5 Kandungan Skincare yang Wajib Ada untuk Atasi Jerawat Remaja

Jerawat yang membandel pada remaja bisa diatasi dengan kandungan ini nih Ma!

20 Mei 2021

5 Kandungan Skincare Wajib Ada Atasi Jerawat Remaja
Freepik/Maria.symchych

Dilansir dari greenpeople.co.uk, diperkirakan 80 persen orang mengalami jerawat ketika remaja dan kondisi kulit yang umum ini adalah bagian yang normal dari pertumbuhan.

Jerawat pada remaja dapat mengalami berbagai tingkat, mulai dari komedo dan jerawat yang menyakitkan yang dapat meninggalkan bekas luka permanen.

Meskipun merupakan kondisi yang umum, jerawat pada remaja dapat berdampak besar pada tingkat kepercayaan diri dan harga diri.

Dalam mencari perawatan kulit untuk remaja, ada beberapa kandungan yang dapat membantu mengatasi masalah kulit remaja yang berjerawat.

Agar tidak salah pilih, kali ini Popmama.com akan membahas seputar kandungan skincare yang dapat efektif mengatasi jerawat pada remaja.

Baca terus ya, Ma!

1. Willow Bark

1. Willow Bark
Freepik/Richardnazaretyan

Willow Bark merupakan sumber yang kaya akan asam salisilat alami, kandungan ini telah lama digunakan untuk meningkatkan pergantian sel kulit, menghaluskan kulit, dan menyeimbangkan produksi sebum alami kulit.

Ekstrak Willow Bark menawarkan manfaat yang sama dengan asam salisilat, tetapi tidak seperti versi sintetis yang digunakan dalam produk anti-jerawat yang umum, ekstrak ini tidak mengiritasi atau mengeringkan kulit remaja.

Selain itu Willow Bark juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu mengurangi kemerahan dan menenangkan bintik-bintik marah.

Ini juga memiliki tindakan kuat melawan bakteri pembentuk jerawat, termasuk Staphylococcus aureus dan Propionibacterium acnes, yang membantu mencegah munculnya jerawat di masa mendatang.

Editors' Picks

2. Tea Tree Oil

2. Tea Tree Oil
Freepik/Yanadjana

Tea Tree Oil atau minyak pohon teh adalah kandungan anti jerawat alami yang dikenal efektif dan telah lama digunakan untuk mengobati jerawat dan infeksi, berkat sifat antibakterinya yang kuat.

Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, minyak pohon teh ini sama efektifnya dengan benzil peroksida dalam mengobati jerawat, tetapi memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Menggunakan tea tree oil mungkin terlalu keras jika remaja memilki kulit yang sensitif. Jadi jika anak memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya pilihlah produk yang mengandung tea tree sebagai bagian dari campuran ahli bahan aktif alami.

3. Prebiotik

3. Prebiotik
Freepik/Andreyoskirko

Dilansir dari, greenpeople.co.uk, dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit remaja biasanya menghasilkan lebih banyak sebum, zat yang menjadi makanan bakteri jerawat.

Pertumbuhan berlebih dari bakteri jerawat mengganggu keseimbangan kulit yang halus, membatasi pertumbuhan bakteri yang sehat dan bermanfaat dan dapat menyebabkan berbagai gejala jerawat termasuk komedo, pustula, dan kista.

Untuk menangkal bakteri penyebab jerawat, anak perlu memperbanyak jumlah bakteri menguntungkan pada kulit.

Seperti yang Mama ketahui, prebiotik memberi makan dan mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan, membatasi bakteri jahat, dan membantu memulihkan kulit yang bersih dengan keseimbangan kulit yang lebih sehat

4. Witch Hazel

4. Witch Hazel
Healthline.com

Ekstrak Witch Hazel dihasilkan dengan distilasi uap dari ranting dan daun pohon Witch Hazel dan memiliki sifat astringent yang sangat efektif. Kandungannya dapat membantu menghaluskan pori-pori, mengontrol minyak berlebih, dan membantu mencegah pembentukan noda baru.

Kandungan Witch Hazel juga memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu remaja dalam mengurangi ukuran bintik-bintik yang ada dan menenangkan jerawat.

5. Green tea

5. Green tea
Freepik/zirconicusso

Green tea atau teh hijau tidak hanya untuk diminum, tetapi juga merupakan bahan yang ideal untuk perawatan kulit bagi remaja dengan masalah jerawat. Teh hijau kaya akan antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Ketika sebum mengalami kerusakan oksidatif, hal ini dapat menyebabkan pori-pori dan komedo tersumbat, sehingga dengan mengurangi stres oksidatif. Selain itu teh hijau juga dapat membantu mencegah pembentukan komedo dan jerawat.

Nah itulah lima kandungan yang dapat dipilih remaja untuk mengatasi masalah jerawatnya. Namun pastikan jika anak telah melakukan konsultasi dari ahli profesional atau dokter kulit, agar mengetahui apa penyebab dan apa produk skincare yang dapat digunakan oleh remaja sesuai masalahnya.

Selanjutnya jangan lupa, selalu mengingatkan anak untuk rutin melakukan perawatan kulit, agar ia dapat menjaga kesehatan kulitnya sejak dini dan menghindari masalah kulit muncul lagi di masa mendatang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.