9 Film Korea Bertema Sekolah dengan Berbagai Genre

Mulai dari genre romance sampai horor, semua bisa dinikmati untuk mengisi waktu luang

12 November 2021

9 Film Korea Bertema Sekolah Berbagai Genre
Freepik

Ada banyak hal sering terjadi di bangku sekolah. Mulai dari kisah kasih dengan teman, pertengkaran, hingga mengalami hal-hal berbau mistis.

Tak jarang kisah yang terjadi di sekolah dikemas dengan baik dan menarik hingga menjadi sebuah film. Hal tersebut pun sering dilakukan oleh orang-orang di Korea. 

Bahkan, film-film bertema sekolah ini ada yang mengangkat dari kisah nyata. Tentunya hal itu membuat film-film bertema sekolah banyak digemari dan mendapat rating yang tinggi hingga meraih penghargaan Internasional. 

Bagi Mama dan Anak yang memiliki banyak waktu luang dan ingin menghabiskan waktu bersama, coba tonton film Korea bertema sekolah yuk! 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa film Korea bertema sekolah yang seru dan dapat Mama nikmati bersama Anak. 

1. Student A

Mi Rae (Kim Hwan Hee) merupakan siswa SMP yang sering mendapat penindasan atau bully di sekolahnya. Ia pun diasingkan oleh semua teman-temannya.

Pahitnya kehidupan tidak sampai di sana, rumah sebagai tempatnya 'pulang' ternyata juga tidak aman. Mi Rae sering mendapat kekerasan dari orangtuanya.

Namun, ia memiliki kebahagiaan dan ketenangan hidupnya sendiri ketika bermain game online dan menulis novel.

Lambat laun, Mi Rae memiliki teman di kelas. Ia adalah Baek Hab. Siswa perempuan yang sangat menyukai novel Mi Rae.

Tetapi, ternyata Baek Hab memiliki niat jahat berteman dengan Mi Rae. Kemudian, di saat yang bersamaan, layanan permainan komputer yang biasa dimainkan Mi Rae dihentikan.

Lalu, apakah Mi Rae masih bisa menemukan ketenangan dan kebahagiaan?

2. A Stray Goat

Film A Stray Goat bercerita tentang seorang anak sekolah bernama Cho Min Shik (Park Jin Young) yang pindah dari kota ke desa yang terletak di Provinsi Gyeongsang Selatan.

Di sana ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Yang Ye Joo (Ji Woo) yang dibully dan dikucilkan di sekolah. Hal itu karena Ye Joo merupakan anak dari seorang pembunuh.

Namun, Min Sik tetap mendekati Yang Ye Joo dan menjalin pertemanan dengannya. Akan tetapi, ada suatu kejadian yang membuat keduanya akhirnya menjadi jaga jarak seara tiba-tiba. 

Bagi yang penasaran, langsung nonton yuk filmnya! 

3. On Your Wedding Day

On Your Wedding Day bercerita tentang Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang menghabiskan waktu sekolah menengahnya untuk berkelahi daripada belajar. 

Saat Woo Yeon menjalani hari-harinya di sekolah, tiba-tiba ada siswa baru bernama Seung Hee (Park Bo Young). Woo Yeon merasakan cinta pandangan pertama terhadap Seung Hee. Namun, cintanya bertepuk sebelah tangan. Seung Hee tidak menyukai Woo Yeon. 

Akan tetapi, lambat laun hati Seung Hee mencair, ia mulai menyukai Woo Yeon. Sebab,  Woo Yeon mau membantunya menjadi pacar pura-pura agar Seung Hee tak diganggu di sekolah. 

Untuk mengetahui kelanjutan hubungan keduanya, Mama dapat mengajak di Anak untuk nonton bersama di waktu senggang. Film ini sangat ringan dan mampu menghibur Mama dan Anak.

Editors' Picks

4. The Silenced  

Film ini mengambil latar sekolah dengan sistem Jepang pada tahun 1938 yang bercerita tentang Joo Ran (Park Bo Young). 

Joo Ran diminta oleh ibunya untuk pindah ke sekolah asrama dengan gaya pendidikan Jepang karena alasan kesehatannya. Dengan bersekolah di situ, sang Mama berharap kondisi fisik Joo Ran membaik. Pasalnya, Joo Ran memang punya riwayat sakit jantung. Dia nggak bisa ikut olahraga lama-lama karena bakal mempengaruhi kesehatannya.

Di asrama tersebut Joo Ran memiliki teman baru yang baik hati yaitu Yeon Duk. Keduanya sering menghabiskan waktu bersama. 

Suatu ketika, Joo Ran dan Yeon Duk memiliki pemikiran dan perasaan yang sama. Keduanya heran, mengapa satu per satu temannya banyak yang menghilang secara misterius.

Akhirnya, Joo Ran dan Yeon Duk menyelidiki masalah ini secara diam-diam.

Apakah keduanya berhasil memecahkan misteri tersebut? Langsung tonton film nya yuk, Ma! 

