Bukan Karena Warna Kulit, Ini Penyebab Anak Tampak Pucat Setiap Saat

Bedakan antara warna kulit putih dengan pucat ya, Ma.

7 April 2019

Bukan Karena Warna Kulit, Ini Penyebab Anak Tampak Pucat Setiap Saat
pexels.com/Free-Photos

Tiap anak dilahirkan dengan warna kulitnya masing-masing. Ada yang memang punya bawaan warna kulit sangat putih, walau berada di bawah sinar matahari. 

Namun, banyak orang yang salah menanggapi antara warna kulit putih dengan pucat. Namun, jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda kulit dan bibir yang pucat, Mama perlu mencari tahu mengapa kondisi ini bisa terjadi. 

Dilansir dari livestrong.com, berikut beberapa alasan di balik mengapa anak selalu tampak pucat.
 

1. Pucat yang disebabkan karena perubahan suhu

1. Pucat disebabkan karena perubahan suhu
pexels.com/Min An

Faktanya, sebagin anak di dunia memang dikaruniai kulit putih alami dan semakin tampak pucat di musim dingin atau hujan. Perubahan suhu bisa menjadi penyebabnya. Ini diakibatkan kurangnya paparan sinar matahari yang diterima tubuh selama musim tersebut.

Untuk menentukan apakah penyebab sesungguhnya, sebaiknya Mama memeriksa telapak tangan si Kecil. Pada umumnya telapak tangan tidak terpengaruh oleh paparan sinar matahari. Tak hanya itu, telapak tangan juga merupakan indikator yang baik untuk mengetahui apakah anak pucat karena perubahan suhu atau karena sebab lain. 

Editors' Picks

2. Anemia atau Kekurangan zat besi

2. Anemia atau Kekurangan zat besi
pexels.com/Min An

Penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh atau dikenal dengan anemia juga dapat menjadi penyebab seorang anak tampak pucat.

Penyakit anemia pada anak kerapkali dialami oleh bayi berusia 6 bulan yang terlahir prematur karena belum sempat membangun cadangan zat besi dalam tubuhnya.

Akibatnya, tanpa zat besi yang cukup tubuh tidak dapat menghasilkan jumlah sel darah merah sesuai dengan jumlah normalnya. 
 

3. Pucat karena kondisi medis

3. Pucat karena kondisi medis
pexels.com/Đàm Tướng Quân

Tak hanya karena penurunan produksi darah merah, pucat pada anak juga dapat disebabkan karena berbagai kondisi medis lainnya.

Misalnya saja terjadinya infeksi parah, penyakit ginjal atau hati atau leukemia. Sedangkan dalam kondisi lainnya, seperti talasemia, anemia disebabkan oleh kerusakan berlebihan pada sel darah merah dalam tubuh. 

Selain ketiga hal di atas, anak yang tampak pucat setiap saat bisa jadi karena mengalami sedikit darah yang mengalir ke kulitnya. Secara umum hal ini disebabkan karena dehidrasi dan tekanan darah rendah yang dibarengi dengan beberapa gejala seperti pingsan, pusing, atau tampak lesu. Jika tanda-tanda tersebut sering dialami oleh sang Buah Hati, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!