Yuk Bermain, Ini 7 Games yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Dimana Saja

Permainan sederhana ini sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama si Kecil

10 Januari 2021

Yuk Bermain, Ini 7 Games Bisa Dilakukan Bersama Anak Dimana Saja
todaysparent.com

Sudah menjadi sebuah fakta jika anak-anak lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain daripada belajar. Sebenarnya jika kita melirik lebih dalam, kegiatan bermain ini menyimpan segudang manfaat bagi si Kecil, mulai dari mengasah logika, daya ingat, hingga konsentrasinya. 

Namun sangat disayangkan, sekarang ini tidak sedikit anak-anak yang lebih senang bermain menggunakan gadget mereka sendirian daripada bermain bersama teman-teman ataupun keluarga.

Padahal sebenarnya permaianan kebersamaan sangatlah penting lho. Bermain bersama orangtua misalnya dapat meningkatkan relasi dan kehangatan mereka dengan anak-anak.

Itulah mengapa sebaiknya Mama dan Papa meluangkan waktu dan bermain bersama si Kecil sejenak. 

Mungkin Mama beranggapan jika bermain dengan anak membutuhkan alat atau media yang sulit atau aturan yang rumit. Padahal sebenarnya tidak begitu, ada beberapa permainan kebersamaan sederhana yang bahkan dapat dilakukan di mana pun. 

Popmama.com akan membantumu menemukan rekomendasi 7 permainan kebersamaan sederhana yang dapat kamu lakukan di mana pun. Yuk mulai bermain bersama si Kecil!

1. ABC 5 dasar

1. ABC 5 dasar
Pexels/Pixabay

Kamu mungkin mengetahui permainan ABC 5 dasar ini, atau bahkan pernah memainkannya. Ini merupakan permainan era 90an yang sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama si Kecil.

Cara memainkan ABC 5 dasar cukuplah sederhana, Mama dan si Kecil hanya membutuhkan jari saja. Pertama-tama tentukanlah tema kata yang akan disebut sesuai abjad depannya, itu bisa saja nama hewan, buah, tokoh terkenal, ataupun negara di dunia. 

Setelahnya, kamu dan anakmu dapat menentukan jumlah jari sesuai yang dengan keinginan, lalu jumlahkanlah. Contohnya jika Mama mengambil 5 jari sedangkan anakmu mengambil 3 jari, ini berati kalian perlu mencari objek yang memiliki huruf awal H (H merupakan huruf urutan ke-8).

2. Permainan sambung kata

2. Permainan sambung kata
Usatoday.com

Ada banyak sekali permainan yang dapat kamu mainkan hanya dengan bermodalkan kata-kata, salah satunya ialah game sambung kata. Permainan ini cukuplah sederhana dan dapat kamu lakukan di mana pun kamu mau.  

Mama atau si Kecil hanya perlu mengakatakan sebuah kata lalu giliran pemain lainnya untuk menyambungkannya. Misalnya Mama mengambil kata bunga, lalu anak mama perlu menyambungnya dengan kata yang berhubungan dengan kata "bunga", misalkan "mawar", indah", ataupun "kuning"

Permainan ini juga dapat dikembangkan menjadi lebih sulit namun menyenangkan, yaitu dengan mengarahkannya agar membentuk menjadi sebuah cerita. Berbagai kata berbeda yang kalian keluarkan akan membuat cerita tersebut menjadi unik, menarik, dan mungkin lucu. 

Editors' Picks

4. Permainan 3 6 9

4. Permainan 3 6 9
depositphotos.com

Mungkin bagi Mama dan si Kecil istilah permainan ini masih asing. Namun percayalah, permainan ini akan tidak seasing kelihatannya. Permainan 3 6 9 ini memerlukan 3-4 orang, namun akan lebih menyenangkan lagi jika dilakukan bersama lebih banyak orang.

Aturannya mudah, mulailah berhitung 1,2,3 dan seterusnya sampai 10 dan diulangi secara bergiliran. Kemudian, setiap orang yang mendapat giliran menyebut angka 3, 6, dan 9 tidak perlu mengatakannya, melainkan mereka harus bertepuk tangan. Semakin lama dan lancar, ritmenya pun akan bertambah cepat membuat permainan ini lebih menjadi lebih sulit.

