Menyambut Ramadan, Ketahui Hukum Puasa untuk Anak Balita Yuk!

Ajarkan puasa sejak dini, ini hukum anak balita yang berpuasa

24 Maret 2021

Menyambut Ramadan, Ketahui Hukum Puasa Anak Balita Yuk
Pexels/Gabby K

Kurang dari satu bulan umat Islam akan menyambut bulan Ramadan nih, Ma. Meski masih dalam kondisi pandemi yang tak kunnjung usai, tentunya bulan penuh pengampunan yang dinantikan oleh seluruh umat Islam ini selalu menjadi momen haru dan membahagiakan.

Pada bulan penuh ampun ini, umat Islam diperintahkan untuk menjalani ibadah puasa yang hukumnya wajib untuk dikerjakan.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayah 183 yang artinya:

Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.

Meski diwajibkan untuk seluruh umat Islam dan penting mengajarkan anak berpuasa sejak usia dini. Namun ketahui dulu hukum berpuasa yang akan dikerjakan si Kecil yu, Ma.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai hukum puasa bagi anak-anak.

Editors' Picks

1. Anjuran berpuasa untuk seluruh umat Islam

1. Anjuran berpuasa seluruh umat Islam
Freepik/rawpixel.com

Dalam firman Allah SWT pada surat Al-Baqarah yang sudah disebutkan di atas, seluruh umat Islam memang diwajibkan menjalankan ibadah puasa, Ma.

Namun meski demikian, ada beberapa orang yang tidak berkewajiban melakukan puasa. Di antaranya perempuan yang tengah datang bulan atau haid, orang gila, serta anak kecil.

Sebagaimana dijelaskan dalam buku Quran Answer 101 oleh Dewan Pakar Pusat Studi Alquran Faizah Ali Sibromalisi terkait keagamaan sehari-hari, anak yang belum menginjak usia baligh belum diwajibkan berpuasa kok, Ma.

2. Anjuran berpuasa bagi anak kecil

2. Anjuran berpuasa bagi anak kecil
Pixabay/ambroo

Meski anak balita hukumnya tak wajib, namun sebaiknya tetap diajarkan berpuasa sejak dini, Ma. Tak perlu mengikuti waktu penuh seperti orang dewasa, lakukan semampu yang anak mama bisa ya!

Dilansir dari laman NU online, Abdul Wahab As-Sya’rani menjelaskan:

Ulama sepakat anak kecil yang tidak mampu puasa dan orang gila permanen tidak diwajibkan puasa. Tapi anak kecil diminta puasa bila berumur tujuh tahun dan dipukul bila tidak mau puasa ketika umur sepuluh tahun.

Dalam paparan tersebut dijelaskan, anjuran berpuasa bagi anak kecil sama dengan anjuran menunaikan ibadah salat, Ma. Jadi meski sifatnya tidak wajib, tetap perlu diajarkan agar anak terbiasa melakukan saat usianya sudah cukup dan sudah mampu menjalankan ibadah puasa.

3. Hal yang perlu diperhatikan ketika mengajarkan anak berpuasa

3. Hal perlu diperhatikan ketika mengajarkan anak berpuasa
Pexels/Gabby K

Idealnya, anak kecil yang sudah berada di usia 5 tahun ke atas sudah bisa diajarkan berpuasa. Namun, tak sedikit pula orangtua yang melatih anaknya berpuasa meski usianya masih di bawah 5 tahun. Tentunya dengan memerhatikan beberapa hal sebelumnya ya, Ma!

Pertama adalah pastikan anak tetap terhidrasi. Orang dewasa saat berpuasa jauh lebih kuat dibanding anak-anak, untuk itu pastikan si Kecil agar tidak dehidrasi dan ajarkan mereka berpuasa semampunya ya, Ma.

Selain tetap menjaga tubuhnya terhidrasi dengan baik, pastikan juga asupan nutrisi anak terpenuhi, Ma. Misalnya dengan memberikan makanan sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi agar tumbuh kembang anak tetap berjalan secara optimal.

Setelah itu, pastikan kondisi tubuh si Kecil fit dan siap mengikuti ibadah puasa ya, Ma. Dengan begitu anak mama pun akan menjalani puasa dengan penuh suka cita dan terbiasa melakukannya hingga besar nanti.

Itu tadi penjelasan mengenai hukum puasa bagi anak-anak. Jadi, secara hukum Islam, anak usia balita atau yang belum memasuki usia baligh hukumnya tidak wajib, Ma. Namun jika ingin melatih anak berpuasa sejak dini, sah-sah saja kok! Namun tetap perhatikan aspek di atas ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.