10 Tipe Pola Asuh Orangtua Sesuai Kepribadian MBTI, Mama yang Mana?

Kira-kira Mama termasuk tipe pola asuh yang mana ya? Yuk lihat di bawah!

28 Januari 2022

10 Tipe Pola Asuh Orangtua Sesuai Kepribadian MBTI, Mama Mana
Freepik/yanalya

Pola asuh anak adalah suatu proses yang ditunjukkan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak sejak bayi hingga dewasa. 

Hal ini menjadi tanggung jawab orangtua, sebab orangtua merupakan guru pertama untuk anak dalam mempelajari banyak hal, baik secara akademik maupun kehidupan secara umum.

Tipe pola asuh bisa beragam, berkembang dan bertumbuh seiring berjalannya waktu.

Bisa berdasarkan pengalaman, pembelajaran, bahkan juga kepribadian. Ada beberapa tipe pola asuh yang mungkin akan dimiliki oleh orangtua berdasarkan tes kepribadian Myers-Briggs Typo Indicator  (MBTI). 

Sebelum itu, sebenarnya MBTI itu apa sih? Tes MBTI adalah singkatan dari Myers Briggs Type Indicator, yakni tes yang bertujuan untuk menilai kepribadian, potensi, dan preferensi seseorang. 

Mama sudah penasaran Mama termasuk tipe yang mana? Berikut Popmama.com akan merangkum mengenai 10 tipe pola asuh menurut MBTI.

Yuk simak, Ma! 

1. Tipe ENPF: Orangtua yang menginspirasi

1. Tipe ENPF Orangtua menginspirasi
Freepik/Pch.vector

Tipe pola asuh ENPF ini biasanya menjadi orangtua yang sangat antusias, hangat dan penuh perhatian. Suka mendengarkan perasaan anak-anaknya dan memahaminya dengan cara yang akrab dan penuh kasih.

Tipe pola asuh orangtua ini selalu menyayangi anaknya, sehingga sering menyebutkan bahwa mereka tidak pernah bisa membayangkan hidup tanpa anak mereka. 

Orangtua dengan tipe ini selalu merangkul setiap momen dan juga suka memberikan anak-anak pengalaman baru dan mengembangkan imajinasi mereka.

Tipe orangtua ini selalu mendorong anak-anak mereka untuk bermimpi besar dan berpikir di luar kotak. Mereka berkomunikasi dengan baik dengan anak-anak mereka, dan hebat dalam mengatasi kesulitan. 

2. Tipe ENTP : Orangtua yang inovatif

2. Tipe ENTP Orangtua inovatif
Freepik

Tipe pola asuh ENTP biasanya adalah orangtua yang energik, banyak akal dan inovatif.

Orangtua dengan tipe pola asuh ini benar-benar dapat menikmati waktu untuk mengajar anak-anak mereka dengan ide-ide dan keterampilan baru.

Mama juga mendapatkan sensasi dari melihat anak-anak yang bisa tumbuh menjadi mandiri.

Sebagai orangtua ENTP, Mama juga suka mendengarkan sudut pandang anak dalam berpendapat.

Tipe pola asuh anak ini termasuk Mama yang selalu bersemangat untuk mencoba makanan baru, tempat baru, dan petualangan baru bersama keluarga. 

3. Tipe ENFJ: Orangtua yang memberi

3. Tipe ENFJ Orangtua memberi
Freepik/Tirachardz

Tipe pola asuh ENFJ adalah orangtua yang sangat memperhatikan perasaan anak mereka dan selalu menggali lebih dalam emosi si Kecil. Mama maupun Papa selalu berusaha memahami anak-anak dan berusaha berbuat baik untuk anak-anak dan keluarga. 

Orangtua dengan tipe ENFJ pandai menjaga jadwal dan mengatur kegiatan yang akan mendorong pertumbuhan pribadi anak-anaknya. Kreatif dan visioner, orangtua ENFJ memiliki bakat untuk menciptakan momen tak terlupakan, ulang tahun spesial dan memfasilitasi rasa kebersamaan bagi anaknya.

4. Orangtua ENTJ: Orangtua yang terstruktur

4. Orangtua ENTJ Orangtua terstruktur
Freepik/user20119892

Tipe pola asuh orangtua ini termasuk tipe yang tegas dan efisien. Mama dan Papa selalu menjaga anak-anak berdasarkan rutinitas dan jadwal. 

Percaya diri, bertekad dan visioner, tipe orangtua ENTJ berkomitmen untuk membesarkan anak-anak yang mandiri. Sehingga bentuk kepedulian bukan untuk memanjakan atau membuat hal-hal "mudah" bagi anak. Orangtua ENTJ berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya.

Editors' Picks

5. Tipe ESFP: Orangtua yang menyenangkan

5. Tipe ESFP Orangtua menyenangkan
Freepik

Tipe orangtua ini selalu ingin menciptakan masa kecil yang menyenangkan dan ajaib untuk anak-anaknya. Papa dan Mama selalu menyukai pengalaman baru dan suka melihat anak-anak mereka yang juga menikmatinya.

Tipe pola asuh orangtua ini sangat jeli dan siap membantu anak-anak mereka kapan saja.

Orangtua ESFP tahu bagaimana menempatkan hal menyenangkan dalam mengasuh anak. Mama selalu berusaha untuk menanamkan rasa penasaran dan petualangan pada anak.

6. Tipe ESTP: Orangtua yang rendah hati

6. Tipe ESTP Orangtua rendah hati
lovewhatmatters.com
Ilustrasi

Rendah hati, enerjik dan berdedikasi, tipe pola asuh orangtua ESTP membawa banyak kegembiraan dan tindakan ke dalam kehidupan anak. Orangtua dengan tipe ESTP juga berjiwa bebas dan menumbuhkan kemandirian pada anaknya.

Tipe pola asuh orangtua ini selalu mudah beradaptasi dan mengikuti arus, yang sangat penting dalam mengasuh anak.

Papa dan Mama selalu memikirkan saat ini sehingga mereka menyerap setiap hal kecil yang dilakukan oleh si Kecil. Dan sepenuhnya memahami bahwa besok adalah hari yang baru dan bahwa kemarin bukanlah cerminan dari apa yang akan terjadi hari ini.

7. Tipe ISFJ : Orangtua yang mengasuh dengan teliti dan fokus

7. Tipe ISFJ Orangtua mengasuh teliti fokus
Freepik

Tipe pola asuh orangtua ini termasuk tipe yang praktis dan dapat diandalkan. Papa dan Mama selalu berempati dengan anak-anak mereka dalam rasa sakit emosional dan fisik mereka. Mereka ingin membesarkan anak-anak mereka menjadi anggota masyarakat yang produktif. 

Mereka dikenal sebagai orangtua yang murah hati dan perhatian terhadap hal-hal kecil. Kenyamanan adalah hal yang utama agar anak mereka tahu apa minat dan kekuatan mereka.

Teliti dan fokus, ini juga termasuk tipe orangtua ISFJ. Mama juga tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk anakmu.

8. Tipe ISFP: Orangtua yang Artistik

8. Tipe ISFP Orangtua Artistik
Freepik/Prostooleh

Pola asuh orangtua tipe ISFP ini selalu membantu si Kecil untuk menikmati setiap momen indah dalam keluarga. Ketika anak-anak mereka lahir, orangtua ini selalu jatuh cinta dengan anak-anak mereka, hanya dengan melihat keindahan dan kesempurnaan dalam kehidupan barunya.

Tipe orangtua ini sangat menyukai semua detail dalam pengasuhan anak seperti menyanyikan lagu sebelum tidur, berdansa dan crafting. Bahkan, ide piknik keluarga sambil crafting bisa jadi rutinitas penting.

9. Tipe INFP: Orangtua yang Idealis

9. Tipe INFP Orangtua Idealis
Freepik

Pola asuh orangtua tipe INFP, ini selalu berusaha menanamkan nilai-nilai pada anak-anaknya. Pola asuh tipe INFP ini selalu berbelas kasih dan peduli dengan kesejahteraan anak-anak mereka.

Orangtua sangat mudah beradaptasi. Mereka responsif dan memberi semangat baik dalam kemenangan di kesulitan masa kanak-kanak. 

Orangtua INFP memiliki sifat pengertian, imajinatif, dan berempati tinggi.

Orangtua INFP percaya kalau setiap anak memiliki bakat maupun kemampuan unik yang bisa mereka kembangkan, tetapi mereka kadang bisa memaksakan anak untuk melakukan hal yang tidak disukai. 

10. Tipe INTP: Orangtua yang Open Minded

10. Tipe INTP Orangtua Open Minded
Freepik/Gpointstudio

Open minded dan suka bermain bersama anak adalah tipe orangtua INTP. Orangtua INTP dengan senang hati mendengarkan ide anak-anaknya dan mengajukan pertanyaan unik untuk membantu mereka belajar dan lebih terbuka. Kemandirian dan kebebasan adalah hal yang akan diberikan oleh orangtua INTP untuk anaknya.

Orangtua ini selalu mendorong anak-anaknya untuk unggul dalam bidang pendidikan dan kegiatan ekstra kurikuler.

Orangtua tipe ini cenderung tidak mengikuti apa yang populer, melainkan mengasuh anak-anak mereka dengan cara mereka sendiri yang mereka anggap paling cocok untuk keluarga, bahkan jika itu tidak nyaman atau di luar kebiasaan.

Nah, itulah tadi tipe pola asuh orangtua sesuai MBTI, kira-kira Mama termasuk tipe yang mana nih? Boleh tulis di kolom komentar bawah ya! 

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk