Jus Kemasan Tidak Selamanya Baik, Ganti dengan Ini Yuj, Ma!

Memang praktis, tapi ternyata efeknya tidak bagus, Ma

13 April 2019

Jus Kemasan Tidak Selama Baik, Ganti Ini Yuj, Ma
Commons.wikimedia.org

Jus buah yang kemasan sering jadi alternatif tercepat untuk memberikan porsi buah harian si Kecil. Sayangnya, kandungan gula di dalam jus tersebut terlalu tinggi dan bisa membahayakan kesehatan anak jika dikonsumsi secara rutin.

Menurut Dinas Kesehatan AS, bayi sampai berumur 1 tahun tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi jus kemasan. Sedangkan balita berumur 1-3 tahun hanya boleh mengonsumsi 100 ml per hari.

Untuk anak berumur 4-6 tahun maksimal hanya boleh mengoonsumsi 150 ml per hari. Anak berumur 7-18 tahun maksimal 300 ml jus kemasan per hari.

Apa efeknya?

Gula dan karbohidrat yang berlebih bisa berujung pada obesitas dan kerusakan gigi anak. Daripada memberikan jus kemasan, lebih baik memberikan pilihan lainnya. Disusun Popmama.com, inilah pilihan lain yang lebih sehat daripada jus kemasan:

1. Buah segar

1. Buah segar
Pixabay/silviarita

Tidak semua anak senang dengan buah segar. Seringnya, mereka hanya suka beberapa buah saja dan cenderung tidak mau mencoba buah lainnya.

Untuk menyiasatinya, Mama bisa memotong buah menjadi bentuk-bentuk menarik agar mereka tertarik mencoba. Buah segar memiliki serat yang dibutuhkan tubuh, dan tentu lebih rendah gula dibanding jus kemasan.

2. Jus murni

2. Jus murni
Pexels/Pixabay

Jika memang ingin menyajikan jus dalam keseharian si Kecil, usahakan untuk mencari yang 100 persen buah dan tanpa pemanis tambahan. Mama bisa memilih coldpressed juice atau jus murni.

Kalau ingin membuat sendiri di rumah, gunakan buah seutuhnya tanpa gula. Kombinasikan buah baik yang asam dan manis untuk memberikan rasa yang sesuai.

Editors' Picks

3. Berikan smoothies

3. Berikan smoothies
curaloe.com

Mirip dengan jus buatan sendiri, Mama bisa membuat smoothies sendiri. Tentu dengan memotong penggunaan gula. Mama bisa menggunakan pisang atau buah naga untuk rasa manis dan tekstur smoothies.

Smoothies juga bisa ditambahkan susu rendah gula untuk memaksimalkan asupan nutrisi si Kecil.

4. Masukkan dalam sereal

4. Masukkan dalam sereal
realmomnutrition.com

Alternatif lainnya adalah memasukkan buah dalam sereal si Kecil. Jika mereka suka sereal dengan susu, tak ada salahnya menambahkan jeruk, stroberi, atau pisang ke dalam mangkoknya.

Potonglah kecil-kecil untuk menyamarkan rasa. Sehingga lidah mereka tidak terlalu kaget jika merasakan buah di dalam serealnya.

Banyak cara untuk menyajikan buah sehat pada si Kecil tanpa harus memberikan jus kemasan. Mama pilih yang mana?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!