5 Ciri Khas Daniel Mananta yang Melekat saat Jadi Host Indonesian Idol

Digantikan oleh Boy William, kini Daniel Mananta bersyukur memiliki banyak momen di Indonesian Idol

18 November 2020

5 Ciri Khas Daniel Mananta Melekat saat Jadi Host Indonesian Idol
Instagram.com/vjdaniel

Indonesian Idol Special Season memang telah resmi digelar pada hari Senin (16/11/2020) lalu. Hanya saja, ada yang berbeda karena Daniel Mananta sudah tidak lagi memandu program Indonesian Idol.  

Pergantian host Indonesian Idol dari Daniel menjadi Boy William memang menimbulkan banyak pro kontra terkait hilangnya seorang legend di program acara tersebut. Selain itu, ada banyak tanda tanya bagi para penggemar yang terus mengikuti ajang pencarian bakat menyanyi terbesar di Indonesia. 

"To my beloved Indonesian Idol. Ada pertemuan pasti ada perpisahan, sayangnya perpisahan jadi sangat berat kalau rasa sayang itu sudah teramat dalam," tulis Daniel dalam unggahannya. 

Menurut Daniel, sedalam apapun rasa sayang yang kita punya, hal tersebut tidak membuat kita bisa terus memilikinya. 

"Suatu saat kita harus bisa rela melepaskannya karena apa dan siapapun yang kita cintai hanya bisa kita punyai, namun tak bisa kita miliki. Semua kepunyaan kita hanyalah milik Tuhan," lanjutnya. 

Unggahan tersebut seolah menjadi kata-kata yang menginsyaratkan bahwa Daniel harus pamit atau undur diri setelah menjadi saksi dari banyaknya para penyanyi alumni dari Indonesian Idol. 

Jika Mama ingin mengetahui perjalanan karier Daniel Mananta selama di Indonesian Idol beserta ciri khasnya, kali ini Popmama.com telah merangkumnya secara detail. 

Disimak dan kilas balik yuk, Ma!

1. "Indonesia Memilih" versi Daniel Mananta sudah menjadi khas di setiap momen eliminasi

1. "Indonesia Memilih" versi Daniel Mananta sudah menjadi khas setiap momen eliminasi
Instagram.com/vjdaniel

Mundurnya presenter Daniel Mananta sebagai host ajang pencarian bakat Indonesian Idol memang menjadi perbincangan banyak orang. Media sosial pun menjadi ramai karena penggemar acara tersebut merasa kehilangan sosok Daniel. 

Kata-kata "Indonesia memilih" versi Daniel yang diucapkan setiap eliminasi menjadi salah satu ciri khas tersendiri. Momen di mana satu per satu kontestan akan masuk ke babak selanjutnya atau tereliminasi. 

Suara khas Daniel tak jarang memberikan ketegangan tersendiri para setiap penonton, apalagi saat sedang menunggu pengumuman siapa saja kontestan tereliminasi. 

Editors' Picks

2. "KuDaniel" nama fanbase Daniel Mananta sempat diresmikan di panggung Indonesian Idol

2. "KuDaniel" nama fanbase Daniel Mananta sempat diresmikan panggung Indonesian Idol
Instagram.com/armandmaulana04

Sosok Daniel Mananta sebagai bagian keluarga besar Indonesian Idol memang tidak aakan pernah terlupakan. Daniel sudah menjadi pembawa acara Indonesian Idol sejak musim ketiga pada tahun 2006 karena harus menggantikan Irgi Achmad Fahrezi. 

Di panggung Indonesian Idol, Daniel pun banyak dipertemukan dengan para fans. Ketika Indonesian Idol 2018 tepatnya di Spekta Show Top 7 pada 5 Maret 2018, Daniel akhirnya memiliki nama fanbase secara resmi. 

"Tanggal 5 Maret 2018, ku persembahkan dan ku resmikan 'KuDaniel' se-Indonesia," kata Daniel. 

Setelah sekian lama, akhirnya fansnya yang sudah mengikuti perjalanan karier Daniel diberi nama KuDaniel. 

