Jadi Juara Indonesian Idol Termuda, Lyodra Sudah Berbakat Sejak Kecil

Sejak usia 11 tahun, Gita Gutawa melihat Lyodra punya mimpi yang besar

4 Maret 2020

Jadi Juara Indonesian Idol Termuda, Lyodra Sudah Berbakat Sejak Kecil
Instagram.com/lyodraofficial

Nama Lyodra Ginting atau yang lebih akrab dipanggil Lyodra sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Lyodra baru saja menjuarai ajang pencarian bakat Indonesian Idol Season 10 pada Selasa (3/3/2020) dini hari.

Sejak kemunculannya membawakan lagu I'll Never Love Again milik Lady Gaga dan Bradley Cooper saat audisi, Lyodra telah memukau banyak orang termasuk kelima juri. 

Dari hasil voting penoton yang telah diakumulasikan selama dua minggu, Lyodra berhasil mengalahkan Tiara Anugrah dan resmi menjadi juara. 

Di usia Lyodra yang masih berusia 16 tahun, dirinya tercatat sebagai juara pertama di ajang tersebut dengan usia paling muda. 

Semangat Lyodra dalam menjalani ajang pencarian bakat ini selalu termovitasi dengan banyaknya dukungan serta doa dari keluarga, teman hingga para penggemarnya yang bernama My Lyodra. 

Untuk Mama yang ingin memotivasi anak-anak di rumah dengan prestasi dari Lyodra usai memenangkan banyak ajang kompetisi bernyanyi, berikut Popmama.com telah beberapa fakta lain mengenai Lyodra.

Semoga bisa menginspirasi ya, Ma!

1. Lyodra pernah tergabung dalam Di Atas Rata-Rata (DARR) generasi kedua

1. Lyodra pernah tergabung dalam Atas Rata-Rata (DARR) generasi kedua
Instagram.com/nataliajo23/

Selain Kafin Sulthan dan Rafi Sudirman, nama Lyodra pun masuk ke dalam anak-anak bernama Di Atas Rata-Rata (DARR) generasi kedua yang berbakat di bidang musik. 

Di Atas Rata-rata (DARR) termasuk salah satu project dari Erwin Gutawa dan Gita Gutawa untuk mencari, mengasah dan menunjukkan kemampuan anak Indonesia dengan kualitas di atas rata-rata terutama di bidang musik.

Demi menginspirasi banyak anak-anak Indonesia untuk berkarya dan mencari bibit-bibit baru, Erwin Gutawa dan Gita Gutawa tergerak untuk berkarya. 

Ketika bergabung dengan Di Atas Rata-Rata, Lyodra masih berusia 11 tahun dan sudah mengikuti ajang kompetisi bernyanyi. 

Di usianya saat itu, Lyodra sudah memiliki kekuatan suara yang mampu mencapai high note. Bahkan karakter vokal Lyodra sangat kuat ketika membawakan lagu-lagu bergenre pop yang powerful.

Kehadiran Lyodra dalam Di Atas Rata-Rata mampu meningkatkan apresiasi terhadap musik Indonesia, khususnya lagu anak. 

Beberapa lagu anak yang dinyanyikan oleh Lyodra mulai dari Janji untuk Mimpi, Never Grow Up dan Stop Bully ketika berduet dengan Olivola. 

Ada yang sudah pernah mendengar lagu-lagu anak milik Lyodra?

Editors' Picks

2. Lyodra sempat memenangkan festival di Italia

2. Lyodra sempat memenangkan festival Italia
Instagram.com/diatasrata2

Mendengar nama Lyodra pasti akan mengingatkan  tentang berbagai prestasi yang telah diraihnya.

Di usia 13 tahun, Lyodra sempat berhasil menjadi pemenang pertama dalam kompetisi menyanyi internasional khusus penyanyi solo berusia 6-15 tahun. 

Saat menyanyikan lagu Dear Dream, Lyodra berhasil membawa pulang piala kemenangan saat malam final Festival Sanremo Junior 2017 yang berlangsung di Sanremo, Italia.

Dear Dream menjadi lagu ciptaan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa dengan lirik berbahasa Inggris gubahan Ria Leimena. Kualitas suara Lyodra yang memukau saat menyanyikan lagu tersebut membawanya meraih kemenangan. 

Bahkan lewat lagu berjudul Dear Dream, Lyodra juga memenangkan penghargaan sebagai artis solo perempuan anak-anak terbaik di AMI Awards tahun 2017.

