Doa agar Bayi Tidak Rewel dan Dilindungi dari Gangguan Jin

Terdapat doa yang bisa dipanjtakan agar bayi terhindar dari gangguan makhluk halus

22 Juli 2024

Doa agar Bayi Tidak Rewel Dilindungi dari Gangguan Jin
Unsplash/kaushal mishra

Kehadiran seorang bayi adalah anugerah yang membawa sukacita tak terhingga bagi setiap keluarga. Namun, di balik kebahagiaan itu, terkadang ada kekhawatiran yang menghantui para orang tua. 

Dalam kepercayaan banyak budaya, gangguan jin atau roh jahat sering dianggap sebagai salah satu ancaman yang perlu diwaspadai, terutama pada bayi yang masih rentan di usia awal kelahirannya. 

Nah, kali ini Popmama.com siap membahas doa agar bayi tidak rewel dan dilindungi dari gangguan jin

1. Doa agar bayi tidak rewel dan lebih tenang

1. Doa agar bayi tidak rewel lebih tenang
Unsplash/Minnie Zhou

Agar bayi tidak rewel dan lebih tenang, terdapat doa yang bisa orangtua panjatkan. Berikut bacaannya:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Artinya: “Wahai Tuhan, bintang-bintang mengorbit, mata-mata terpejam, sedangkan Engkau Maha Hidup kekal lagi Maha Terjaga (terus menerus mengurus makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak pula tidur. Wahai yang Maha Hidup dan Terjaga, redupkanlah malam, dan lelapkanlah mataku.”

Editors' Pick

2. Doa agar bayi lebih tenang

2. Doa agar bayi lebih tenang
Freepik

Dalam agama Islam, doa bisa menjadi salah satu langkah manjur agar bayi terhindar dari gangguan makhluk astral. Agar bayi hatinya terasa lebih tenang, Mama bisa membaca doa berikut ini:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim.

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

3. Doa agar terhindar dari gangguan jin

3. Doa agar terhindar dari gangguan jin
Freepik

Doa bukan hanya menjadi ungkapan keimanan, tetapi juga merupakan sarana untuk memohon pertolongan dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

Berikut bacaan ayat suci agar bayi terhindar dari gangguan jin: 

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu la ilaha illa huwal hayyul qayyum, la ta'khuzuhu sinatuw wa la na'um, lahu ma fis-samawati wa ma fil ard, man zallazi yasyfa'u 'indahu illa bi'iznih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai'im min 'ilmihi illa bima sya', wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya 'uduhu hifzuhuma, wa huwal-'aliyyul-'azim

Artinya: ”Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

4. Doa untuk mengusir makhluk halus

4. Doa mengusir makhluk halus
Pexels/Tuan PM

Kemudian, ada juga doa lainnya yang bisa dibacakan untuk mengusir makhluk halus seperti setan, jin, dan bahkan orang jahat. Doa untuk bayi atau anak ini termaktub dalam kitab Syekh Nawawi, berbunyi: 

 اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ دِيْنَنَا وَأَنْفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَأَمْوَالَنَا وَكُلَّ شَيْءٍ أَعْطَيْتَنَا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِي كَنَفِكَ وَأَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍ وَذِيْ عَيْنٍ وَذِيْ بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma inna nastahfidhuka wa nastaudi‘uka dinana wa anfusana wa ahlana wa auladana wa amwalana wa kulla syai’in a‘thaitana. Allahummaj ‘alna fi kanfika wa amanika wa jiwarika wa ‘iyadzika min kulli syaithanim marid wa jabbarin ‘anid wa dzi ‘ainin wa dzi baghyin wa min syarri kulli dzi syarrin innaka ‘ala kulli syai’in qadir.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon penjagaan kepada-Mu dan kami menitipkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta kami, dan segala sesuatu yang Engkau berikan kepada kami. Ya Allah, jadikanlah kami dalam penjagaan-Mu, tanggungan-Mu, kedekatan-Mu, dan perlindungan-Mu dari gangguan setan yang menggoda, dari orang yang kejam, dari mata orang yang berniat jahat, dari orang yang bermaksud zalim, dan dari keburukan apa pun yang membawa keburukan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang maha kuasa atas segala sesuatu.”

Nah, itu dia kumpulan doa agar bayi tidak rewel dan dilindungi dari gangguan jin. Semoga bisa dilantunkan, ya, Ma!

Baca juga: 

The Latest