Bacaan dan Doa Tahiyat Awal, Ajarkan Pada Anak Ya, Ma!

Sedari dini orangtua yang beragama islam, perlu mengajarkan anak bacaan-bacaan salat yang benar

4 Juli 2022

Bacaan Doa Tahiyat Awal, Ajarkan Anak Ya, Ma
Popmama.com/Aristika Medinasari

Kewajiban utama seorang muslim dan muslimah, yaitu mengerjakan salat. Dalam sehari, salat dikerjakan dalam lima waktu, subuh, zuhur, ashar, maghrib, dan isya. 

Seorang muslim yang sudah baligh, berakal, bebas dari hadas besar maupun kecil wajib melaksanakan salat. Jika sudah memasuki waktu salat, seorang muslim wajib bergegas untuk melaksanakannya. Jika sedang dalam perjalanan, maka seorang muslim diizinkan untuk mengqada ataupun menjamak salatnya. 

Terdapat beberapa gerakan yang berbeda dalam salat dengan bacaan yang berbeda pula. Dalam salat terdapat tahiyat awal dan tahiyat akhir. Walaupun keduanya sama-sama merupakan gerakan tahiyat, namun bacaan dan posisi duduknya berbeda. 

Untuk lebih jelasnya, kali ini Popmama.com berikan bacaan doa tahiyat awal secara lengkap yang bisa mama ajarkan kepada anak mama yang mulai belajar salat. 

Editors' Picks

Pengertian dan posisi duduk tahiyat awal

Pengertian posisi duduk tahiyat awal
Pexels/thirdman

Tahiyat awal merupakan posisi duduk bersimpuh yang pertama atau yang dikerjakan pada rakaat kedua saat seorang muslim mengerjakan salat.

Gerakan salat pada tahiyat awal dan tahiyat akhir berbeda.  Pada duduk tahiyat awal, telapak kaki kiri diduduki dan telapak kaki kanan ditegakkan. Sedangkan pada tahiyat akhir, kaki kiri dimajukkan atau dimasukkan ke bawah betis kaki kanan da dun telapak kaki kanan ditegakkan.

Bacaan dan doa tahiyat awal beserta latinnya

Bacaan doa tahiyat awal beserta latinnya
Popmama.com/Aristika Medinasari

Bacaan dan doa pada tahiyat awal berbeda dengan tahiyat akhir. Bacaan dan doa tahiyat awal, sebagai berikut:

Bacaan dan doa tahiyat awal dalam bahasa Arab

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهدُ اَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
Bacaan dan doa tahiyat awal dalam bahasa latin

At-tahiyyaatul mubaarakatush shalawaatuth thayyibaatulillaahi. Assalaamu 'alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. Assalaamu 'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish-shaalihiina.

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaahi.

Arti bacaan tahiyat awal hingga salam salat

Arti bacaan tahiyat awal hingga salam salat
Pexels/thirdman

Segala kehormatan, keberkahan, rahmat dan keselamatan, serta kebaikan hanyalah kepunyaan Allah. Keselamatan, rahmat, dan berkah dari Allah semoga tetap tercurah atasmu, wahai Nabi Muhammad. Keselamatan, rahmat, dan berkah dari Allah semoga juga tercurah atas kami, dan juga atas seluruh hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah."

Itu dia bacaan doa tahiyat awal dalam salat. Setiap bacaan salat harus dibaca dengan baik dan benar, supaya tidak menimbulkan adanya perubahan makna yang tidak disadari. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk