TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Penyanyi Indonesia yang Menjadi Idola Anak Remaja Masa Kini

Tak hanya pandai bernyanyi, namun para penyanyi ini bisa menginspirasi anak remaja

Instagram.com/ardhitopramono/tiaraandini/pamunqkas

Seiring dengan berkembangnya perkembangan musik di Indonesia, banyak penyanyi yang memperlihatkan talentanya.

Tak hanya bernyanyi, mereka pun mengembangkan bakat mereka di beberapa bidang lainnya mulai dari menulis lirik lagu, menjadi produser, bintang iklan hingga pemain film. Mungkin alasan itulah yang membuat remaja di Indonesia menggemari para penyanyi muda karena memiliki bakat menggagumkan.

Terkaitnya banyak penyanyi di Indonesia yang menjadi idola para anak remaja. Anak-anak pun dapat belajar dari sosok idola mereka, sehingga bisa menjadi motivasi tersendiri dan membantu membentuk karakter ke arah yang lebih positif. 

Kira-kira siapa sih penyanyi berbakat dan menjadi idola anak remaja masa kini? Kali ini Popmama.comtelah merangkum beberapa penyanyi yang menjadi idola para anak remaja.

Disimak yuk, Ma!

1. Ardhito Promono

Instagram.com/ardhitopramono

Pelantun lagu Sudah ini banyak digemari oleh para remaja di Indonesia karena suaranya yang khas. Selain itu, lagu yang diciptakan oleh Ardhito Pramono selalu memiliki makna dalam, salah satunya lagu Fine Today. Lagu tersebut menceritakan tentang pembentukan karekter di masa yang akan datang.

Karakter Kale yang diperankan oleh Ardhito di film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Inijuga membuat namanya semakin dikenal oleh banyak orang. Melalui perannya tersebut, Ardhito juga mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Pendatang Baru Favorit di Indonesia Movie Aktor (IMA) 2020.

Tahun 2020 ada banyak produktivitas yang dilakukan oleh Ardhito Pramono, sehingga menghasilkan beragam karya yang disukai oleh masyarakat dan anak remaja. 

Setelah menggebrak industri musik Indonesia dengan dengan EP terbarunya yang berjudul Craziest Thing Happened in My Backyard, Ardhito kembali memerankan sosok Kale. Film Story of Kale When Someone's in Love membuktikan kembali bahwa kemampuan akting Ardhito semakin berkembang dan mampu menciptakan satu sosok karakter yang begitu kuat. 

Dari sosok Ardhito, anak remaja bisa belajar banyak hal termasuk tidak membatasi kemampuan diri sendiri. Tak hanya mengembangkan satu bakat saja, melainkan mengasah bakat lain dan tetap terus berlatih agar hasilnya maksimal. 

2. Baskara Putra

Instagram.com/wordfangs

Daniel Baskara Putra atau yang kerap disapa Hindia ini adalah vokalis band Feast, termasuk sosok yang menginspirasi anak remaja. Band Feast sendiri terbentuk pada 2014 dengan 5 anggota, Baskara pun menjadi vokalis band rock itu. Namun, pada 2018 Baskara tampil sebagai solois dengan nama Hindia dan merilis lagu No One Will Find Me.

Sejak saat itu, Hindia lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hindia banyak disukai oleh anak remaja karena musik yang dinyanyikan mempunyai ciri khas tersendiri, begitu juga dengan suaranya.

Lagu-lagu yang diciptakan oleh Hindia mengandung pesan mendalam ketika setiap liriknya diperhatikan dengan baik, salah satunya lagu berjudul Evaluasi. Lagu tersebut seolah ingin memotivasi para pendengar untuk bangkit dari masalah atau depresi yang mungkin sedang melanda diri mereka.

Banyak remaja ataupun orang dewasa merasa termotivasi dengan karya musik dari Hindia, apalagi lirik lagunya begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari. Di salah satu lagu, Hindia juga mengingatkan bahwa boleh bersedih asalkan sekucupnya. 

