5 Trik Mengaplikasikan Lipstik yang Tepat Sesuai Bentuk Bibir Kamu

Yakin cara memakai lipstik-nya sudah benar?

17 Desember 2018

5 Trik Mengaplikasikan Lipstik Tepat Sesuai Bentuk Bibir Kamu
Pexels/Kaboompics .com

Lipstik merupakan alat makeup yang jadi salah satu andalan seorang perempuan untuk menunjang tampilan, karena dengan menambahkan perona bibir akan memberikan kesan segar dan elegan.

Bahkan tidak memakai bedak atau yang lainnya, lipstik mampu mencerahkan wajah.

Tapi tahukah kamu? Bentuk bibir yang berbeda-beda akan mempengaruhi warna lipstik yang akan digunakan.

Jadi, belum tentu semua warna lipstik akan cocok dengan semua bentuk bibir. Nah, coba deh simak cara menentukan warna lipstik yang tepat sesuai dengan bentuk bibir kamu. Berikut ulasannya:

1. Small lips

1. Small lips
Rawpixel/roungroat

Kamu mempunyai ukuran bibir yang relatif kecil jika dibandingkan dengan rasio wajah keseluruhan?

Jangan sedih, kamu dapat mengaplikasikan lip liner berwarna soft ke seluruh bibir. Lalu oleskan warna lipstik yang diinginkan.

Tapi perlu diingat ya, sebaiknya kamu menghindari pemakaian lipstik warna gelap agar bibir nggak makin terlihat kecil. Pilihlah perona bibir berwarna cerah seperti efek glossy.

2. Thin lips

2. Thin lips
Rawpixel/McKinsey

Nah, berikut ini tips untuk si pemilik bibir tipis. Caranya yaitu membingkai bibirmu menggunakan lip liner mengikuti garis bibir terlebih dahulu.

Kamu bisa aplikasikan lip liner berwarna plum di bagian luar tepi bibir hingga membentuk garis bibir baru, hal tersebut supaya membuat warna lipstik menjadi lebih ‘menyala’.

Kemudian pilih lipstik dengan warna-warna yang cerah seperti merah, pink, coral, atau oranye ya.

Editors' Picks

3. Bottom heavy lips

3. Bottom heavy lips
Jcomp / Freepik

Bentuk bibir kamu mirip dengan Kylie Jenner? Yakni bibir bagian bawah lebih tebal.

Usahakan untuk memilih lipstik dengan warna pink, cokelat muda, atau coral. Lalu terapkan dengan menggunakan lip liner.

Selanjutnya timpa dengan lipstik berwarna sedikit lebih terang dari di bagian bawah bibir. Akhirilah dengan memberikan sedikit nude eyeshadow di bagian tengah bibir atas supaya terlihat seimbang dengan bibir bawah.

4. Top heavy lips

4. Top heavy lips
Pexels/Adrianna Calvo

Kamu memiliki bibir bagian atas yang penuh dibandingkan dengan bibir bagian bawahnya? Tenang, kamu bisa memulainya dengan menggambar seluruh bibir dengan lip liner berwarna nude, tipis di bagian atas, dan lebih tebal di bagian bibir bawah.

Kemudian aplikasikan lipstik berwarna cerah pada bibir bagian atas dan gunakan warna yang sedikit lebih gelap dari warna yang sama pada bibir bagian bawah.

Maka hal ini akan membuat bibir kamu tampak sama antara bagian atas dan bawah.

5. Full lips

5. Full lips
Freepik

Bentuk bibir kamu tebal secara keseluruhan seperti Angelina Jolie? Sebaiknya plihlah lipstik berwarna gelap untuk memberikan ilusi bibir lebih tipis.

Kamu bisa pakai perona bibir dengan warna-warna bold seperti ungu, coklat, dan merah gelap. Pasalnya warna-warna tersebut akan menjadikan bibirmu terkesan lebih seksi lho.

Namun hindari pemilihan warna nude, karena akan membuat tampilan kamu jadi terlihat lebih pucat.

Bagian akhir kamu pun bisa menunjangnya dengan riasan pada bagian mata seperti smokey eyes dan highlighter secara tipis.

Dengan begitu tampilan wajahmu akan seimbang sesuai porsinya.

Kini memiliki bentuk bibir seperti apa pun bukan lagi masalah bukan. Kamu pun dapat menerapkan cara memoleskan lipstik yang tepat sesuai bentuk bibir.