TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Jangan Kalap Beli Perlengkapan Newborn Baby, Utamakan 5 Hal Ini Ma

Pastikan barangnya terpakai ya Ma

Shutterstock/Have a nice day Photo

Akan tiba saatnya, seorang istri akan menjadi seorang ibu. Momen inilah yang sangat ditunggu oleh para perempuan. Dari awal kehamilan sampai proses persiapan persalinan, banyak hal yang harus diperhatikan ya!

Tak hanya itu, saat menyambut hadirnya buah hati, calon Mama juga harus mempersiapkan banyak barang nih. Supaya para Mama nggak skip, cek dulu yuk barang-barang yang harus Mama punya. Nggak ada salahnya lho kita bikin list bareng-bareng!

1. Pakaian dan popok

Shutterstock/Butsaya

Sebelum membeli pakaian bayi, Mama bisa perhatikan tentang pemilihan bahan katun agar bayi nyaman dan nggak panas, hindari baju dengan ornamen gambar yang memiliki jahitan menembus ke dalam, sebab benang jahitan dapat membuat kulitnya iritasi. Selain itu, Mama nggak perlu membeli banyak baju untuk ukuran newborn, karena bayi akan mengalami proses pertumbuhan yang cepat. 

Nah, untuk list pakaian yang bisa Mama beli, yaitu baju lengan panjang, baju lengan pendek, jumper, kaos singlet, celana panjang dan pendek, sarung tangan dan kaos kaki. Untuk popok, Mama bisa pilih popok sekali pakai atau popok berbahan kain.

2. Perlengkapan tidur

Shutterstock/Onjira Leibe

Untuk list perlengkapan tidur bayi, Mama bisa membeli selimut, pilih bahan yang lembut, nyaman, nggak terlalu tebal, dan jangan lupa sesuaikan ukurannya. Kain untuk bedong, meski nggak semua bayi perlu dibedong, Mama tetap bisa gunakan kain ini untuk alas kasur bayi.

Lalu, perlak atau alas tahan air yang berguna sebagai alas kasur untuk menghindari pipis bayi yang bocor. Mama bisa alasi atas perlak dengan kain ya, agar kulit bayi tetap nyaman. Bantal bayi, pilih bantal yang berbahan dasar hypoallergenic, halus di kulit, nggak mudah kempes atau berubah bentuk, dan mudah dibersihkan.

3. Produk perawatan bayi

Shutterstock/Onjira Leibe

Produk perawatan bayi juga penting nih Ma. Salah satunya minyak telon yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi. Mama bisa pilih Konicare Minyak Telon Plus atau Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass, keduanya berkhasiat untuk memberikan kehangatan untuk bayi, mencegah masuk angin, mual dan kembung. Menghindarkan gigitan nyamuk atau serangga yang efektif selama 8 jam. 

Konicare Minyak Telon Plus memiliki kandungan Lavender Oil dan Geranium Oil sebagai anti nyamuk, memberikan aroma lembut, dan wanginya bayi banget. Dan Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass dengan kandungan Lemongrass Oil yang selain berfungsi sebagai anti nyamuk juga memberikan aroma segar yang menenangkan serta membuat rileks Ma. Konicare Minyak Telon Plus & Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass harumnya alami tanpa tambahan parfum sekaligus halal lho Ma.

bundakonicare.com

Selain itu, untuk produk perawatan bayi lain yang perlu Mama siapkan untuk dipakai sehari-hari, Mama bisa pakai Konicare Natural Baby Liquid Powder kandungan alami Tapioca Starch, menjaga kulit bayi tetap lembut, bebas mineral, nggak berhamburan, dan aman karena meminimalkan risiko terhirup oleh bayi.

Konicare Natural Baby Diaper Rash Cream dengan kandungan ekstrak aloe vera untuk mencegah dan merawat ruam popok, serta Konicare Natural Baby Massage Oil dengan kandungan VCO untuk membantu proses pemijatan bayi, melembapkan dan menjaga kulit bayi tetap lembut.

4. Perlengkapan mandi

Shutterstock/Odua Images

Agar bayi tetap dalam kondisi bersih, Mama bisa memandikannya dua kali sehari. Ada beberapa perlengkapan yang Mama butuhkan, yaitu bak mandi, sesuaikan dengan tubuh bayi dan pilih bahan BPA Free Ma. Kemudian, kain lap atau waslap, pilih bahan yang lembut tapi tetap bertekstur agar aman saat digosokkan ke tubuh bayi dan bisa mengangkat kotoran.

Oh ya, jangan lupa handuk bayi. Pilih handuk yang berbahan halus, nggak membuat bayi iritasi, ukuran yang sesuai dan memiliki daya serap air yang baik. Selain itu, siapkan juga sabun dan sampo khusus bayi ya, Ma.

5. Botol susu beserta alat sterilisasi

Shutterstock/Nor Gal

Sebelum membeli botol susu, Mama bisa pastikan botol tersebut terbuat dari plastik dengan BPA Free, artinya bahan ini nggak mengandung bahan kimia Ma. Lalu, pilih ukuran botol yang nggak terlalu besar dan bisa digenggam bayi. Untuk bagian dotnya, cari tekstur dot yang mirip dengan puting Mama, pastikan lubang nggak terlalu besar dan punya ventilator.

Saat membersihkan botol susu dan dot bayi nggak lengkap jika Mama hanya cuci dengan sabun khusus saja. Tapi, Mama juga membutuhkan proses sterilisasi untuk menjaga botol dan dot bayi tetap steril sebelum masuk ke mulut bayi.

Nah, sekarang pasti Mama sudah yakin ya, barang apa saja yang akan dibeli. Ingat Ma, meski barang-barang untuk bayi itu lucu-lucu, Mama jangan lapar mata ya! (CSC)

The Latest