3. Lyodra

Instagram.com/ lyodraofficial

Lyodra Margaretha Ginting atau yang kerap disapa Lyodra ini dikenal oleh banyak orang. Nama Lyodra semakin terkenal semenjak menjadi pemenang termuda pada Indonesian Idolpada musim ke-10.

Sejak kecil, Lyodra sudah belajar bernyanyi dengan banyak musisi Indonesia. Sempat mengikuti ajang pencarian bakat lain pada Indonesia Mencari Bakat 4, namun harus terhenti saat ingin masuk ke babak lima besar.

Di bawah asuhan komposer Erwin Gutawa dan Gita Gutawa, kemampuan bernyanyi Lyodra semakin terasah dan mulai mengikuti banyak acara festival. Pada Java Jazz 2016, Lyodra menjadi salah satu pengisi acara dan dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 2017 Lyodra bersama tim Di Atas Rata-rata tampil mengisi acara di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada 2017 Lyodra mengikuti ajang menyanyi Internasional Festival Sanremo Junior dengan ditemani oleh Gita Gutawa. Memenangkan ajang tersebut dengan mengalahkan 22 orang dari 18 negara lainnya. Selain itu, Lyodra pernah memenangkan piala Anugerah Musik Award 2017 pada katagori Artis Solo Perempuan Anak-Anak Terbaik.

Sebelum memasuki Indonesian Idol, Lyodra sudah memiliki banyak prestasi yang mengharumkan nama bangsa. Salah satu prestasi luar negeri yang didapatkan oleh Lyodra, yakni menjadi juara pertama pada ajang menyanyi internasional Festival Sanremo Junior 2017 di Sanremo, Italia.

Melihat banyak prestasi yang dihasilkan oleh Lyodra tentunya membuat ia diidolakan oleh para remaja di Indonesia. Dari sosok Lyodra, anak-anak remaja pun bisa belajar dan memotivasi diri mereka untuk mengembangkan talenta agar bisa terus terasah. 

Lyodra juga mewakili anak remaja untuk terus bermimpi dan tetap fokus pada cita-cita. Sangat memotivasi para remaja bukan, Ma?

4. Mikha Angelo

Instagram.com/ mikha97

Mikha Angelo, termasuk salah satu penyanyi jebolan X Factor Indonesia musim pertama.

Walau bukan menjadi juara pertama, namun Mikha tetap konsisten dan terus berkarya di industri musik agar impiannya terwujud. Bergabung bersama kedua kakaknya Mada dan Reuben membuat band yang bernama The Overtunes. Melalui band ini, nama Mikha semakin dikenal dan mampu menciptakan banyak karya musik yang enak didengar. 

Lagu Sayap Pelindungmu menjadi lagu pertama yang dinyanyikan Mikha sebagai anggota band The Overtunes. Karya-karyanya selalu disukai oleh banyak remaja di Indonesia. Hal itu dikarenakan suara yang lembut dan makna lagu yang mendalam menyentuh hati para remaja.

Mikha juga sering memproduseri beberapa lagu musisi lain mulai dari Eva Celia, Nadin Amizah, Fatin, Rendy Pandugo dan yang lainnya.

Melalui media sosialnya, Mikha beberapa kali sempat memotivasi banyak orang termasuk anak-anak remaja. Dari pengalamannya, apa saja yang ia lakukan jangan pernah mendengarkan komentar orang lain. Selain itu, menurutnya usahakan tidak mengejar sesuatu yang sementara, jangan terburu-buru karena akan ada jawabannya nanti.

Kalimat-kalimat itulah bisa membuat anak remaja termotivasi untuk terus fokus untuk mengejar cita-cita, tanpa mendengar perkataan orang lain.

5. Marion Jola

Instagram.com/ lalamarionmj

Marion Rambu Jola Pedi atau yang kerap disapa Lala ini merupakan penyanyi asal Kupang. Nama Marion Jola terkenal melalui ajang pencarian bakat Indonesian Idolseason 9. Kesempatannya menjadi juara pertama Indonesian Idol harus terhenti saat di babak enam besar. Namun, hal itu tidak membuat Marion menyerah dan tetap berkarya di industri musik.