3. Selalu menyimpan dalam hati terkait kontestan jagoannya dan bersikap netral 

3. Selalu menyimpan dalam hati terkait kontestan jagoan bersikap netral 
Instagram.com/vjdaniel

Selama perjalanan episode Indonesian Idol, sosok Daniel Mananta memang telah menjadi satu elemen penting. Selain juri dan para kontestan, Daniel selalu bisa mencairkan suasana bahkan membuatnya menjadi tegang ketika sudah masuk babak elimasi. 

Ciri khas lain dari Daniel, yakni bisa bersikap netral dan selalu menyimpan dalam hati terkait kontestan jagoannya. Pernyataan Daniel ini sempat diabadikan di channel YouTube Official Indonesian Idol 2018. 

"Sepuluh tahun jadi host Indonesian Idol, gue nggak pernah sebut nama karena gue harus netral," ucap Daniel. 

Sebagai pembawa acara, Daniel memiliki prinsip untuk bisa netral dan bungkam terkait kontestan jagoannya. 

4. Memiliki kedekatan yang hangat dengan para kontestan dan juri

4. Memiliki kedekatan hangat para kontestan juri
Instagram.com/vjdaniel

Sebagai seseorang yang terlibat cukup lama di program Indonesian Idol, Daniel Mananta memiliki kedekatan yang begitu hangat dengan para kontestan dan juri di setiap musimnya.  

Sosoknya yang hangat dan mudah bergaul selama menjadi pembawa acara Indonesian Idol seolah membuat Daniel bisa dekat dengan semua orang. 

Sejak tahun 2006, Daniel pun sudah bekerja sama dengan banyak juri yang mengisi bangku di Indonesian Idol. Beberapa nama juri ketika acara tersebut dibawakan oleh Daniel, mulai dari Titi DJ, Indy Barends, Indra Lesmana, Jamie Aditya, Anang Hermansyah, Erwin Gutawa, Ahmad Dhani, Tantri Syalindri, Judika, Armand Maulana, Maia Estianty, Ari Lasso hingga Bunga Cintra Lestari.

Selain itu, sosok Agnes Monica juga sempat menjadi juri Indonesian Idol. Melalui sebuah video Instagram, Daniel sempat membuat pengakuan bahwa ia sempat dipecat dan diminta untuk tidak menjadi pembawa acara Indonesian Idol lagi. 

Namun, sosok Agnes menyelamatkan karier Daniel pada saat itu. Ia ingin menjadi juri, asalkan host Indonesian Idol tetap dibawakan oleh Daniel. 

"Si Agnes nanya, oke gue mau jadi juri Indonesian Idol ya, hostnya masih Daniel kan? I'm sorry gue nggak mau jadi juri Idol, kecuali kalau hostnya Daniel," kata Daniel dalam sebuah video pengakuannya di Instagram.

Ada banyak momen dari Daniel selama Indonesian Idol yang akan selalu dikenang oleh para penonton setianya nih, Ma.

5. Mampu mencairkan suasana, sehingga ajang pencarian bakat Indonesian Idol tidak terkesan kaku 

5. Mampu mencairkan suasana, sehingga ajang pencarian bakat Indonesian Idol tidak terkesan kaku 
Instagram.com/vjdaniel

Daniel Mananta atau yang dikenal VJ Daniel memang telah mengawali kariernya dari seorang model serta pembawa acara. 

Ketika menjadi pembawa acara Indonesian Idol, Daniel telah menjadi bagian karena telah ikut melahirkan penyanyi-penyanyi muda berbakat di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai seorang host, Daniel pun memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap pembawaannya. 

Daniel mampu mencairkan suasana dengan berbagai humor, sehingga ajang pencarian bakat Indonesian Idol tidak terkesan kaku.

"Saya sangat bersyukur mempunyai kenangan sangat indah yang tidak mungkin dilupakan selama satu dekade lebih menjadi pemandu acara Indonesian Idol. Setelah ini pasti saya akan sangat merindukan kebersamaan dengan kalian semua. Sukses terus Indonesian Idol! Kita semua harus bertumbuh. Setiap pertumbuhan pasti ada perubahan. Setiap perubahan membuat kita semakin kuat," tulis Daniel dalam unggahannya. 

Itu dia beberapa perjalanan karier Daniel selama di Indonesian Idol beserta ciri khasnya yang begitu melekat. 

Semoga setelah ini perjalanan karier Daniel Mananta bisa semakin bersinar ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.