TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hari Susu Sedunia, Ketahui Pentingnya Awali Hari dari Kebaikan Susu

Asupan pagi terbaik berdampak pada kesiapan dan ketangguhan seseorang

Freepik/jcomp

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk membangun rutinitas sehat dan melengkapi fondasi gizi seseorang, salah satunya dengan memenuhi asupan gizi dan kebaikan susu.

Dalam riset yang dikeluarkan American Journal of Lifestyle Medicine tentang Pentingnya Menciptakan Kebiasaan dan Rutin, penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sehat terlibat dalam aktivitas kesehatan yang rutin.

Pentingnya mengawali hari dengan asupan bergizi dan kebaikan susu, juga ditekankan oleh Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah dalam kegiatan virtual menyambut Hari Susu Sedunia 2021 yang dilakukan Frisian Flag Indonesia pada Rabu (02/06).

“Penting bagi kita untuk memperhatikan asupan saat sarapan, sebagai fondasi gizi di pagi hari. Mengonsumsi zat gizi lengkap seperti dari susu, dapat memberi energi dan zat gizi berkualitas untuk  aktivitas pagi," jelasnya.

Dalam menyambut Hari Susu Sedunia, berikut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber terkait pentingnya awali hari dengan asupan bergizi dan kebaikan susu.

1. Pentingnya rutinitas pagi menurut Psikolog

Freepik/cookie_studio

Pagi hari bermanfaat untuk menanamkan kebiasaan baru yang baik agar dapat memotivasi seseorang dalam membuat tindakan baik selanjutnya.

Itulah mengapa pentingnya melakukan rutinitas pagi guna menjaga pikiran lebih tenang sepanjang hari. Ditemui dalam kesempatan yang sama, Psikolog dan Co-founder dari TigaGenerasi, Saskhya Aulia menjelaskan, “Membiasakan diri untuk bangun pagi memberikan kita waktu untuk mengawali hari dengan lebih tenang dan memiliki kesempatan lebih banyak untuk merencanakan hari serta memulai hari dengan lebih baik."

Rutinitas pagi hari juga akan membawa banyak perubahan bagi tubuh seseorang, terlebih di tengah kondisi yang tak pasti seperti saat ini. Menurut Saskhya, memiliki rutinitas pagi yang baik dan sehat akan berpengaruh pada kesiapan kita menjalani hari dan mengurangi berbagai kecemasan.

Memulai hari dengan rutinitas baik bisa diawali dengan berdoa atau meditasi, berolahraga, serta mengonsumsi sarapan bergizi seperti menambahkan susu yang akan mendukung kesiapan dan ketenangan bukan hanya secara fisik, tetapi juga emosional. 

2. Susu jadi cara praktis untuk sarapan

Pixabay/Couleur

Susu sering kali dijadikan cara praktis bagi sejumlah orang yang tidak sempat sarapan, namun susu tetap membantu penuhi nutrisi tubuh. Memiliki rasa yang lezat, susu juga memiliki segudang manfaat bagi masyarakat.

Seperti yang dijelaskan Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, pada kesempatan yang sama. Andrew menyuebutkan, “Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, kebaikan susu juga dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat, baik peternak sapi lokal sebagai pahlawan gizi nasional, maupun masyarakat umum yang jadi kian produktif dengan dukungan gizi baik dari produk susu berkualitas.”

Adanya peringatan Hari Susu Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Juni menjadi momen yang tepat untuk terus menyerukan kebaikan dan manfaat dari susu, khususnya sebagai asupan di pagi hari. Dengan menanamkan kebiasaan baik dan didukung dengan asupan terbaik, masyarakat tentu dapat lebih siap meraih hari terbaik mereka. 

3. Kandungan pada susu yang baik untuk penuhi nutrisi

Freepik/jcomp

Prof. Hardiansyah menyebutkan, memerhatikan asupan saat sarapan adalah fondasi gizi di pagi hari. Ia menekankan kepada masyarakat untuk tidak melewati sarapan sebagai bekal penting mengawali sepanjang hari.

Menurutnya, "Mengonsumsi zat gizi lengkap seperti dari susu, dapat memberi energi dan zat gizi berkualitas untuk aktivitas pagi. Susu juga mudah dikonsumsi dan diserap tubuh, serta dapat dipadukan dengan berbagai makanan lain."

Tak hanya itu, menurut penjelasan Prof. Hardiansyah, susu memiliki asupan gizi seperti protein, lemak, kalsium, vitamin A, B1, B2, B12, D, magnesium, potassium dan karbohidrat yang baik bagi tubuh.

Kandungan gizi yang lengkap pada susu membuatnya menjadi salah satu sumber asupan bergizi baik yang cocok untuk melengkapi kebutuhan gizi harian bagi anak, remaja, maupun dewasa.

4. Dapat dijadikan kreasi sarapan yang lezat

Dok. Frisian Flag

Tak hanya diminum secara langsung, susu juga dapat dikonsumsi dan diolah dengan jenis makanan lain untuk bantu tingkatka rasa dan juga gizi dari asupan.

Ditemui pada kesempatan yang sama, chef sekaligus konsultan kuliner, Nanda Hamdalah, menjelaskan ragam format susu yang ada dapat dipadukan dengan makanan lain agar tidak bosan dengan konsumsi susu yang itu-itu saja.

Misalnya varian susu bubuk yang dapat digunakan untuk campuran tekstur makanan ringan, sebagai lapisan susu dan gula halus pada kue atau camilan. Pada format kental manis, tekstur creamy dan rasa yang nikmat dapat memperkaya rasa pada masakan. Sementara susu cair siap minum, cocok digunakan untuk segala kesempatan, termasuk untuk sarapan dan juga untuk ragam kreasi olahan lainnya.

Untuk menunjang format susu yang beragam, Andrew selaku Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia menyebutkan bahwa hadirnya varian produk dari Frisian Flag Indonesia menjadi wujud upaya dalam menghadirkan rangkaian produk yang sesuai dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya dalam mengawali hari dengan sarapan. 

"Sehingga mampu membantu meningkatkan jumlah konsumsi susu di Indonesia," ujar Andrew.

Itulah serba-serbi pentingnya awali hari dengan kebaikan susu yang dapat kamu ketahui. Dengan memperingati Hari Susu Sedunia 2021, diharapkan masyarakat Indonesia dapat lebih memahami pentingnya kebaikan susu dalam mengawali hari.

Baca juga:

The Latest