TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cerita Ridwan Kamil-Atalia sebelum Eril Wafat, Ahli Meminta Maaf

Cerita Ridwan Kamil-Atalia sebelum Eril Wafat, mulai dari ahli meminta maaf, sedekah, dan ikhlas

YouTube.com/Najwa Shihab

Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra Ridwan Kamil dan Atalia Praratya meninggal dunia usai hanyut di Sungai Aare. Setelah masa berkabung, Ridwan Kamil dan istrinya ini memberanikan diri untuk mengungkap cerita mengenai putranya semasa hidup.

Ada banyak cerita tentang putranya yang disampaikan melalui kanal YouTube Najwa Shihab. Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cerita haru yang diungkap oleh Ridwan Kamil dan Atalia. 

1. Eril adalah orang yang ahli dalam memaafkan dan ikhlas

YouTube.com/Najwa Shihab

Saat membagikan cerita mengenai putranya lewat YouTube Najwa Shihab, Gubernur Jawa Barat itu mulai menjawab pertanyaan terkait amalan selama Eril masih hidup.

“Ini pertanyaan ratusan. Satu dia ahli minta maaf, dan dua dia ahli ikhlas dan sedekah,” ungkap Ridwan Kamil.

“Jadi dia suka minta maaf, suka bersedekah dengan keikhlasan tanpa diketahui, dan berterima kasih,” pujinya.

2. Eril mulai suka difoto sebelum dirinya meninggal dunia

YouTube.com/Najwa Shihab

Atalia mengungkapkan bahwa Eril merupakan seorang yang tidak suka difoto. Namun, pada saat berada di Eropa, Eril mulai memperbanyak foto dirinya sendiri.

“Ada momen terindah, termasuk dia itu nggak suka difoto. Tapi terakhir pertemuan dengan Eril, perjalanan bersama dia, itu mungkin ada lebih dari 1.000 foto. Itu foto dia semua, bahkan dia jadi suka selfie,” ungkap Atalia. 

3. Eril ingin menyamakan pakaiannya dengan Ridwan Kamil

YouTube.com/Najwa Shihab

Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Eril terlihat nurut dengan dirinya soal pakaian yang hendak dikenakan di Eropa. Padahal ia dan Eril memiliki gaya berpakaian yang berbeda.

“Saya bilang ke Ril, ‘Ril, siap-siap kita ke Eropa nganter Zara cari sekolah.’ ‘Bajunya gimana, Pa?’, kok tumben nanya baju, kan, seleranya beda,” ungkap Ridwan Kamil.

“'Ril, biar nanti foto keluarganya keren ada matching-nya jadi bawa empat sepatu, ya’. Nurut banget dia bawa itu semua,” ungkapnya lebih lanjut.

Atalia juga menambahkan kalau sebelumnya Eril selalu menyerahkan masalah pakaian kepada dirinya.

“Padahal sebelumnya dia bilang, ‘terserah mama aja’. Aku yang biasanya nyiapin bajunya kalau mau ke mana-mana,” tambah Atalia.

4. Eril suka dengan wewangian

YouTube.com/Najwa Shihab

Lebih lanjut, Atalia menyampaikan bahwa sebelum kejadian, Eril sangat senang memakai wewangian. Selain itu, Eril juga ingin membahagiakan papanya.

“Pagi hari sebelum kejadian dia masih, ‘Mama cium, deh’. Wangi ril. ‘Sebelah sini mah’, lho emang beda? ‘Beda mah’. Jadi dia itu ingin wangi. Jadi ada cerita-cerita yang beda dari keseharian lainnya,” ungkap Atalia.

“Pada momen itu dia begitu manis, wangi, menyenangkan, termasuk ingin menyenangkan ayahnya,” imbuhnya.

5. Ridwan Kamil, Atalia, dan Zahra masing-masing memiliki momen berdua dengan Eril

YouTube.com/Najwa Shihab

Ridwan Kamil menceritakan ada suatu malam saat ia, Atalia, dan anak bungsunya, Zara, sempat memiliki momen berdua dengan Eril. Momen tersebut menjadi hal yang sangat istimewa bagi mereka.

“Menurut saya ini mungkin udah diatur Allah. Ada malam-malam itu kami semua jalannya berdua. Eril berdua sama ibunya, terus adiknya, dan satu malam dengan saya. Waktu mereka naik mobil, saya jalan kaki sama Eril ngobrol segala macam. Jadi momen perjalanan sebelum pulang ini di memori kami luar biasa banget,” ujar Ridwan Kamil sambil menahan tangisnya.

Nah, itulah beberapa cerita dari Ridwan Kamil dan Atalia terkait Eril sebelum meninggal dunia. Semoga Ridwan Kamil sekeluarga bisa diberikan keikhlasan dalam menghadapi ujian hidup ini, ya.  

Baca juga: 

The Latest