TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Motif Batik Burung Hong, Ide Busana Unik yang Patut Dicoba

Motif batik burung hong ternyata memiliki makna yang mendalam

2 Oktober 2022

Motif Batik Burung Hong, Ide Busana Unik Patut Dicoba
Unsplash/Fajar Herlambang

Siapa sih yang tidak ingin berpenampilan menarik? Bukan hanya tampil sopan, tapi juga enak dipandang. 

Demi menunjukkan penampilan terbaiknya, beberapa orang bersikap selektif dalam memilih busana, terutama saat ingin menghadiri cara tertentu.

Ada pertimbangan waktu, konsep acara, dan selera fesyen untuk memilih gaya busana yang nyaman, tapi juga berkesan baik sekaligus menawan.

Untuk menghadiri acara formal, pakaian batik sering kali menjadi andalan kebanyakan orang. Motif parang rusak atau mega mendung adalah contoh batik paling populer. Namun, tahukah kamu bahwa ada yang namanya motif batik burung hong?

Berikut Popmama.com telah mengulas motif batik burung hong, salah satu batik unik yang jarang diketahui. Yuk, simak ulasannya!

1. Fakta singkat seputar batik yang perlu diketahui

1. Fakta singkat seputar batik perlu diketahui
Unsplash/Ema Lalita

Dalam budaya Indonesia, batik sudah dikenal sejak dulu. Batik merupakan salah satu warisan budaya yang membanggakan, termasuk juga motif batik burung hong

Sejak zaman kerajaan, orang Indonesia sudah terbiasa menggunakan pakaian dengan motif batik. Bahkan, pakaian batik juga digunakan dalam keseharian. 

Di zaman sekarang, pakaian batik dianggap sebagai pakaian formal. Banyak orang memilih batik saat menghadiri ritual keagamaan, resepsi pernikahan, ucapara kenegaraan, acara resmi di perusahaan atau kantor, dan pertemuan di sekolah.

Lantaran keindahan dan makna luhurnya, batik dinobatkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. 

Kepopuleran batik akhirnya sampai ke negara-negara lain di dunia. Bukan cuma orang Indonesia, kini semakin banyak orang mancanegara yang mengetahui dan memakai batik.

Editors' Picks

2. Makna batik yang sesungguhnya, ternyata bukan sekadar busana

2. Makna batik sesungguhnya, ternyata bukan sekadar busana
Pexels/Rizky Rafael

Konon katanya, batik berasal dari Bahasa Jawa yang berarti ambhatik. Terdiri dua kata, yakni "amba" dan "bhatik"

Amba memiliki arti luas atau lebar. Sementara itu, bhatik artinya matik atau titik. Apabila digabungkan, batik adalah kain luas atau lebar yang bermotif. 

Batik dibuat dengan melukiskan cairan malam pada kain polos sesuai motif yang diinginkan.

Batik memang dikenal sebagai kain atau busana yang dibentuk dengan beragam teknik. Namun, makna batik tidak sebatas itu saja. 

Setiap goresan motif dalam batik memiliki makna tersembunyi. Ada nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Tak terkecuali dengan motif batik burung hong. 

Sebaiknya, ketahui motif batik yang kamu kenakan. Sehingga, kamu dapat memaknai dan menghormati busana tersebut dengan penuh kebanggaan.

3. Beragam motif dan cara pembuatan batik

3. Beragam motif cara pembuatan batik
Pexels/John Bastian

Motif batik tidak bisa dihitung jari alias jumlahnya sangat banyak. Kita mungkin sudah tidak asing dengan motif batik mega mendung, motif batik parang rusak, motif batik lasem, dan motif batik Bali. 

Semua jenis motif tersebut hanya contoh kecil saja. Masih ada motif-motif lain yang khas dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

Nah, motif batik burung hong adalah contoh motif yang masih jarang diketahui. 

