Inilah 6 Sayuran dan Buah Terbaik untuk MPASI

Mengenalkan sayuran sebagai MPASI pertama si Kecil dapat mencegahnya menjadi picky eater

22 Desember 2018

Inilah 6 Sayuran Buah Terbaik MPASI
Freepik

Untuk beberapa bulan pertama kehidupannya, bayi hanya minum ASI, sehingga makan makanan padat merupakan pengalaman baru baginya.

Saat memulai makanan padat, sangat penting untuk mengenalkan bayi dengan sayuran yang baik dalam segi nutrisi maupun mengenalkan rasa baru. Dan memberikan sayuran sebagai MPASI pertama si Kecil, diharapkan nantinya akan membantu mencegah ia pilah-pilih makanan. Tak hanya itu, dengan menjadikan sayuran sebagai MPASI di awal, dapat membantu Mama untuk mengetahui apakah ia mengalami alergi makanan.

Ada banyak pilihan sayuran yang bisa Mama kenalkan pada si Kecil. Dan berikut ini adalah 5 sayuran dan buah yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics, sebagai MPASI:

1. Ubi Jalar

1. Ubi Jalar
Pexels/ElaHaney

Salah satu jenis sayuran pertama yang terbaik untuk dicoba pertama kali adalah ubi jalar. Sayuran yang satu ini memiliki tekstur lembut, mudah dihaluskan dan manis rasanya.

Ubi jalar juga kaya akan beta karoten dan vitamin C  yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan. Dan lagi, rasanya yang manis juga akan disukai si Kecil.

2. Wortel

2. Wortel
Pexels/MaliMaeder

Selain ubi, wortel juga akan jadi sayuran favorit si Kecil. Sama seperti ubi, wortel juga memiliki rasa yang manis.

Wortel mengandung Vitamin A, B, C dan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang mereka lebih kuat. Sayuran berwarna oranye ini diketahui juga mengandung potasium, baik untuk perkembangan penglihatan bayi, dan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Sajikan wortel yang sudah dilembutkan untuk si Kecil dan hindari menambahkan apapun seperti garam atau mentega ya, Ma. Rasanya yang sudah manis akan tetap disukainya tanpa tambahan penyedap rasa.

3. Labu kuning

3. Labu kuning
Freepik/ValeriaAksakova

Labu sangat tinggi kalsium, serat dan vitamin. Mama bisa mulai memberikan buah yang satu ini sejak si Kecil berusia 6 bulan. Selain manis rasanya, labu juga memiliki daging yang sangat lembut dan mudah ditelan.

Sajikan dalam bentuk puree, dan Mama bisa menambahkan sayuran lainnya seperti brokoli, wortel atau sayuran yang lain sesuai dengan selera dan kebutuhan bayi.

Editors' Picks

4. Brokoli

4. Brokoli
Pexels

Brokoli bisa mulai diperkenalkan pada bayi saat ia memasuki usia 8 sampai 10 bulan.

Sayuran hijau ini memiliki tekstur yang sedikit lebih keras, sehingga brokoli bisa mama sajikan sebagai finger food setelah sebelumnya dikukus, atau dijadikan puree dengan menghaluskan brokoli yang telah dikukus hingga halus lalu disaring.

Brokoli mengandung serat, vitamin C, dan asam folat yang berperan penting dalam menunjang kesehatan sistem saraf  dan mencegah cacat pada bayi. Selain itu, brokoli juga mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan dan tulang pada bayi.

5. Bayam

5. Bayam
Pxhere

Selain keempat makanan diatas, sayuran yang kelima ini juga kaya akan nutrisi lho, Ma! Sayur bayam mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor dan folat.

Sayuran yang satu ini sangat dianjurkan untuk bayi dalam menunjang tumbuh kembangnya. Kandungan zat besi pada bayam berguna untuk menunjang pembentukan sel darah merah sehingga membantu mengoptimalkan perkembangan si Kecil, dan vitamin C di dalamnya berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun.

Sebagai pilihan, Mama bisa menyajikan bayam sebagai bubur saring yang lezat untuk si Kecil.

Yuk, makan Nak!

Baca juga: Fakta mengenai bayam yang sangat baik untuk MPASI

6. Pepaya

6. Pepaya
Pixabay/ 821292

Buah pepaya mudah didapat dan baik untuk si Kecil. Buah yang kaya kandungan vitamin C dan A ini bisa dicampur dalam puree, dibuat jus, atau dimakan langsung oleh si Kecil. 

Rasa manis dan dingin buah pepaya sangat disukai bayi mama. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!