Selepas mengikuti ajang pencarian bakat, Marion mengawali karier bermusiknya dengan berkolaborasi dengan Rayi Putra dalam lagu berjudul Jangan. 

Lagu Jangan membuat karakter centil dari Marion keluar, bahkan ia menjadi lebih dikenal di Indonesia dan luar negeri. Suaranya yang khas membuat Marion disukai oleh banyak orang terutama anak-anak remaja.

Terbukti dengan kemenangannya sebagai Best New Asian Artist Indonesia pada acara Mnet Asian Music Awards (MAMA) tahun 2018. Tak hanya itu, Marion membuktikan bahwa karyanya diterima dengan memenangkan piala AMI Awards 2020 pada kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik melalui lagu Rayu bersama LaleIlmanNino.

Dengan banyak prestasi yang didapatkan oleh Marion, dirinya membuktikan bahwa gagal di sebuah ajang pencarian bakat bukanlah akhir segalanya. 

Marion juga banyak memotivasi anak remaja untuk terus mengembangkan bakat dan percaya diri akan kemampuan yang dimiliki.

6. Nadin Amizah

Instagram.com/ cakecaine

Perempuan yang baru saja mengadakan konser virtual bertajuk Selamat Ulang Tahun ini ternyata banyak menginspirasi banyak remaja di Indonesia. Suaranya yang khas dan lagu-lagu sarat makna membuat para remaja menyukai karya musik dari Nadin Amizah

Lewat lagu yang berjudul Bertaut, Nadin memenangkan piala Anugerah Musik Award (AMI) 2020 dalam katagori Karya Produksi Folk/Country/Balada. 

Bertaut sendiri termasuk salah satu lagu magis yang ada di album Selamat Ulang Tahun. Jika diperhatikan liriknya, lagu tersebut menceritakan tentang kisah dari sudut pandang seorang anak untuk sang Mama yang selalu menjadi tempatnya berpulang. 

Sebelum merilis album terbarunya, Nadin juga sempat mengeluarkan lagu-lagu yang disukai anak remaja seperti Rumpang, Sorai, Star, Amin Paling Serius, dan Seperti Tulang. Lagu-lagu tersebut mempunyai makna tersendiri karena ditulis oleh Nadin sepenuh hati.

Sebagai seorang idola baru, Nadin mampu memotivasi anak-anak remaja untuk terus bermimpi dan mengejar impian tanpa pantang menyerah. Dari sosoknya, anak remaja juga belajar untuk saling berkolaborasi dalam menciptakan sebuah karya. 

Di akhir tahun 2020 ini, Nadin ikut bekerja sama dengan Disney dalam project lagu Reflection bersama Sivia Azizah, Aghata Pricilla dan Yura Yunita. Selain itu, ia juga berkolaborasi dengan Kunto Aji dalam lagu Selaras yang rilis pada 3 November 2020. 

7. Naura

Instagram.com/ aku_naura

Adyla Rafa Naura Ayu atau yang lebih dikenal dengan Naura merupakan anak sulung di keluarga The Baldys. Sejak kecil, Naura sudah mengembangkan bakatnya di dunia tarik suara. 

Pada Juli 2019, Naura memenangkan Penghargaan Triple Platinum dari Trinity Optima Production karena telah menjual album keempatnya sebanyak 500 keping. Memasuki usia remaja, Naura aktif membicarakan masalah kesehatan mental dan self love. Hal itu bisa memotivasi banyak remaja yang sering kali tidak percaya diri dan berujung dengan masalah kesehatan mental.

Karakter Naura yang menjalani pilihannya dengan penuh keseriusan tentunya bisa memotivasi banyak remaja. Aktif membicarakan masalah kesehatan mental juga menjadi bentuk kepedulian Naura terhadap psikologis anak-anak remaja di Indonesia. 

