Banyak Dipelihara, Beri Tahu Anak Fakta Unik Seputar Kucing Anggora

Bisa jadi pengetahuan umum untuk si Kecil, Ma

19 September 2020

Banyak Dipelihara, Beri Tahu Anak Fakta Unik Seputar Kucing Anggora
Unsplash/justlenie

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara. Ada berbagai jenis kucing yang bisa dipelihara, salah satunya jenis kucing anggora.

Kucing anggora adalah satu satu jenis kucing yang terkenal di dunia. Kucing yang memiliki bulu panjang ini juga sering dikira sebagai kucing persia, lho! Padahal, kedua jenis kucing ini memiliki lapisan bulu yang berbeda. 

Jika si Kecil tertarik dan ingin memelihara hewan berbulu panjang nan menggemaskan ini, Mama bisa memberi tahu terlebih dahulu fakta-fakta seputar kucing anggora padanya.

Bisa jadi informasi umum untuk si Kecil yang sedang tumbuh bereksplorasi dengan lingkungan sekitar, Ma!

Simak rangkuman Popmama.com berikut ini ya.

1. Asal usul kucing anggora

1. Asal usul kucing anggora
Pixabay/GAIMARD

Sebelum memliharanya, Mama bisa memberi tahu si Kecil bahwa kucing anggora merupakan kucing yang berasal dari Turki, tepatnya di wilaya Ankara.

Fakta uniknya adalah, pada zaman dahulu, wilayah Ankara ini juga dikenal dengan sebutan angora. Sebab dalam bahasa Inggris, kucing anggora disebut kucing angora, Ma.

Meski berasal dari Turki, habitat kucing anggora sendiri saat ini di sana sudah semakin sedikit jumlahnya. Itulah mengapa kebun binatang Ankara melakukan program pengembangbiakan khusus untuk kucing anggora.

Editors' Picks

2. Kucing yang aktif dan pintar

2. Kucing aktif pintar
Pixabay/GAIMARD

Fakta unik lainnya yang perlu Mama dan si Kecil tahu adalah, kucing anggora biasanya berukuran kecil atau sedang dengan berat sekitar 2,4 - 4 kilogram.

Umumnya, bulunya akan terus tumbuh panjang sampai usianya memasuki dua tahun. Walaupun mirip dengan kusing persia, tulang hidung kucing anggora akan terlihat lebih menonjol dari persia.

Meskipun terlihat elegan, kucing ini dikenal dengan kucing yang lincah dan aktif lho! Sebab kebanyakan kucing anggora sangat suka melompat ke bagian rumah yang tinggi.

Selain lincah dan aktif, kucing ini juga pintar, Ma. Terbukti dari sifat penasarannya akan suatu hal yang membuatnya dapat dijadikan teman bagi yang memeliharanya.

3. Kesehatan kucing anggora

3. Kesehatan kucing anggora
Pixabay/didissss

Sebelum memelihara kucing anggora, ada baiknya mengetahui seputar kesehatannya terlebih dahulu yuk!

Seperti kucing pada umumnya, kucing anggora juga memiliki kondisi kesehatan yang baik. Namun jika kucing anggora yang Mama pelihara berbulu putih dan bermata biru, biasanya akan lebih berisiko alami gangguan tuli.

Namun tenang, Ma! Masalah kesehatan tersebut tak hanya terjadi pada anggora saja kok, kucing persia pun mengalami hal serupa.

Masalah lain yang bisa terjadi pada kucing ras adalah penyakit saraf dan otot (ataxia) dan penyakit jantung kardiomiopati hipertrofi. Namun tak perlu khawatir, jika kucing anggora dirawat dengan baik, kucing akan selalu sehat kok!

4. Merawat kucing anggora agar terhindar masalah kesehatan

4. Merawat kucing anggora agar terhindar masalah kesehatan
Pixabay/K_A_M_I_A

Nah, agar si Kecil tetap bisa bermain bebas dengan kucing anggora yang ia pelihara, Mama harus bisa mengajarkan padanya cara merawat kucing anggora agar terhindar dari gangguan kesehatan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pertama yang umum dilakukan adalah menyisirkan bulu-bulunya. Walaupun bulunya panjang, kucing anggora hanya terdiri dari satu lapisan bulu saja. Sehingga bulunya tidak terlalu rontok dan bisa disisir seminggu sekali saja.

Layaknya kucing lain, Mama bisa ajarkan si Kecil untuk menyikat gigi kucing anggora minimal seminggu sekali.

Berbeda untuk bagian mata, sebaiknya bersihkan kotoran matanya setiap hari guna menghindari penyakit mata ya, Ma.

Tak hanya mata, bagian telinganya juga harus diperhatikan dengan rajin membersihkan telinga kucing anggora yang sudah mulai kotor. 

Mama bisa menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi untuk membersihkan mata dan telinga kucing anggora yang kotor. Pastikan kain yang digunakan lembut dan bersih ya, Ma!

Fakta unik lainnya saat merawat kucing anggora adalah membersihkan kotak kotorannya. Sebab kucing elegan ini sangat suka jika melihat kotak kotorannya bersih.

Jadi, pastikan agar kotak kotroannya selalu dibersihkan setelah digunakan ya.

Nah, itu dia fakta kucing anggora yang bisa menjadi pengetahuan baru bagi si Kecil. Bagaiaman, tertarik untuk memelihara kucing anggora untuk menemani si Kecil di rumah, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.