Permainan 3 6 9 membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Ini akan jadi permainan yang baik untuk melatih konsentrasi dan fokus si Kecil. 

4. Tebak Kata

4. Tebak Kata
Freepik

Sesederhana namanya, dalam memainkan game ini, kamu dan si Kecil perlu menebak kata yang telah ditentukan sebelumnya. 

Ada beberapa cara memainkan game tebak kata. Salah satunya, kamu atau si Kecil dapat menentukan kata yang perlu ditebak (usahakan termasuk kata benda agar memudahkan pemain lain menebaknya, seperti mobil, payung, atau kacamata). Lalu mereka yang memilih kata dapat memberikan petunjuk atau hal-hal penting terkait kata yang dimaksud. Biarkan pemain lain mencoba menebak kata tersebut. 

Kamu juga dapat memberikan gambaran mengenai kata terkait menggunakan gerakan tangan atau tubuh seunik dan sejelas mungkin. Atau, bisa juga kalian memainkan permainan ini dengan gaya acara televisi eat bulaga. 

5. Tebak angka

5. Tebak angka
Pixabay/Geralt

Selain tebak kata, ada juga permainan tebak angka. Permainan tebak angka ini cukuplah berbeda dari permainan tebak kata sebelumnya. 

Ketika memberikan tebakan angka, kamu tidak dapat memberikan petunjuk menggunakan gerakan atau deskripsi bentuk dan kegunaan angka tersebut. Namun, kamu atau si Kecil dapat menggunakan penjumlahan atau pengurangan sederhana untuk msndeskripsikannya. 

Misalnya kamu memiliki angka 12, katakan itu merupakan hasil pertambahan antara 7 dengan sebuah angka di bawah 6. Jika itu belum membantu, tambahkan informasi angka tersebut terbentuk dari 14 dikurangi 2. 

Ini akan mejadi salah satu permainan yang mampu mengasah kepintaran anak dalam berhitung. 

6. Pesan berantai

6. Pesan berantai
Freepik

Mungkin kamu dan si Kecil pernah mendengar atau memainkan permainan ini sebelumnya. Inti dari permainan ini ialah mengenai komunikasi dan pendengaran yang baik. 

Mula-mula tentukan siapa yang menjadi pendengar pertama dan berikan ia pesan atau kalimat. Lalu ia perlu menyampaikan pesan atau kalimat tersebut kepada orang lain sampai tiba pada orang terakhir (lebih baik jika ini dilakukan dalam posisi berbaris). Orang terakhir akan mengungkapkan isi pesan yang ia dapatkan. Jika tidak benar tandanya ada yang mengganggu proses komunikasi selama permainan. 

Meski menyenangkan dan menarik untuk dilakukan, sebaiknya permainan ini dilakukan bersama banyak orang agar meningkatkan keseruannya. 

7. Semut gajah dan manusia

7. Semut gajah manusia
Pixabay/ImageParty

Pernah memainkan suit atau gunting batu kertas? Permainan ini memiliki konsep yang serupa, namun tidak menggunakan model batu, gunting, ataupun kertas melainkan gajah, manusia, dan semut.

Permainan semut gajah dan manusia dimainkan menggunakan tiga jari, yaitu ibu jari, telunjuk, dan keliling. Gajah digambarkan dengan ibu jari, manusia dengan jari telunjuk, dan semut dengan jari kelingking. Gajah akan dikalahkan oleh semut, manusia akan dikalahkan oleh gajah, dan semut akan dikalahkan oleh manusia.

Siapa yang mengeluarkan jari yang dapat mengalahkan lawan akan memenangkan permainan. Oh ya, kemenangan dalam permainan ini dapat dihitung menggunakan poin. Pemilik poin tertingi akan menjadi pemenang di akhir permainan. 

Itulah dia 7 permainan sederhana yang dapat Mama mainkan bersama dengan si Kecil. Yuk mulai asah kecerdasan anak melalui game kreatif yang sederhana ini. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.