8. Pamungkas

Instagram.com/ pamunqkas

Rizky Rahmahadian Pamungkas atau yang lebih dikenal dengan Pamungkas merupakan penyanyi idola remaja saat ini. Nama Pamungkas semakin dikenal semenjak lagu I Love You But I’m Letting Go rilis. Karya musiknya yang enak didengar dan memiliki makna lagu mendalam membuat Pamungkas semakin disukai oleh banyak orang.  

Makna dari lagu yang ditulis oleh Pamungkas memang selalu membuat para remaja di Indonesia relate, terutama untuk mereka yang sudah memiliki kisah percintaan masing-masing.

Di tahun 2020, Pamungkas menjadi salah satu solois yang paling banyak didengar di Spotify Indonesia. Pencapaian tersebut memperlihatkan kepopularitasan Pamungkas di industri musik Indonesia.

Melihat banyaknya kesuksesan dari Pamungkas tentunya membuat banyak remaja termotivasi, sehingga semakin bisa bekerja keras untuk menggapai cita-cita mereka. 

9. Tiara Andini

Instagram.com/fdphotography90

Tiara Anugrah Eka Setyoandini atau kerap disapa Tiara Andini merupakan salah satu penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ke-10. Nama Tiara semakin dikenal setelah dinobatkan sebagai juara dua, setelah bersaing dengan Lyodra. 

Suara khas dan penampilannya yang menawan membuat banyak remaja di Indonesia mengagumi Tiara. Tak hanya itu, anak-anak remaja pun menjadi termotivasi untuk menggapai cita-cita seperti yang telah dilakukan Tiara selama mengikuti ajang pencarian bakat. 

Di akhir tahun, Tiara meraih penghargaan Pendatang Baru Terbaik di ajang AMI Awards 2020 melalui karya-karya yang dinyanyikannya dengan sepenuh hati. 

Tak hanya di Indonesia, Tiara juga mencuri perhatian di negara-negara Asia. Suara khas dan karya Tiara yang disukai banyak orang membuat ia memenangkan penghargaan Best New Artist di ajang MAMA 2020. 

Sebagai idola yang sedang menarik perhatian anak remaja, Tiara mempunyai berbagai karakter positif yang bisa ditiru. Hal ini bisa dicontoh oleh anak-anak sebagai pembentukan karakternya di masa mendatang. 

10. Tulus

Instagram.com/ fathir97

Muhammad Tulus atau lebih dikenal dengan Tulus ini telah banyak memberikan karya-karya terbaik untuk industri musik Indonesia. Dengan lagu-lagu puitisnya, namun enak didengar membuat Tulus banyak disukai oleh anak remaja. 

Jika diperhatikan lirik lagunya bagaikan sihir serta suaranya sangat khas mampu membuat Tulus semakin dikenal di Indonesia.

Pelantun lagu Adaptasi ini telah banyak mendapatkan penghargaan sejak 2013 ketika memasuki perindustrian musik di Indonesia. Mulai dari penghargaan Album of the Year, Song of the Year, Music Video of the Year, Male Singer of the Year, dan masih banyak lagi. Terakhir pada 2019 kemarin, Tulus memenangkan piala Anugerah Musik Indonesia sebagai Pencipta Lagu Terbaik berjudul Adu Rayu.

Tahun 2020 ini, Tulusmasuk ke nominasi Artis Solo Pria Pop Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia. Lewat karyanya, Tulus banyak memotivasi banyak orang. Jika Mama dengarkan setiap liriknya, ada banyak pesan mendalam dari semua lagu yang diciptakan oleh Tulus.

Kerja keras, terus bermimpi, lakukan semua hal dari hati, tidak mudah putus asa dan lebih percaya diri lagi menjadi pesan yang ingin disampaikan oleh Tulus melalui lagu-lagu buatannya.

Nah, itulah beberapa penyanyi Indonesia yang banyak memotivasi banyak remaja di Indonesia. Karya-karyanya dan karakter dari setiap penyanyi bisa memotivasi remaja bahkan orang dewasa sekalipun.

Semoga penyayi idola masa kini ini bisa terus memotivasi anak-anak ya, Ma. 

Baca juga:

The Latest