5. Silenced 

Kisah film Silenced bermula saat seorang guru bernama Kang In Ho (Gong Yoo) ditugaskan mengajar di sebuah sekolah khusus siswa tunarungu di Kota Mujin.

Setibanya di sana, In Ho sangat bersemangat mengajar murid-murid barunya. Namun, muridnya malah senang menyendiri bahkan menghindari In Ho. 

Melihat perlakuan para muridnya, In Ho tidak mau menyerah untuk dekat dengan mereka. In Ho menunjukkan rasa kepeduliannya hingga murid-murid di sekolah tersebut mulai terbuka dengan In Ho. 

Kedekatan antara In Ho dan muridnya menguak kasus perbuatan asusila dan tindak kekerasan yang dilakukan oknum pengajar kepada siswa perempuan.

Akhirnya, In Ho yang dibantu Seo Yoo Jin (Jung Yoo Mi), salah satu staf di sekolah itu berusaha menguak kejadian tersebut. Namun, sangat disayangkan para petinggi sekolah menutupi kasus yang terjadi.

Apakah akhirnya, In Ho berhasil mengungkap dan menyelesaikan permasalahan ini? 

Film ini akan membantu Mama lebih menjaga keselamatan anak dan lebih waspada terhadap tindakan kekerasan bisa saja terjadi kapan pun, di mana pun, dan pada siapa pun. Pasalnya, anak-anak tidak berdaya untuk melawan.

6. The Closed School 

Cerita The Closed School bermula saat Yoo Ra (Cheon Yi Seul) mengalami mimpi buruk setiap malam hingga membuatnya frustasi. 

Suatu hari, Yoo Ra bertemu dengan teman-teman saat ia masih sekolah, yakni Jin Tae, In Seok, Hye Jin, dan Seong Ho.

Saat itu Yoo Ra tiba-tiba bertanya tentang teman sekelasnya yang mati bunuh diri. Namun, tak ada satupun dari mereka yang ingat akan hal ini. 

Kemudian, Yoo Ra izin untuk pergi ke kamar mandi, tiba-tiba ia pingsan setelah melihat dirinya di cermin. Apa yang sebenarnya terjadi pada Yoo Ra?

7. Whispering Corridors 6: The Humming 

Kini Eun Hee (Kim Seo Hyung) menjadi wakil kepala sekolah di tempat ia mengenyam sekolah menengah. Sejak bekerja di sekolah ini, banyak hal aneh dan misterius yang terjadi pada Eun Hee. Ia sering kali menemukan kejadian di luar nalar yang terjadi di kamar mandi sekolahnya. 

Suatu hari, seorang siswi bernama Ha Young (Kim Hyun Soo) masuk ke kamar mandi yang sama, tempat di mana Eun Hee merasakan hal aneh. Akhirnya, kini mereka tahu tentang keanehan yang terjadi di kamar mandi ini. 

Mereka berdua akhirnya bekerja sama untuk menguak misteri di kamar mandi tersebut. Kira-kira apa yang sebenarnya terjadi? 

8. Innocent Witness

Mi Ran (Yeom Hye Ran) merupakan seorang asisten rumah tangga kakek tua yang menderita depresi akut. Suatu hari, saat Mi Ran datang ke rumah sang Kakek untuk bekerja, ia menemukan kakek tersebut sudah tidak bernyawa lagi. 

Karena Mi Ran yang pertama kali menemukan mayat tersebut, akhirnya ia didakwa kasus pembunuhan itu. 

Akhirnya, Mi Ran menyewa menyewa pengacara andal untuk membebaskannya. 

Kemudian, pengacara Mi Ran, Soon Ho (Jung Woo Sung) mulai mencari tahu kebenaran kasus tersebut. Ia terkejut saat mengetahui bahwa satu-satunya saksi mata dalam kejadian pembunuhan itu adalah Ji Woo (Kim Hyang Gi), gadis remaja pengidap asperger.

Akankah Soon Ho berhasil mendapatkan informasi tentang kasus pembunuhan ini dari Ji Woo? Siapakah pembunuh yang sebenarnya?

9. Please Don’t Save Me

Seon Yu (Cho Seo Yun), gadis berusia 12 tahun harus menghadapi kenyataan pahit karena Papanya meninggal dan meninggalkan banyak hutang. 

Tak hanya itu, ia pun mendapat tekanan dari sekolahnya. Ia selalu dianiaya oleh teman-temannya. 

Akhirnya Seon Yu memutuskan untuk pindah ke tempat baru. Seon Yu berhasil menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan dan sekolah barunya. Seon Yu menjadi murid yang cerdas. Ia pun unggul dalam bidang menggambar. 

Di saat kehidupan Seon Yu dan Mamanya kian membaik, neneknya datang ke sekolah untuk mendapatkan uang atas kematian ayah Seon Yu dan membuat keributan di sekolah.

Bagaimana cara Seon Yu menghadapi masalah baru di tengah kehidupannya yang baru saja membaik? 

Nah itulah film-film Korea bertema sekolah yang bisa Mama saksikan bersama anak-anak. Selamat menikmati ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.