7 Tips untuk Mempererat Ikatan dengan Calon Bayi Selama Kehamilan

Yuk, lakukan hal-hal ini agar Mama terikat secara batin dengan calon bayi selama kehamilan

13 Mei 2020

7 Tips Mempererat Ikatan Calon Bayi Selama Kehamilan
Pexels/Pixabay

Ketika hamil, Mama tentu akan memastikan janin yang ada di dalam kandungan selalu sehat dan berkembang dengan baik.

Setiap kehamilan berbeda satu dengan yang lain. Ada yang merasa dekat dengan calon bayi di awal kehamilan. Ada juga yang merasakan hubungan dengan calon bayi melalui USG atau tendangan kecil.

Kekhawatiran yang muncul selama masa kehamilan juga dapat menjadi penyebab mengapa Mama tidak dapat menjalin ikatan batin dengan si Kecil.

Namun jangan khawatir, Ma. Selain melalui USG dan tendangan yang dilakukan janin, ada beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk terhubung secara sadar dengannya.

Yuk, lakukan tips dari Popmama.com agar Mama dapat menjalin ikatan batin dengan calon bayi.

1. Menulis jurnal

1. Menulis jurnal
Freepik

Luangkan beberapa menit setiap hari atau minggu untuk menuliskan beberapa kenangan untuk dibagikan kepada bayi nanti. Mama dapat menulis tentang peristiwa yang terjadi minggu itu, bagaimana perasaan mama, atau persiapan yang telah Mama lakukan untuk menyambut kedatangan bayi.

Menulis surat pendek untuk bayi yang dapat ia baca kelak juga dapat menjadi salah satu cara untuk membangun ikatan secara sadar. Selain itu, ketika menulis jurnal, Mama juga ikut menuangkan emosi dalam bentuk tulisan. Ini dapat membuat Mama menjadi lebih rileks.

Jangan lupa menyelipkan foto perkembangan perut di jurnal ya, Ma.

2. Membaca untuk bayi

2. Membaca bayi
Freepik/tirachardz

Janin mulai dapat mendengar suara-suara di sekitarnya setelah minggu ke-18 kehamilan. Ketika Mama membacakan buku cerita, calon bayi akan senang mendengarkan suara mama. Meski belum mengerti, suara mama dapat menenangkannya.

Membaca untuk janin juga dapat memperkaya kemampuan bahasa sejak dini serta meningkatkan kecerdasannya, Ma.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan membaca untuk calon bayi setiap hari. Yuk, mulai baca untuknya dari sekarang.

Editors' Picks

3. Meditasi

3. Meditasi
Freepik/yanalya

Luangkan beberapa saat setiap hari untuk menenangkan diri dan berduaan dengan calon bayi mama. Meditasi prenatal memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi Mama. Tidak hanya itu, bahkan dapat memengaruhi perilaku bayi setelah mereka dilahirkan.

Jika mau, Mama juga dapat menghabiskan waktu dengan berdoa untuk bayi. Tindakan ini dapat menumbuhkan makna yang mendalam bagi bayi.

Jika meditasi atau berdoa bukan menjadi pilihan Mama, habiskan waktu dalam keheningan setiap hari sambil membayangkan dan mengirimkan getaran cinta kepada calon bayi.

Luangkan waktu selama 15 menit sehari tanpa gangguan, tidak ada telepon, tidak ada TV, hanya Mama dengan tangan di atas perut, terhubung dengan si Kecil sambil membayangkan bagaimana ketika ia lahir nanti.

4. Bernyanyi dan mendengarkan musik

4. Bernyanyi mendengarkan musik
shrewdmommy.com

Musik telah lama digunakan untuk menghilangkan stres dan memberikan kenyamanan. Mama dapat memperkenalkan musik sejak bayi masih di dalam kandungan.

Mama dapat bernyanyi untuknya sejak dini, Ma. Tidak pede dengan suara Mama? Jangan khawatir, bagi bayi, suara Mama merupakan suara terindah yang ia dengar selama di dalam perut.

Meluangkan waktu untuk mendengarkan musik juga dapat membantu, Ma. Ketika Mama santai dan tenang karena musik, bayi pun akan merasakan efek yang sama.

Yuk, mulai dengan beberapa lagu anak-anak.

5. Membuat karya seni

5. Membuat karya seni
Freepik

Temukan cara untuk mengekspresikan kreativitas Mama. Mama dapat membuat karya seni atau beberapa perlengkapan yang dibutuhkan bayi, seperti topi rajut atau baju tidur.

Ekspresi artistik dapat sangat menenangkan dan hasilnya pun dapat digunakan oleh bayi.

Kunjungi Pinterest untuk mendapat sedikit inspirasi, tetapi jangan terlalu khawatir tentang hasil akhirnya. Bayi akan berpikir itu adalah mahakarya yang indah.

6. Memanjakan diri

6. Memanjakan diri
Pixabay/greyerbaby

Lakukan sesuatu yang sangat baik untuk diri sendiri dan bayi. Ketika Mama merasa baik, bayi di dalam perut Mama pun akan merasa baik.

Mama dapat memulai dengan melakukan pijatan prenatal, tidur siang yang panjang, atau hanya bersantai di tempat tidur ditemani dengan novel yang seru.  

Lakukan semuanya tanpa perasaan bersalah. Penelitian menemukan bahwa relaksasi selama kehamilan meningkatkan kesehatan mama secara keseluruhan.

7. Cintai diri sendiri

7. Cintai diri sendiri
Freepik

Bayi berpikir Mama adalah yang terhebat. Luangkan waktu untuk mencintai diri sendiri sama seperti bayi mencintai Mama.

Hargai semua hal yang tubuh mama lakukan untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Kagumi bayangan yang Mama lihat di cermin.

Getaran cinta dan rasa percaya diri itu akan ditransfer ke bayi, sehingga Mama dan bayi akan mendapat manfaat dari perasaan yang baik itu.

Itulah tujuh cara yang bisa Mama lakukan untuk mempererat ikatan batin dengan calon bayi. Yuk, mulai lakukan semua hal sederhana ini dari sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.