7 Buah untuk Mengatasi Bibir Anak yang Sering Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering yang menganggu anak dapat diatasi dengan buah-buahan ini lho, Ma

14 Mei 2021

7 Buah Mengatasi Bibir Anak Sering Kering Pecah-Pecah
Freepik/user18526052

Apakah Mama pernah menemukan bibir si Kecil terlihat kering dan pecah-pecah?

Jika iya usahakan untuk tidak membiarkannya ya, Ma. Sebab meski terlihat tidak berbahaya ini dapat menganggu, bahkan membuat bibir kering si Kecil menjadi luka dan membuat anak kesulitan berbicara atau makan.

Mungkin kini Mama bertanya-tanya, apa penyebabnya?

Bibir kering terjadi akibat hal sederhana, seperti perubahan cuaca, pola makan anak yang terganggu dan juga kondisi bibir si Kecil yang lebih sensitif dibandingkan dengan bibir orang dewasa. 

Makanan menjadi salah satu hal yang memengaruhi kondisi ini.

Si Kecil yang tidak memperoleh nutrisi yang  cukup dan mengalami dehidrasi dapat mengalami bibir kering.

Meski begitu, memperbaiki pola makan melalui konsumsi buah-buahan dapat menjadi salah satu cara mengatasi bibir kering. 

Vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam buah membantu melembabkan dan mengatasi bibir kering anak hingga kembali seperti semula. Popmama.com akan memberikan informasi mengenai 7 buah untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah si Kecil, yuk perhatikan!

1. Jeruk

1. Jeruk
Pexels.com/prathsnap

Buah jeruk dikenal sebagai buah sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Sejumlah manfaat dari jeruk dapat membantu tubuh terjaga dari berbagai penyakit, termasuk dari bibir kering. 

Vitamin C dalam jeruk sendiri sebenarnya memiliki peran terhadap pembentukan kulit yang sehat. Vitamin C dalam jeruk juga aktif dalam pembentukan kolagen kulit lho. Mengonsumsi buah jeruk juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang membantu mengatasi bibir kering akibat penyakit. 

Anak-anak mama dapat mengonsumsi buah jeruk dengan cara di jus dengan gula secukupnya ataupun dimakan langsung untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh setiap harinya. 

2. Lemon

2. Lemon
Pexels/fotios-photos

Rasanya tidak heran lagi jika lemon menjadi salah satu buah yang dapat membantumu mengatasi bibir kering si Kecil mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki buah kuning dan asam ini. 

Serupa seperti jeruk, lemon kaya akan kandungan vitamin C-nya. Vitamin C tersebut tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh anak mama, tetapi juga untuk meluruhan kulit kering dan sel-sel kulit mari, sekaligus membersihkan juga melembabkan kulit bibir.  

Vitamin C tinggi dalam lemon seringkali dapat mengakibatkan bibir anak perih ketika mengonsumsinya. Untuk menghindari hal tersebut, Mama dapat mencampurkan lemon dengan madu dan mengoleskannya ke bibir untuk menghidrasi bibir kembali.

Editors' Picks

3. Beri

3. Beri
Freepik/topntp26

Melansir dari healthline.com, buah beri seperti stroberi, bluberi, atau rasberi dipercaya sebagai salah satu obat alami bibir kering dan pecah-pecah. Bukan hanya efektif, buah beri ini pun memliki rasa manis yang pastinya disukai si Kecil. 

Beberapa jenis buah beri memang dikenal sebagai sumber antioksidan, vitamin C dan beta karoten yang baik untuk kesehatan kulit dan bibir. Buah beri juga memiliki kemampuan alami untuk melembabkan kulit menjadi lembut kembali.

Mama juga dapat membuat ramuan pemerah bibir alami menggunakan buah beri ini. Cukup mencampurkan dan haluskan buah beri tersebut dengan madu juga lidah buaya. Setelahnya oleskan campuran tersebut ke permukaan bibir dan diamkan selama 10 menit. Lakukan perawatan ini agar bibir si Kecil kembali lembab dan merah merona secara alami. 

4. Kelapa

4. Kelapa
Unsplash/Tijana Drndarski

Tidak hanya buah-buahan seperti jeruk atau stroberi saja yang dapat membantu mengatasi bibir kering. Faktanya kelapa juga memiliki khasiat tersebut lho Ma.

berbeda denagn buah-buahan sebelumnya, yang dimanfaat dari kelapa untuk mengobati bibir kering anak ialah minyaknya. Mama dapat menggunakan minyak kelapa yang telah jadi atau membuatnya sendiri kemudian mengoleskannya pada bibir anak jika mulai mengering. 

Pada minyak kelapa terdapat kandungan asam lemak yang mampu menyembuhkan, mencerahkan bibir gelap, dan melembapkan kulit kering yang terjadi akibat kekurangan cairan atau kadar minyak.

5. Delima

5. Delima
Unsplash/Arjun Kapoor

Buah delima pun dapat menjadi pilihan lain untuk mengatasi bibir kering dan berwarna merah pada anak mama. Delima sendiri memiliki kandungan Anthocyanin dan antioksida polifenol yang membantu mencerahkan bibir juga mampu menangkal serangan radikal bebas pada kulit. 

Mama dapat memakai buah delima sebagai obat alami bibir kering dengan cara dihaluskan hingga teksturnya berubah menjadi kental. Setelahnya, oleskan pada bibir anak yang kering. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Ada juga cara lain yang dapat Mama lakukan yaitu dengan mencampurkan dan menghaluskan buah delima dengan beberapa irisan jeruk. Lalu masukkan campuran tersebut ke dalam wadah cetakan es dan dinginkan di kulkas.

Biarkan hingga menjadi es batu. Jika sudah, ambil satu bongkahan campuran tadi dan gosokanlah pada permukaan bibir. Lakukan hal ini secara rutin di pagi hari agar memperoleh hasil yang maksimal. 

6. Tomat

6. Tomat
Pixabay/Anelka

Tahu tidak Ma, jika sebenarnya buah tomat juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin C. Maka tidak heran tomat menjadi salah satu obat bibir kering anak yang alami dan dapat kamu gunakan. 

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam tomat juga membuatnya berkhasiat melembapkan kulit bibir dan menjaga kelembapannya, seperti jeruk dan juga stroberi. 

Untuk menggunakannya sebagai pelembab bibir alami, Mama dapat mengambil sepotong irisan tipis tomat lalu mengoleskannya pada bibir anak dengan gerakan memijat. Kamu dapat menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut agar memperoleh hasil yang lebih masksimal. 

7. Alpukat

7. Alpukat
Pexels/Ready Made

Buah hijau satu ini dikenal memiliki berbagai manfaa, tapi siapa sangka jika salah satu manfaatnya ialah dapat membantu mencerahkan dan mengatasi bibir kering. 

Buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Sebab alpukat sendiri kaya akan berbagai nutrisi, seperti vitamin C dan E yang tinggi kandungan aktioksidannya. Sehingga tubuh akan menghasilkan lebih banyak elastin dan kolagen yang menjaga kulit.

Mama dapat mencerahkan bibir anak dengan cara mengoleskan adonan alpukat halus alpukat ke permukaan bibir yang kering.

Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Selain cara tersebut, kamu juga dapat membiasakan si Kecil mengonsumsi apukat secara rutin setiap harinya. 

Bibir kering ternyata dapat diatasi dengan mudah melalui berbagai jenis buah yang berkhasiat dan bermanfaat. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.