Masker Wajah Alami untuk Kulit Remaja, Coba Buat di Rumah Yuk!

Sambil mengisi waktu #DiRumahAja, buat masker sendiri yuk!

8 Oktober 2020

Masker Wajah Alami Kulit Remaja, Coba Buat Rumah Yuk
spy.com

Salah satu kegiatan wajib seorang perempuan yaitu merawat kulit wajah. Tak hanya orang dewasa, usia remaja pun sudah bisa lho memanjakan diri mereka dengan perawatan kulit wajah yang menggunakan bahan-bahan alami. 

Tak harus keluar rumah dan mengeluarkan banyak biaya, Ma.

Yuk ajak putri Mama membuat masker berbahan dasar alami yang bisa ia gunakan untuk merawat kulit wajahnya sejak usia remaja.

Terlebih dalam kondisi pandemi yang mengharuskan banyak orang untuk tetap berada di rumah. Nah, momen ini bisa Mama dan anak manfaatkan untuk mengisi waktu luang dengan merawat kulit wajah meski sedang di rumah saja.

Untuk merawat kulit wajah anak usia remaja agar tetap terawat dari Popmama.com. Yuk coba buat masker wajah alami untuk remaja berikut ini:

1. Masker untuk mencerahkan dengan stroberi

1. Masker mencerahkan stroberi
Freepik

Jika anak Mama ingin mencerahkan kulit wajah yang kusam, ajak ia membuat masker dengan bahan dasar buah stroberi yuk!

Buah yang identik dengan warna merah ini bisa dijadikan salah satu bahan yang cocok sebagai masker wajah alami untuk kulit anak remaja. Khasiatnya pun dapat mencerahkan kulit wajah. Tak hanya mencerahkan, masker stroberi juga dapat mengencangkan pori-pori, dan membantu mengangkat sel kulit mati.

Langkah pertama yang bisa Mama dan anak lakukan adalah dengan menyiapkan 1/4 cangkir buah stroberi yang sudah dihaluskan, 1 sdm tepung beras, dan 3 sdm yogurt tanpa rasa. Kemudian aduk rata ketiga bahan tersebut sampai menjadi pasta.

Setelah bahan sudah tercampur rata, Mama bisa membantu anak untuk mengaplikasikan masker keseluruh wajah hingga lehernya. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan minimal seminggu 2 kali untuk hasil yang maksimal ya, Ma.

2. Masker timun dan yogurt untuk mencerahkan

2. Masker timun yogurt mencerahkan
Freepik

Selain buah stroberi, masker campuran timun dan yogurt ini juga kaya akan vitamin C dan K yang mampu mencerahkan kulit wajah. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup mudah didapat.

Pertama Mama memerlukan parutan setengah timun segar yang sudah dibersihkan, kemudian campurkan dengan 2 sdm yogurt tanpa rasa dan aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu, Mama bisa membantu aplikasikan masker tersebut ke seluruh wajah anak dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Editors' Picks

3. Masker untuk melembabkan dengan alpukat

3. Masker melembabkan alpukat
Freepik

Kulit anak terasa kering? Coba ajak buat masker dengan buah alpukat yuk, Ma. Resep masker ini bisa digunakan untuk merawat kulit yang kering dan mengembalikan kelembaban kulitnya.

Bahan yang digunakan pun cukup mudah. Siapkan 2 sdm alpukat yang telah dihaluskan, 2 sdm madu, 2 sdm minyak zaitun, dan 1 buah mangga yang dihaluskan. Campur semua bahan hingga tercampur rata, kemudian oleskan pada wajah dan lehernya. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas hingga bersih.

Resep masker ini diperkaya mampu menghidrasi kulit agar tetap lembab, memberikan sensasi lembut, halus, kenyal dan kandungan alpukatnya cocok untuk meredakan inflamasi pada kulit yang sensitif. Gunakan minimal seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal ya, Ma.

4. Masker untuk kulit berjerawat dengan oatmeal

4. Masker kulit berjerawat oatmeal
myrepublica.nagariknetwork.com

Resep masker alami satu ini juga cocok nih Ma untuk mengontrol minyak sekaligus mencegah jerawat pada wajah anak. Dengan penggunaan selama tiga kali seminggu, kulit wajahnya akan terlihat lebih cerah dan bebas minyak penyebab jerawat.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur 1 sdm oatmeal dan yogurt tanpa rasa, kemudian tambahkan beberapa tetes sari lemon dan aduk hingga rata.

Aplikasikan pada wajah selama 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan secara teratur untuk mendapat hasil yang maksimal ya, Ma.

5. Masker untuk menyegarkan kulit dengan pisang

5. Masker menyegarkan kulit pisang
Pinterest.com

Memiliki anak yang aktif dan banyak kegiatan tentu membuat wajahnya menjadi lebih mudah lelah. Untuk mengembalikan kesegaran wajahnya, Mama bisa membuat resep masker alami yang berbahan dasar pisang dan jeruk berikut ini.

Langkah yang bisa Mama lakukan adalah dengan menyiapkan 1 buah pisang, 1 buah jus jeruk, 1 sdm madu.

Kemudian campurkan ketiga bahan menggunakan garpu untuk menghaluskan pisang. Jika ingin cepat, Mama bisa memblender pisang agar lebih cepat dan mudah dalam menghaluskannya.

Setelah tercampur rata, aplikasikan masker keseluruh wajahnya dan diamkan 15 menit sebelum dibilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Campuran bahan-bahan ini dapat membantu mengatasi permasalahan kulit dan mampu menyegarkan kembali kulit anak yang lelah.

6. Masker untuk mergenerasi kulit dengan pepaya

6. Masker mergenerasi kulit pepaya
Freepik

Kandungan enzim papain yang terkenal pada buah pepaya ini dipercaya mampu membantu meregenerasi kulit sekaligus memutihkan kulit wajah. Kandungan vitamin A, C, dan E di dalam pepaya juga mampu bertindak sebagai antioksidan yang juga dapat mencerahkan dan melembabkan kulit.

Langkah yang bisa Mama lakukan adalah menyiapkan 1 buah pepaya ukuran kecil yang dihaluskan, kemudian tambahkan 1 sdt madu. Campur kedua bahan menjadi satu dan aplikasikan pada seluruh wajah. DIamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

7. Masker untuk menghilangkan jerawat dan komedo dengan putih telur

7. Masker menghilangkan jerawat komedo putih telur
Freepik

Resep masker satu ini tentu sudah tak asing didengar bukan, Ma? Masker dari puth telur dipercaya ampuh dalam mengatasi kulit wajah berjerawat dan komedo. Selain itu, putih telur yang kaya akan protein juga mampu mengecilkan pori-pori dan menutup sumber minyak pada kulit. Kulit pun akan terasa lebih kencang dan bebas dari jerawat serta komedo.

Bahan dan cara membuatnya pun mudah. Cukup siapkan 1 putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya, kemudian kocok hingga berbusa menggunakan garpu.

Setelah itu ambil busa dari putih telur dan aplikasikan pada wajah anak hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan hapus masker dengan handuk yang sudah direndam dengan air hangat sampai bersih dan tak berbau amis.

Itulah resep masker wajah alami untuk remaja.

Bahan di atas aman untuk digunakan untuk kulit wajah anak remaja. Tak hanya untuk kulitnya, Mama juga bisa menggunakannya lho. Jadi momen #DiRumahAja bisa lebih menyenangkan dengan memanjakan diri bersama putri tercinta. Selamat mencoba ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.