Selain Hias Telur, 12 Tradisi Paskah Ini Dirayakan di Berbagai Negara

Selain menghias telur banyak tradisi lainnya yang dilakukan ketika Paskah bersama si Kecil

2 April 2021

Selain Hias Telur, 12 Tradisi Paskah Ini Dirayakan Berbagai Negara
Freepik/Pvproduction

Paskah merupakan hari raya umat Kristen yang umumndirayakan setiap tahunnya untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristen sejak penyalibannya di Golgota. Pada tahun ini, Paskah dirayakan pada tanggal 4 April 2021.

Perayaan Paskah pada umumnya identik dengan anak yang menghias telur dan mencarinya di sekeliling rumah atau gereja. Namun tahukah anak mengapa telur seringkali dikaitkan dengan Paskah?

Dalam agama Kristen, telur adalah simbol kebangkitan Yesus, dan menghiasnya menandai akhir periode penebusan dosa dan puasa yang dikenal sebagai musim Prapaskah.

Tak hanya itu saja, beberapa negara lainnya memiliki tradisi unik saat merayakan Paskah. Popmama.com kali ini akan membahas tradisi Paskah di 12 negara berbeda di seluruh dunia.

Yuk beritahu anak tentang hal menarik ini!

1. Bermuda

1. Bermuda
Twitter.com/Cocoreefbermuda

Merayakan Paskah adalah acara akhir pekan di pulau Bermuda, Inggris. Perayaan Paskah ini dimulai Jumat dengan Good Friday KiteFest, dinikmati oleh penduduk lokal dan pengunjung.

Menurut Go to Bermuda, masyarakat yang ingin merayakan dapat mengunjungi beberapa bagian pulau untuk membawa dan menerbangkan layang-layang buatan mereka yang berwarna cerah.

Seringkali mereka menunjukkan layang-layang dengan desain geometris. Sepanjang akhir pekan, masyakarakat Bermuda mengonsumsi ikan cod dan roti hot cross tradisional. Dan pada hari Minggu Paskah, masyarakat menghadiri kebaktian pada matahari terbit yang diadakan di berbagai wilayah di seluruh pulau.

2. Antigua, Guatemala

2. Antigua, Guatemala
Latimes.com

Menurut Condé Nast Traveler, Antigua di Guatemala selatan menutupi jalan-jalannya dengan karpet warna-warni sepanjang Pekan Suci sebagai persiapan untuk prosesi Jumat Agung. Karpet panjang yang terbuat dari bunga, serbuk gergaji berwarna, buah-buahan, sayur mayur, dan pasir.

Masyarakat Antigua, khususnya seniman-seniman sering menunjukkan berbagai adegan yang menunjukkan peristiwa penting, mulai dari agama hingga tradisi Maya hingga alam dan sejarah Guatemala. Pertunjukan ini dilakukan.

3. Meksiko

3. Meksiko
Hotelmousai.com

Perayaan Paskah di Meksiko berbeda-beda menurut wilayah selama rentang dua minggu, yaitu pad minggu menjelang Paskah dan minggu setelahnya.

Di wilayah Taxco, ada peragaan fisik Pekan Suci. Menurut Journey Mexico, tradisi Meksiko lainnya adalah Burning of the Judases (Pembakaran Para Judas) di mana masyarakat membuat Papier-mâché Judases, atau raksasa yang diledakan dengan kembang api.

Di sisi lain, menurut The Culture Trip mengatakan bahwa beberapa daerah lebih memilih perayaan yang lebih sederhana, seperti prosesi diam-diam di kota atau mengunjungi 12 gereja dalam 12 hari.

4. Florence, Italia

4. Florence, Italia
Lovefromtuscany.com

Di Florence, penduduk setempat merayakan tradisi Paskah berusia 350 tahun yang dikenal sebagai Scoppio del Carro, atau "ledakan gerobak".

Sebuah gerobak yang berhiaskan ornamen dan dipenuhi kembang api dibawa melalui jalan-jalan kota oleh masyarakat yang menggunakan kostum abad ke-15 yang penuh warna sebelum berhenti di luar Duomo.

Uskup Agung Florence kemudian menyalakan sekering selama misa Paskah yang mengarah ke luar ke gerobak dan memicu pertunjukan kembang api yang meriah. Makna di balik kebiasaan tersebut berasal dari Perang Salib Pertama. Menurut Visit Florence, perayaan ini dimaksudkan untuk memastikan panen yang baik.

5. Finlandia

5. Finlandia
Gofinland.fi

Anak-anak di negara Skandinavia ini berdandan seperti penyihir dan pergi meminta telur cokelat di jalan dengan wajah dan syal rias di kepala mereka, membawa tandan ranting willow yang dihiasi bulu.

Di beberapa bagian Finlandia Barat, masyarakat mulai membakar api unggun pada hari Minggu Paskah, sebuah tradisi masyarakat yang berakar dari keyakinan bahwa nyala api tersebut mengusir penyihir yang terbang berkeliling dengan sapu ketika Jumat Agung dan Minggu Paskah.

