TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Viral Bayi Baru Lahir di Medan Sudah Memiliki Rambut Panjang

Mengapa bayi baru lahir bisa memiliki rambut panjang?

16 Agustus 2021

Viral Bayi Baru Lahir Medan Sudah Memiliki Rambut Panjang
Unsplash/Chiến Phạm
Ilustasi

Sebuah video beredar viral di aplikasi Tiktok yang memperlihatkan seorang bayi baru lahir yang memiliki rambut panjang. Video tersebut diunggah oleh sang bidan bernama Roma Uli Zulri. 

Bidan Roma mengaku kaget ketika melihat bayi baru lahir itu karena kondisinya yang berbeda dengan bayi lainnya. Pasalnya, bayi tersebut lahir dengan kondisi sudah memiliki rambut panjang hingga menutupi matanya. 

Bagaimana kondisi bayi tersebut? Berikut ulasannya yang dirangkum Popmama.com

1. Memiliki rambut hitam panjang

1. Memiliki rambut hitam panjang
Tiktok.com/romaulizulri

Dalam video yang diunggah bidan Roma, bayi tersebut memiliki wajah mungil dan rambut hitam panjang. Rambut hitamnya bahkan menutupi dahi hingga matanya. 

"Baru lahir udah berjambang... Hallo abang jambang...," tulis bidan Roma di akun Tikok @romaulizulri, Minggu (15/8/2021). 

"Kecil-kecil udah berjambang. Ini tengok dia keluar jambangnya, ajaib kan? Begitu lahir, keluar dia rambutnya berponi, kaget aku," ujar bidan Roma dalam video unggahannya. 

Editors' Picks

2. Beredar viral di tiktok

2. Beredar viral tiktok
Tiktok.com/romaulizulri

Video yang menampilkan bayi berambut panjang itu sontak viral di media sosial. Video unggahan bidan Roma bahkan sudah ditonton 1,5 juta kali dan mendapat 110.000 lebih like dari pengguna Tiktok. 

Melihat anaknya yang memiliki rambut panjang, orangtua sang Bayi hanya tersenyum bahagia. Mereka juga gemas melihat bayinya lahir dengan selamat dan memiliki rambut hitam panjang. 

3. Apa yang menentukan ketebalan rambut bayi baru lahir?

3. Apa menentukan ketebalan rambut bayi baru lahir
Pexels.com

Ketebalan rambut bayi baru lahir ditentukan oleh gen orangtua. Oleh karena itu, ada bayi baru lahir yang memiliki rambut tebal, namun bayi lainnya lahir dalam kondisi botak. Kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena rambut bayi akan tumbuh seiring bertambahnya usia si Kecil. 

Rambut bayi baru lahir akan rontok dalam enam bulan pertama kehidupannya. Kemudian, rambut akan tumbuh kembali ketika usia si Kecil menginjak 9-12 bulan. 

4. Pertumbuhan rambut setiap bayi berbeda-beda

4. Pertumbuhan rambut setiap bayi berbeda-beda
Pixabay/PublicDomainPictures

Meski rambut bayi akan tumbuh lagi, namun pertumbuhan setiap bayi tentu berbeda. Jika Mama ingin si Kecil memiliki rambut tebal, maka Mama perlu memerhatikan kondisi kulit kepalanya. Pastikan Mama selalu membersihkan kulit kepala menggunakan sampo khusus bayi. 

Apabila kulit kepala bayi terlihat kemerahan, mengelupas, atau mengeluarkan lendir, segera bawa bayi ke dokter. Mama juga perlu ke dokter apabila rambut bayi belum tumbuh hingga usianya menginjak 2 tahun. 

Itulah ulasan mengenai pertumbuhan rambut bayi baru lahir. Jadi, bayi yang lahir dengan rambut tebal dan panjang bukan sesuatu yang aneh ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk