11 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi yang Tidak Mengandung SLS

Penggunaan SLS pada produk bayi sangatlah tidak disarankan

31 Januari 2024

11 Rekomendasi Sabun Pencuci Botol Bayi Tidak Mengandung SLS
Freepik/freepik

Mencuci botol dan peralatan bayi memang perlu dilakukan dengan benar serta menggunakan sabun khusus agar terjaga higienitasnya. Perlu diperhatikan, sabun pencuci botol bayi tidak bisa disamakan dengan sabun cuci piring biasa lho, Ma.

Mengutip dari situs Pregnancy Birth and Baby, kondisi tubuh bayi cenderung lebih sensitif daripada orang dewasa. Penggunaan sabun cuci piring memungkinkan adanya kandungan kimia yang berbahaya untuk bayi.

Itulah sebabnya, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat memilih sabun cuci botol bayi. Salah satunya, kandungan sodium lauryl sulfate (SLS). Disarankan untuk Mama agar menghindari untuk membeli sabun pencuci boto bayil yang mengandung SLS.

Untuk memudahkan Mama memilih sabun yang aman, berikut Popmama.com rangkum beberapa rekomendasi sabun pencuci botol bayi yang tidak mengandung SLS.

1. Baby Huki Liquid Cleanser

1. Baby Huki Liquid Cleanser
Babyhuki.co.id

Baby Huki Liquid Cleanser bisa menjadi salah satu pilihan sabun pencuci botol bayi yang tidak mengandung SLS serta tidak membuat tangan menjadi kering maupun iritasi. Produk ini terbuat dari bahan alami dan mampu membersihkan botol dengan maksimal.

Selain itu, bahan kandungan Baby Huki Liquid Cleanser diklaim aman untuk bayi serta tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Bila tertarik membelinya, Mama bisa mendapatkan sabun ini di pasaran dengan harga kisaran Rp 20.000 – 30.000.

2. Babymax Baby Safe Bottle & Utensils Cleanser

2. Babymax Baby Safe Bottle & Utensils Cleanser
Tokopedia.com

Babymax Baby Safe Bottle & Utensils Cleanser adalah sabun cuci khusus peralatan bayi berbahan dasar premium food-grade sehingga diklaim aman untuk si Kecil. Sabun ini juga diklaim dapat digunakan untuk mencuci sayur serta buah-buahan, Ma.

Pembersih peralatan bayi ini memiliki aroma bergamot serta menggunakan 8 kali concentrate yang membuatnya mampu membersihkan sisa kotoran dan residu makanan. Sabun dari Babymax ini dijual dengan rentang harga Rp 55.000 – 80.000.

3. Bagus Pipi Bottle Nipple Cleanser

3. Bagus Pipi Bottle Nipple Cleanser
Tokopedia.com

Pembersih botol bayi selanjutnya yang tidak mengandung SLS adalah Bagus Pipi Bottle Nipple Cleanser. Produk ini terbuat dari bahan pilihan antibacterial food grade yang bebas dari kandungan paraben.

Selain itu, produk keluaran dari Bagus ini juga tidak mengandung pewarna dan bahan kimia. Bila digunakan untuk mencuci botol atau perlengkapan menyusui bayi, sabun ini pun tidak akan meninggalkan sisa detergen yang dapat membahayakan si Kecil.

Bagus Pipi Bottle Nipple Cleanser dijual dengan harga sekitar Rp 30.300.

4. Ivly Nature Baby Dish Wash

4. Ivly Nature Baby Dish Wash
Shopee.co.id

Ivly Nature Baby Dish Wash termasuk salah satu sabun pencuci botol bayi yang aman dan tidak mengandung SLS maupun bahan kimia berbahaya seperti alkohol, pewarna, ataupun parfum.

Sabun ini diklaim efektif mengangkat kotoran sisa susu yang dapat menyebabkan jamur bila didiamkan terlalu lama. Aroma lemon dari sabun ini pun dapat membuat harum, tetapi tidak berlebihan.

Meski dapat mengangkat kotoran dengan efektif, sabun ini tidak akan membuat tangan mama menjadi kasar karena sering terkena sabun. Jika tertarik membelinya, sabun ini dijual dengan harga kisaran Rp 86.000 – 100.000.

Editors' Pick

5. My Baby Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser

5. My Baby Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser
Mybaby.co.id

My Baby Bottle, Nipple and Baby Accessories Cleanser bisa menjadi pilihan sabun pencuci peralatan bayi yang aman dan efektif untuk mengangkat kotoran di dasar botol. Selain itu, sabun ini juga aman digunakan untuk membersihkan buah dan sayur.

Produk dari My Baby ini telah memiliki sertifikasi food grade sehingga tidak akan mengganggu pencernaan bila tanpa sengaja tertelan. Jika Mama tertarik membelinya, sabun cuci ini dijual dengan kisaran harga Rp 27.000 – 40.000.

