Selain Diucapkan, 7 Cara Menunjukkan Rasa Kasih Sayang pada Anak

Selain "Mama sayang kamu", ada tindakan menunjukkan rasa kasih sayang pada anak dengan tepat

26 November 2021

Selain Diucapkan, 7 Cara Menunjukkan Rasa Kasih Sayang Anak
Freepik/Prostooleh

Setiap orangtua tentu ingin memberikan banyak cinta kasih kepada anak-anak mereka. Namun, sebanyak apapun orangtua memiliki cinta terdalam dan tak terbayangkan untuk anak, ini bisa menjadi tidak tersampaikan dengan tepat, jika anak tidak tahu bagaimana perasaan Mama yang sebenarnya tentang mereka.

Perlu diketahui bahwa anak-anak memiliki bahasa cinta yang berbeda dari orang dewasa. Sehingga setiap orangtua harus belajar membuat anak merasa dicintai dengan benar. Tak hanya dari indera pendengaran saja, anak-anak mampu merasakan kasih sayang ini menggunakan semua indera mereka.

Untuk mengungkapkan rasa kasih sayang pada anak dengan tepat, berikut Popmama.com telah merangkum tujuh cara yang dapat menunjukkan kepada anak, bahwa Mama menyayanginya.

1. Tunjukan kasih sayang dengan kontak fisik yang konsisten

1. Tunjukan kasih sayang kontak fisik konsisten
Freepik/Rawpixel-com

Kontak fisik yang konsisten membantu menciptakan ikatan yang erat dengan anak. Ditengah kesibukan setiap harinya, jangan lupa untuk untuk memeluk dan mencium pipi anak secara teratur.

Saat anak mengantuk, Mama juga bisa menawarkan anak apakah ia ingin dibacakan cerita atau sekadar menemaninya dan bercerita tentang aktivitas seharian. Walaupun Mama mungkin menganggap cara ini kekanak-kanakan, ini membuat anak tidak hanya merasa aman tetapi juga sangat dicintai.

Manfaatkan momen berharga seperti ini saat anak berusia muda, karena saat ia sudah beranjak remaja dan dewasa, ini mungkin akan berhenti.

2. Jadilah pendengar yang baik

2. Jadilah pendengar baik
Freepik/Olganosova

Setiap anak memiliki ceritanya masing-masing, apakah itu cerita menyenangkan tentang mendapatkan nilai 100 di sekolah atau cerita sedih karena musim hujan membuatnya tak bisa bermain di luar. Memberi perhatian pada anak saat ia bercerita menunjukkan bahwa Mama tertarik dan peduli dengan apa yang anak katakan.

Tunjukkan perhatian penuh Mama kepadanya dengan mengabaikan semua yang dilakukan, dan beri waktu satu atau dua menit sambil mempertahankan kontak mata.

Jika cerita bercerita seputar hal yang menyenangkan, tunjukkan antusiasme Mama. Ini juga perlu dilakukan saat anak mungkin mendiskusikan dinosaurus, unicorn, atau apa pun yang mereka sukai.

Jika ini adalah pengalaman yang buruk, jelaskan kepada anak bahwa Mama merasa sedih atau menyesal telah mendengarnya, dan minta anak untuk mengingatkan Mama agar membantunya menindaklanjuti masalah tersebut di kemudian hari.

Editors' Picks

3. Minta bantuan anak untuk melakukan tugas rumah

3. Minta bantuan anak melakukan tugas rumah
Pexels/Gustavo Fring

Cara selanjutnya untuk menunjukkan rasa kasih sayang Mama pada anak adalah dengan meminta bantuannya untuk melakukan tugas rumah tangga. Cara ini juga sambil memberikan Mama kesempatan untuk mengajari anak tentang hal-hal baru juga.

Setelah meminta anak membuang sampah, menyapu ruang keluarga, atau mengatur meja makan, beri tahu anak betapa Mama menghargai upayanya dalam menjaga rumah berjalan lancar. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada anak karena telah membantu Mama melakukan tugas rumah.

Selain itu Mama juga bisa membuat anak merasa dibutuhkan di rumah, misalnya dengan meminta anak mengajari Mama kata baru yang trendi atau karena mengunduh aplikasi yang berguna di ponsel.

4. Membuat rutinitas rahasia bersama anak

4. Membuat rutinitas rahasia bersama anak
Freepik

Membuat rutinitas rahasia yang hanya untuk dilakukan Mama dan anak, dapat membuatnya  merasa istimewa dan dicintai.

Karena ini bersifat 'rahasia', setiap anak mama perlu memiliki ikatan khusus dengan Mama, karena anak menganggap bahwa ini adalah rutinitas yang tidak akan Mama lakukan dengan orang lain, bahkan ini termasuk saudara kandungnya. 

Rutinitas rahasia ini bisa berupa jabat tangan rahasia, mengirim pesan memo satu sama lain, atau waktu rahasia di mana Mama dan anak dapat menghabiskan waktu berdua bersama.

5. Tunjukkan ketertarikan pada sesuatu yang anak sukai

5. Tunjukkan ketertarikan sesuatu anak sukai
Freepik/Pch.vector

Meskipun Mama mungkin bukan penggemar berat koleksi mobil-mobilan terbaru seperti anak mama, menunjullam ketertarikkan pada apa yang anak sukai, dapat memperlihatkan betapa berartinya anak bagi Mama.

Berhati-hatilah dan ajukan pertanyaan saat anak menjelaskan cara bermain video game, sambil meminta bantuan untuk mempelajari permainan. Anak akan merasa bahwa mereka cukup penting dan pandai dalam melakukan sesuatu, yang membuat Mama mendedikasikan waktu berharga untuk bersamanya.

6. Memberikan anak kesempatan untuk mengekspresikan diri dan pendapatnya

6. Memberikan anak kesempatan mengekspresikan diri pendapatnya
Freepik/Kuprevich

Bagian besar dari menunjukkan cinta tanpa syarat kepada anak adalah dengan memberikannya ruang yang aman untuk mengekspresikan diri dengan bebas. Penting untuk menahan keinginan seperti mendukung ekspresi diri anak jika itu positif, dan menghakimi ketika anak menunjukkan ekspresi yang negatif.

Meskipun cukup umum bagi orangtua untuk mendikte apa yang harus dilakukan, dirasakan, dikenakan, dimakan oleh anak, dengan bertanya pada anak apa yang ia inginkan dapat membuatnya merasa diberdayakan, dihormati, dan dicintai.

Sebaliknya, jadilah suportif, bicarakan berbagai hal, mulai dari apa yang harus dimakan untuk makan malam, ke mana harus pergi berlibur, atau hewan peliharaan apa yang harus dibeli, Kemudian ciptakan hubungan saling percaya dengan anak.

Dengan cara ini, anak akan datang secara alami saat ia membutuhkan Mama.

7. Lakukan hal sederhana untuk anak

7. Lakukan hal sederhana anak
Freepik/Teksomolika

Meskipun ini mungkin tampak tidak penting, melakukan hal-hal kecil untuk sahabat kecil mama di rumah memiliki dampak yang hangat dan luas padanya. Hal ini sesederhana merapikan tempat tidurnya atau membersihkan kamarnya sesekali, meskipun itu adalah bagian dari tugas anak setiap hari.

Selain itu, Mama juga bisa mengajak anak keluar untuk kunjungan kejutan ke toko kue favoritnya. Atau dengan kejutan-kejutan kecil seperti, menyembunyikan mainan baru di bawah selimut kamar tidur anak.

Tindakan kecil seperti ini dapat membuat anak merasa dicintai.

Nah itulah beberapa cara menunjukkan kasih sayang pada anak. Selain daftar di atas, ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang pada anak. Maka itu, pelajari apa yang membuat anak merasa istimewa dan dicintai, dan lakukan itu untuknya.

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.