5 Pakaian Adat Jawa Tengah yang Digunakan untuk Acara Besar

Elegan dan sarat penuh makna

5 Februari 2021

5 Pakaian Adat Jawa Tengah Digunakan Acara Besar
Instagram.com/therealdisastr

Mama, seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia memiliki beragam budaya, salah satunya Jawa Tengah. Dari sekian banyak pakaian tradisional di Indonesia, Jawa Tengah (Jateng) memiliki daya tarik tersendiri lho. Lengkap, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Biasanya setelan-setelannya dipakai di acara kesenian, upacara adat, sampai acara formal kenegaraan.

Setiap pakaian tradisional memiliki nilai filosofi yang kuat, dan tentu saja itu dimiliki pakaian asli Jawa Tengah. Penunjukkan simbol identitas ditampilkan bila memakainya, sang pria akan terlihat lebih gagah dan sang wanita akan tampak anggun.

Kental dengan unsur tradisional dan kultur budaya yang dibawa oleh para leluhur, termasuk soal pakaian adatnya. Pakaian tradisional Jawa Tengah pun kerap kali mewakili Indonesia di kancah dunia internasional. 

Popmama.com akan memberikan deretan pakaian adat Jawa Tengah yang masih digunakan pada acara-acara resmi.

Beberapa diantaranya ada di bawah, yuk simak Ma! 

1. Pakaian Basahan

1. Pakaian Basahan
Instagram.com/vickushu

Basahan biasanya digunakan untuk acara pernikahan dan merupakan warisan budaya Mataram. Berbeda dengan pakaian adat lainnya, basahan sama dengan pakaian luar yang terbuat dari bahan beludru dan tidak menggunakan pakaian luar dengan riasan paes ageng kaningratan. 

Vicky Shu mengenakan pakaian jenis ini ketika menikah dengan sang Suami. 

Editors' Picks

2. Pakaian Jawi Jangkep

2. Pakaian Jawi Jangkep
Pinterest.com

Jawi jangkep adalah pakaian resmi yang dikenakan oleh orang Jawa. Jawi Jangkep merupakan pakaian yang dikenakan oleh laki-laki pada upacara-upacara adat resmi di Jawa Tengah. Terdiri dari kemeja beskap bermotif bunga di tengah dan kain jarik yang dililitkan di pinggang.

Kemudian, aksesoris lainnya ialah penutup kepala yang disebut blangkon. Blangkon terbuat dari kain dengan beragam corak, ada yang polos ada juga yang memiliki corak batik.

Seperti pakaian adat lainnya, keris juga disematkan pada pakaian ini dan biasanya keris diselipkan di bagian belakang, selain itu dilengkapi dengan alas kaki, sepatu sandal.

3. Pakaian Batik

3. Pakaian Batik
Instagram.com/ramadhaniabakrie

Batik Jawa adalah warisan budaya nusantara (Indonesia). Batik mempunyai nilai dan perpaduan seni yang sangat tinggi.

Lebih jauh, sebagai pakaian Jawa Tengah, ternyata Batik juga sarat dengan filosofis dan simbol penuh makna yang memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya lho!

Batik juga salah satu pakaian yang paling familiar. Batik Jawa Tengah juga terkenal dengan coraknya yang indah dan unik.

Batik yang biasanya digunakan sebagai acara formal, kini ada banyak corak yang bisa dipilih, dan cocok untuk pemakaian sehari-hari lho! 

4. