Mengapa Harus Baca Alhamdulillah Setelah Bersin, Ini Penjelasannya Ma

Bacaan Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT

5 Maret 2021

Mengapa Harus Baca Alhamdulillah Setelah Bersin, Ini Penjelasan Ma
Pexels/Andrea Piacquadio

Agama Islam telah mengatur segala perkara. Termasuk hal-hal kecil yang mungkin Mama anggap sepele. Salah satunya perihal bersin.

Umat muslim dianjurkan untuk mengucap hamdallah atau Alhamdulillah setelah bersin. Maka, ajarkanlah anak mama untuk mengamalkan bacaan tersebut usai mereka bersin. 

Saat diajarkan, anak mungkin akan bertanya mengapa harus baca Alhamdulillah setelah bersin? Berikut Popmama.com berikan penjelasan singkatnya, Ma. 

Editors' Picks

1. Anjuran mengucapkan Alhamdulillah setelah bersin

1. Anjuran mengucapkan Alhamdulillah setelah bersin
Pexels/Gabby K

Anjuran untuk mengucapkan Alhamdulillah usai bersin ini telah disampaikan oleh Rasulullah SAW, beliau bersabda yang artinya:

“Apabila seorang di antara kalian bersin maka ucapkanlah Alhamdulillah, dan hendaklah orang yang mendengarnya menjawab dengan yarhamukallah, dan bila dijawab demikian maka balaslah dengan ucapan yahdikumullah wa yuslihubaalakum,” (HR. Bukhari).

Selain itu, umat Islam hendaknya memerhatikan adab ketika bersin. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi, disebutkan saat hendak bersin, Rasulullah SAW menutup mulutnya dengan tangan atau baju beliau. 

Hal ini bertujuan agar suara bersi tidak terlampau keras. Hadis lain mengingatkan bahwa bersin yang terlalu keras adalah perbuatan setan. 

‘’Allah SWT membenci perilaku mengencangkan suara bersin dan menguap.’’ (HR Abu Hurairah ra). 

2. Alasan harus mengucap Alhamdulillah usai bersin

2. Alasan harus mengucap Alhamdulillah usai bersin
Pexels/Andrea Piacquadio

Salah satu alasan mengapa umat Islam dianjurkan untuk mengucap Alhamdulillah usai bersin, yaitu karena bersin adalah anugerah dari Allah SWT.

Sesungguhnya, bersin itu upaya tubuh, khususnya hidung dalam membersihkan diri dari kotoran. Selain itu, bersin juga mencegah masuknya benda-benda asing yang menyebabkan penyakit.

Jadi, ajarkanlah anak mama untuk senantiasa mengucapkan Alhamdulillah usai bersin sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat bersin yang Allah SWT berikan. 

3. Bacaan Alhamdulillah selepas bersin sebagai bentuk rasa syukur

3. Bacaan Alhamdulillah selepas bersin sebagai bentuk rasa syukur
Pexels/Gabby K

Bacaan Alhamdulillah usai bersin juga merupakan bentuk pengingat diri terhadap kematian. Bahwa sesungguhnya kematian sangat dekat dengan diri kita.

Hal ini dijelaskan oleh fakta ilmiah yang menyebutkan bahwa jantung manusia berhenti selama nol koma sekian detik saat bersin. Jadi, hendaklah mengucap Alhamdulillah setelah bersin karena Allah SWT masih melimpahkan nikmat sehat dan kesempatan untuk hidup. 

Yuk, biasakan anak untuk menerapkan adab-adab yang baik saat bersin, Ma. Jangan lupa membiasakan baca Alhamdulillah setelah bersin ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.