuk penambahan berat badan, peningkatan kadar hormon, dan gas. Ketidaknyamanan dan nyeri biasanya akan hilang dengan sendirinya atau dengan perawatan di rumah.

Kondisi yang lebih serius juga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan saat hamil. Jangan abaikan rasa sakit yang parah atau rasa sakit yang tidak kunjung hilang. Konsultasikan dengan dokter jika itu terjadi, Ma.

Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.