6. NUK Baby Bottle Cleanser

6. NUK Baby Bottle Cleanser

Sedikit berbeda dengan sabun cuci botol bayi lainnya, Nuca Baby Bottle Cleanser perlu dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Meskipun demikian, Mama tidak perlu khawatir dengan keamanannya sebab produk ini diklaim memiliki kadar pH netral serta bebas BPA.

Sabun pencuci ini juga terasa lembut dan tidak mengandung SLS sehingga tidak membuat tangan iritasi. Kemasan produk ini pun terlihat unik serta terdapat fitur refill yang dapat diisi ulang kembali.

Mama bisa mendapatkan NUK Baby Bottle Cleanser di e-commerce dengan harga sekitar Rp 62.300 – Rp 135.000.

7. Ougi Baby Bottle Cleanser

7. Ougi Baby Bottle Cleanser
Tokopedia.com

Ougi Baby Bottle Cleanser adalah sabun cuci botol bayi yang tidak mengandung zat pewarna kimia, serta tidak meninggalkan residu saat dibilas. Bahan utamanya diklaim 100% terbuat dari tanaman yang aman tanpa kandungan berbahaya.

Sabun ini dipercaya mampu membersihkan sisa susu pada permukaan botol bayi lebih mudah tanpa kandungan paraben dan SLS yang dapat memicu iritasi, alergi, atau gangguan kulit dermatitis.

Selain bisa dipakai untuk mencuci botol susu, sabun ini juga dapat digunakan untuk membersihkan alat makan, buah, hingga sayuran sekaligus. Bila tertarik membelinya, Ougi Baby Bottle Cleanser dijual dengan harga kisaran Rp 37.500 – 56.000.

8. Pigeon Liquid Cleanser

8. Pigeon Liquid Cleanser
Pigeon.com

Rekomendasi sabun pencuci botol bayi yang tidak mengandung SLS lainnya adalah Pigeon Liquid Cleanser. Produk yang satu ini diklaim dapat menyingkirkan bakteri hingga 99 persen.

Meskipun tampak ampuh membersihkan, sabun ini tetap terasa lembut saat bersentuhan dengan tangan. Sabun keluaran dari Pigeon ini memiliki kandungan berkualitas yang dapat mengangkat kotoran bekas susu di permukaan botol bayi secara maksimal.

Mama bisa mendapatkan Pigeon Liquid Cleanser di pasaran dengan harga kisaran Rp 40.000 – 70.000.

9. Pure BB Liquid Cleanser

9. Pure BB Liquid Cleanser
Purepremiumcare.co.id

Pure BB Liquid Cleanser menjadi produk sabun cuci yang sangat aman untuk membersihkan perlengkapan bayi. Sabun ini tidak mengandung alkohol, parfum, dan SLS sehingga busa yang dihasilkan lebih sedikit dan mudah untuk dibilas.

Sabun dari Pure BB ini juga diklaim mengandung antibakteri alami dari minyak kelapa, gula jagung, dan lemon sehingga terbukti aman dan efektif membunuh kuman. Produk ini dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp 50.000 – 87.000.

10. Pureco Liquid Dish and Bottle Soap

10. Pureco Liquid Dish and Bottle Soap
Tokopedia.com

Pureco Liquid Dish and Bottle Soap merupakan sabun cuci yang dirancang khusus untuk membersihkan peralatan bayi. Sabun ini diklaim bebas dari paraben (pengawet kimia) serta SLS (bahan kimia penghasil busa) sehingga aman untuk bayi.

Tak hanya itu, sabun keluaran Pureco ini juga terbuat dari ekstrak tanaman bambu dan kelapa sehingga sisa pencucian lebih ramah lingkungan serta dapat terurai oleh alam.

Setiap produk dari Pureco pun telah terdaftar di Kementerian Kesehatan Indonesia. Untuk itu, Mama bisa mempertimbangkan sabun cuci yang satu ini untuk membersihkan botol bayi.

Apabila ingin membelinya, sabun ini dijual dengan rentang harga Rp 65.000 – 85.000.

11. Zwitsal Baby Bottle Cleaner

11. Zwitsal Baby Bottle Cleaner
Lazada.co.id

Bila masih mencari rekomendasi sabun pencuci botol bayi yang tidak mengandung SLS, Zwitsal Baby Bottle Cleaner mungkin bisa menjadi pilihannya.

Sabun ini mengandung ekstrak green tea dan aloe vera serta berbahan dasar food grade sehingga terbukti aman dan efektif menghilangkan noda maupun bau membandel di botol susu bayi.

Penggunaan sabun ini juga termasuk hemat, lho. Mama hanya cukup menggunakan 1-2 tetes sabun untuk membersihkan seluruh botol si Kecil. Selain itu, produk dari Zwitsal ini juga telah memiliki sertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Zwitsal Baby Bottle Cleaner bisa didapatkan di pasaran dengan kisaran harga Rp24.000 – 35.000.

Nah, itulah beberapa rekomendasi sabun pencuci botol bayi yang tidak mengandung SLS. Semoga bermanfaat dan dapat membantu menemukan produk yang tepat, ya, Ma!

Baca juga:

The Latest