TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mudah Banget, Ini Cara Daftar Akun dan Beli E-Meterai

E-meterai mudah digunakan untuk dokumen elektronik

e-meterai.co.id

Penggunaan meterai wajib diberikan kepada setiap dokumen penting. Meterai penting karena menjadi sebuah pembayaran pajak atas dokumen serta menjadi jaminan untuk mendapat kepastian hukum.

Pemerintah telah menerbitkan e-meterai atau meterai elektronik untuk memudahkan penggunaan dokumen berbasis elektronik. Seiring perkembangan zaman, dokumen elektronik kian digemari karena tak perlu dicetak.

Masyarakat juga tak perlu membubuhkan meterai fisik karena perannya telah tergantikan oleh e-meterai. Cara membelinya yaitu masyarakat harus mendaftar akun e-meterai terlebih dahulu.

Namun, bagaimana cara mendaftar akun e-meterai atau meterai elektronik? Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum caranya untukmu.

1. Kunjungi website resmi e-meterai.co.id

Instagram.com/peruri.indonesia

Kamu dapat mengunjungi website resmi e-meterai.co.id. Pilih daftar pada halaman utama yang letaknya di pojok kanan atas.

Kemudian, tentukan jenis user yang akan dipilih. Ada tiga jenis user yang tersedia, yaitu personal, enterprise, dan wholesale.

2. Isi data pribadi lengkap

Instagram.com/posaja_boyolali

Selanjutnya, lakukan pengisian data. Pastikan data diisi sesuai dengan kartu identitas dan sebenar-benarnya.

Langkah terakhir, wajib melakukan verifikasi akun email berdasarkan akun yang terdaftar. Buka pesan email dan cari pesan yang dikirim oleh e-meterai.

Lalu, tekan tombol aktivasi akun. Selamat, pembuatan akun telah selesai dan bisa dilanjutkan dengan log in di website e-meterai.

3. Log in dan masukkan nomor OTP

Instagram.com/peruri.indonesia

Pilih log in yang berada di atas kanan halaman utama . Masukkan email, kata sandi, dan kode keamanan yang diminta.

Setelah mengisi data di atas, sistem akan meminta nomor OTP yang dikirim ke email terdaftar. Masukkan nomor OTP dan pilih lanjutkan. Halaman akan beralih ke menu beranda.

4. Cara pembelian e-meterai dan pembayarannya

Instagram.com/lmats_consulting

Apabila ingin membeli e-meterai, pilih menu pembelian. Tentukan kuota meterai yang akan dibeli, lalu tekan bayar.

Sistem akan menampilkan total tagihan yang harus dibayar dan diberi pilihan untuk metode pembayarannya. Setelah selesai memilih, pilih lanjut dan segera bayar sesuai metode yang dipilih.

Selesai bayar, sistem akan memberikan notifikasi jika pembayaran telah berhasil. Kamu dapat melihat kuota e-meterai yang tersedia dengan menekan nama user di pojok kanan atas.

Itulah cara pendaftaran akun e-meterai serta cara pembeliannya. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat, ya.

Baca juga:

The Latest