Editors' Picks

6. Haux, France

6. Haux, France
Time.com

Garpu menjadi benda yang tidak boleh ditinggal saat berada di kota Prancis Selatan ini pada Senin Paskah. Setiap tahun, telur dadar raksasa disajikan di alun-alun utama kota.

Menurut Atlas Obscura, telur dadar raksasa tersebut menggunakan lebih dari 15.000 telur dan memberi makan hingga 1.000 orang. Ceritanya, ketika Napoleon dan pasukannya melakukan perjalanan melalui selatan Prancis, mereka berhenti di sebuah kota kecil dan makan telur dadar.

Napoleon sangat menyukainya sehingga ia memerintahkan penduduk kota untuk mengumpulkan telur mereka dan membuat telur dadar raksasa untuk pasukannya keesokan harinya.

7. Corfu, Yunani

7. Corfu, Yunani
Inews.co.uk

Menurut Reuters, pada Sabtu Suci pagi, "melempar pot" tradisional berlangsung di pulau Corfu Yunani. Masyarakat kemudian melempar panci, wajan, dan tembikar lainnya yang sering kali berisi air keluar dari jendela mereka, menghancurkannya di jalan.

Kebiasaan itu dikatakan berasal dari orang Venesia, yang pada Hari Tahun Baru biasa membuang semua barang lama mereka. Beberapa masyarakat juga percaya melempar pot menyambut musim semi, melambangkan tanaman baru yang akan dikumpulkan di pot baru.

8. Kota Vatikan

8. Kota Vatikan
Catholicoutlook.org

BBC mengatakan, pada Jumat Agung, Paus memperingati Jalan Salib, yang dimulai di Colosseum. Masyarakat yang menghadiri prosesi tersebut memegang lilin dan berjalan di sekitar amfiteater hingga ke Palatine Hill, dan berhenti 14 kali di sepanjang jalan untuk mewakili 15 Stations of the Cross.

Misa dirayakan pada malam Sabtu Suci, dan pada Minggu Paskah, ribuan pengunjung berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk menunggu berkat Paus dari balkon gereja, yang dikenal sebagai "Urbi et Orbi" ("Ke Kota dan Dunia ").

9. Verge, Spanyol

9. Verge, Spanyol
Catalunya.com

Pada Kamis Putih di kota Abad Pertengahan Verges, Spanyol, "dansa de la mort" atau "tarian kematian" tradisional dipertunjukkan. Menurut situs resmi Costa Brava, wilayah pesisir Span tempat Verges berada.

Untuk memerankan kembali adegan-adegan dari Passion, semua orang mengenakan kostum kerangka dan parade di jalanan. Prosesi itu diakhiri dengan kerangka yang membawa sekotak abu. Tarian tersebut dimulai pada tengah malam dan berlanjut selama tiga jam hingga pagi hari.

10. Washington DC

10. Washington DC
Vox.com

Selama lebih dari 130 tahun, Gedung Putih telah menyelenggarakan Easter Egg Roll di area South Lawn-nya. Kegiatan utamanya adalah menggulung telur rebus berwarna dengan sendok saji besar, tetapi acara tersebut saat ini menawarkan lebih banyak hiburan, seperti grup musik, berburu telur, olahraga, dan kerajinan tangan.

11. Hungaria

11. Hungaria
Hungarianinsider.com

"Sprinkling," sebuah tradisi Paskah Hungaria yang populer. Menurut situs web ItsHungarian yang berbasis di Hongaria, acara tersebut dirayakan pada Senin Paskah, yang juga dikenal sebagai "Ducking Monday."

Anak laki-laki dengan bercanda memercikkan parfum atau air wangi pada anak perempuan setelah mendapatkan izin orangtuanya untuk melakukannya. Sedangkan remaja muda biasanya menuangkan ember berisi air ke atas kepala remaja perempuan, tetapi sekarang mereka menyemprotkan parfum, cologne atau hanya air biasa.

Masyarakat ini dulu percaya bahwa air memiliki efek pembersihan, penyembuhan, dan pemicu kesuburan.

12. Yerusalem

12. Yerusalem
Cushtravel.com

Bertempat di kota tempat diyakini Yesus disalibkan, umat Kristiani merayakan Jumat Agung dengan berjalan di jalan yang sama yang Yesus lakukan pada hari ia disalibkan. Masyarakat melakukan hal tersebut untuk merasakan rasa sakit Yesus pada hari yang menentukan itu.

Bahkan beberapa dari mereka yang berpartisipasi memikul salib untuk mengenangnya. Pada Minggu Paskah, banyak peziarah menghadiri kebaktian gereja di Garden Tomb, di aman adalah area tempat Yesus dikuburkan.

Nah itulah beberapa perayaan dan tradisi Paskah di berbagai belahan dunia. Mama bisa memberitahu anak bahwa berbagai negara memiliki keunikannya masing-masing dalam merayakan hari Kebangkitan Yesus Kristus.

Perayaan apa yang telah Mama dan anak siapkan untuk hari Paskah nanti?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.