Banyak sekali prestasinya ya, Ma! 

3. Gita Gutawa sudah melihat potensi Lyodra sejak usia 11 tahun 

3. Gita Gutawa sudah melihat potensi Lyodra sejak usia 11 tahun 
Instagram.com/gitagut

Dari pertama kali ketemu, waktu itu Lyodra masih umur 11 tahun, I’ve always been amazed by her. Bukan hanya karena suaranya yang nggak main-main. Namun juga karena saya tahu Lyo punya mimpi dan keinginan hati yang begitu besar. 

Selalu paling gigih kalau latihan dan setiap dikasih tantangan apapun, dia nggak pernah takut. Justru dilahap.

Gita Gutawa sebagai salah satu mentor saat Lyodra tergabung dalam Di Atas Rata-Rata (DARR) generasi kedua sudah melihat potensinya. Bisa dibilang, Gita termasuk salah satu musisi yang menyaksikan perkembangan talenta Lyodra sejak usianya 11 tahun

Menurut Gita, sosok Lyodra sebagai seseorang yang memiliki banyak mimpi dan selalu bekerja keras dalam menggapai keinginannya. 

"This girl just won Indonesian freakin’ Idol! Congratulations my dear Lyodra, you’ve just proven that hard work will always pay off. You are such an inspiration. To me and I bet, to so many others," tulis Gita di salah satu unggahan Instagram pribadinya. 

Dengan kerja keras dan segala usahanya, kini Lyodra bisa mendapatkan hasil indah yakni sebuah kemenangan. 

4. Perjuangan Lyodra berhasil membawanya meraih kemenangan

4. Perjuangan Lyodra berhasil membawa meraih kemenangan
Instagram.com/lyodraofficial

Puji dan syukur Tuhan atas hadiah yang sangat indah dan sangat berharga. Perjalanan yang panjang dan berat, tak jarang ku merasa kelelahan fisik dan mental

Tak jarang air mata ini tak bisa ku bendung karena keterbatasanku. Ku kumpulkan lagi tenaga dan asa untuk melangkah lagi walau tertatih, karena ku tahu ada Tuhan yang menolong. 

Apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Terima kasih Indonesia atas proses yang mahal ini.

Terima kasih Indonesia Idol 2020.

Begitulah ungkapan bahagia perasaan yang sempat dituliskan oleh Lyodra di Instagram pribadinya. 

Bahagia dan rasa syukur tentu menjadi suatu hal yang sedang dirasakan oleh Lyodra usai kemenangannya di Indonesian Idol Season 10. Apalagi di usianya yang masih 16 tahun, Lyodra seolah selangkah lebih maju dibandingkan anak-anak lain seusianya. 

"Aku sangat bersyukur bisa berhasil mencapai posisi yang sekarang. Semua ini berkat kalian yang mendorong aku untuk terus maju," ucap Lyodra. 

5. Lagu "Gemintang Hatiku” seolah menjadi babak baru untuk hidup Lyodra

5. Lagu "Gemintang Hatiku” seolah menjadi babak baru hidup Lyodra
Instagram.com/mylyodra.official

Lale Ilman Nino memang telah menjadi mesin pencetak lagu hits tanah air. 

Ketiganya pun kembali meramaikan industri musik Indonesia karena telah terlibat dalam proses pembuatan lagu berjudul Gemintang Hatiku

Lagu yang hadir dalam dua versi yakni milik Lyodra dan Tiara memiliki kisahnya tersendiri selama proses pembuatan. 

Menunggu waktu yang tepat untuk menyampaikan ini. Saat lagu ciptaan kami untuk grand finalist Indonesian Idol “Gemintang Hatiku” pertama kali dibawakan, muncul tanggapan miring. 

Banyak yang masih salah mengira ini lagu kemenangan. Tugas kami jauh lebih besar dari itu. 

Kami harus menulis single yang tidak terikat dengan kompetisi untuk bisa mengantar para finalis berkarier lebih jauh. 

Menurut Nino sendiri, lagu itu seperti bunga yang harus dibiarkan tumbuh dengan sendirinya. Perlahan-lahan setiap orang anak bisa menghirup aroma bunga tersebut. 

"Selamat datang di industri musik Indonesia Tiara dan Lyodra. Perjuangan sebenarnya dimulai dari sekarang!" ucap Nino. 

Itulah beberapa kisah perjalanan yang sudah dilalui oleh Lyodra. Kira-kira Lyodra akan membuat kejutan apa lagi setelah ini ya, Ma?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.