Selain berdasarkan motifnya, batik juga dibedakan berdasarkan cara pembuatannya. Ada tiga cara pembuatan batik, meliputi:

  • Batik tulis

Batik ini ditulis atau dilukis dengan tangan. 

Caranya, dengan menorehkan cairan malam atau wax dengan menggunakan canting. Masukkan canting ke dalam cairan malam, kemudian torehkan ke pola-pola yang ada di kain.

Cairan malam berfungsi sebagai penghambat penyerapan air. Sehingga, pewarna yang digunakan tidak akan meluber ke area lain di luar pola.

Cara pembuatan ini termasuk yang tersulit. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi.

Karena prosesnya lama dan tidak mudah, harga jual batik tulis juga terbilang mahal dibandingkan dengan batik cap atau batik printing.

  • Batik cap

Dibandingkan batik tulis, batik cap dibuat dengan proses yang lebih simpel. 

Pembuat batik hanya perlu menempelkan lempengan besi ke atas kain polos. Lempengan ini sudah diberi cairan malam dan telah bermotif batik tertentu.

Jadi, tinggal menempelkan lempengan besi, motif batik sudah tergambar di keselurahan permukaan kain.

  • Batik printing

Inilah jenis pembuatan batik paling modern. Caranya, dengan disablon dan juga dengan cara dicetak. 

Kemudian, batik diwarnai menggunakan teknologi canggih. Jadi, proses pembuatan batik printing cukup mudah dan cepat. Jumlah kain batik yang diproduksi pun bisa banyak sekaligus.

  • Batik kombinasi

Sementara itu, batik kombinasi memadukan dua proses sekaligus, yakni dengan teknik cap atau teknik printing dan teknik tulis.

Cara ini dipakai untuk menyiasati ongkos produksi. Sehingga, harga jual batik lebih terjangkau, tapi dengan kualitas yang tetap bagus.

4. Makna motif batik burung hong

4. Makna motif batik burung hong
Instagram.com/Batikwarisanarcadia

Dari sekian banyaknya motif batik, ada motif batik burung hong yang memiliki makna unik. 

Dalam penelitian Helnika Rahmawati, "Burung Hong sebagai Motif Batik dalam Busana Oversized", nama batik ini diambil dari nama burung hong, hewan keramat dalam budaya Tiongkok. Hewan legendaris kedua setelah naga.

Makanya, burung hong kerap disandingkan bersama naga dalam budaya Tiongkok. Naga bersama dengan burung hong merupakan lambang keindahan dan keabadian.

Dalam bahasa Mandarin, burung hong disebut juga Fenghuang. Feng adalah sebutan untuk hewan jantan. Huang adalah sebutan untuk hewan betina.

Jika diibaratkan, burung hong adalah permaisuri. Sedangkan naga adalah kaisar. Keduanya sering disandingkan karena menggambarkan simbol Yin dan Yang saling melengkapi. Naga dan burung hong ibarat pasangan yang diciptakan untuk menemani satu sama lain.

5. Penggunaan motif batik burung hong

5. Penggunaan motif batik burung hong
Unsplash/Mahmur Marganti

Sekarang, motif batik burung hong semakin mudah ditemukan. Perlahan, semakin banyak orang yang menggunakan motif batik ini saat menghadiri acara resmi atau semi formal.

Biasanya, motif ini berwarna terang dan mencolok, seperti warna merah. 

Ada lima warna motif batik burung hong, di antaranya:

  • Warna putih untuk menyimbolkan kejujuran atau ketulusan
  • Warna hitam untuk menggambarkan kesetiaan
  • Warna merah untuk simbol kesatuan atau keberanian
  • Warna hijau untuk simbol keadilan
  • Warna kuning bermakna kemurahan hati.

Warna-warna tersebut sering diaplikasikan pada motif batik burung hong. 

Itulah makna serta penggunaan motif batik burung hong. Motif batik burung hong bisa kamu jadikan ide busana yang unik. Padu-padankan batik ini dengan pakaian lain agar tampilanmu semakin keren.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk