5 Resep MPASI Simpel dan Bergizi untuk Bayi 8 Bulan ke Atas

Bahan dan cara bikinnya gampang nih, Ma!

26 Mei 2018

5 Resep MPASI Simpel Bergizi Bayi 8 Bulan ke Atas
twelfy.com
Yuk, buat sendiri resep MPASI yang menyehatkan.

Si Kecil mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI?

Pasti Mama mulai bingung menu apa lagi yang ingin dibuat setiap harinya untuk Si Kecil. Mama dapat mencuri waktu saat Si Kecil tidur siang untuk browsing resep baru dan menjajalnya di dapur. Fase anak mulai makan adalah hal mengasyikkan yang Mama tunggu-tunggu. Jadi Mama ingin menyiapkan segalanya semaksimal mungkin.

Nah, untuk membantu Mama menyiapkan MPASI lezat nan bergizi, 5 resep simpel di bawah ini bisa dicontoh. Bahan-bahannya gampang didapat dan cara pembuatannya sangat mudah. Dijamin bikin Si Kecil makan lahap tanpa bikin dapur berantakan.

Kita coba yuk, Ma!

1. Bubur pisang susu

1. Bubur pisang susu
mouthsofmums.com

Untuk membuat bubur pisang susu caranya sangat mudah.

Bahan yang perlu Mama siapkan adalah satu buah pisang ukuran sedang dan 150-200 ml susu formula.

Cara membuatnya cukup lumatkan pisang sampai lembut lalu tambahkan susu sedikit demi sedikit. Tingkat kekentalan bubur bisa disesuaikan selera Si Kecil.

Resep ini cocok untuk MPASI hari pertamanya. Teksturnya sangat lembut dengan cita rasa tidak berbeda jauh dari susu yang ia konsumsi sehari-hari. Yummy!

2. Bubur beras merah kombinasi sayur dan daging ayam

2. Bubur beras merah kombinasi sayur daging ayam
seriouseats.com

Untuk membuat bubur beras merah yang teksturnya halus, Mama bisa menumbuk berasnya hingga berbentuk tepung, atau memasaknya dengan perbandingan 1:9 dengan air sehingga hasilnya sangat lunak.

Bahan tambahan yang perlu Mama siapkan adalah daging ayam cincang, lalu bayam dan wortel kukus yang sudah dicincang sampai lembut.

Pertama masak dulu bubur beras merah sampai matang. Untuk rasa gurih bisa dengan menambahkan sedikit sekali garam halus, atau menggunakan keju parut. Setelah bubur matang, masukkan cincangan daging ayam, wortel, dan bayam lalu aduk rata.

Sajikan pada Si Kecil selagi hangat.

Sisa bubur ini bisa Mama simpan untuk makan berikutnya. Jika ingin memasukkan dalam kulkas, tunggu sampai benar-benar dingin dan simpan dalam keadaan tertutup. Saat ingin kembali memberikan menu ini pada Si Kecil, Mama tinggal menghangatkannya pada api sedang.

Praktis banget, kan?

Editors' Picks

3. Pure jagung manis

3. Pure jagung manis
cookingmaniac.com

Pure jagung manis juga sangat mudah dibuat.

Mama hanya perlu menyiapkan jagung manis pipilan dan susu formula cair.

Cara membuatnya adalah kukus jagung manis sampai benar-benar lunak. Lalu lumatkan sampai lembut dan tambahkan susu formula sedikit demi sedikit sesuai kekentalan yang Mama inginkan.

4. Bubur kacang hijau kombinasi wortel

4. Bubur kacang hijau kombinasi wortel
pstatp.com

Kacang hijau juga tak kalah bergizi untuk menu MPASI bayi 8 bulan. Jika dikombinasikan dengan wortel yang kaya vitamin A, asupan gizinya semakin optimal.

Untuk membuat bubur kacang hijau kombinasi wortel, Mama perlu menyiapkan kacang hijau kupas lalu rendam dengan air. Selanjutnya, siapkan wortel dan air untuk merebus serta 10 sdm susu formula.

Cara membuatnya, sangrai kacang hijau kupas yang telah direndam hingga matang. Haluskan sampai lembut lalu sisihkan. Di panci lain, rebus wortel dengan air secukupnya sampai tersisa setengah dari volume air awal. Saring rebusan wortel, gunakan airnya untuk campuran kacang hijau.

Kemudian aduk rata sambil ditambahkan susu formula bubuk sedikit demi sedikit.

Bubur kacang hijau kombinasi wortel ini enak disajikan selagi hangat. Cara penyimpanannya sama seperti bubur beras merah di atas.

Kemudian, tunggu sampai dingin lalu simpan di dalam kulkas dalam kondisi tertutup.

5. Bubur kentang gurih

5. Bubur kentang gurih
sndimg.com

Selain beras merah, kentang juga bisa menjadi sumber karbohidrat di menu MPASI Si Kecil. Buatkan ia semangkok bubur kentang gurih yang lezat nan bergizi.

Bahan yang perlu Mama siapkan adalah kentang kukus, susu formula cair, dan keju parut.

Pertama, haluskan kentang kukus lalu letakkan dalam panci. Nyalakan kompor dengan api kecil lalu tuang susu cair. Memasak susu sebaiknya dengan api kecil karena proteinnya bisa rusak jika terpapar panas suhu tinggi. Aduk terus sampai kental merata lalu tambahkan keju parut.

Agar lebih harum dan cantik, Mama bisa taburkan peterseli yang dicincang halus di atasnya.

Kalau Mama ingin mendapat resep MPASI lebih banyak, yuk follow Instagram Popmama.com di @popmama_com. Ada banyak resep MPASI lainnya, berikut cara memasaknya.

Selamat makan, bayi mungil!

Baca Juga: 3 Resep MPASI Berbahan Wortel, Dijamin Sehat dan Lezat

Baca Juga: Kenapa Bayam Baik untuk MPASI?

Baca Juga: 6 Resep MPASI Rekomendasi WHO untuk Bayi 8 Bulan ke Atas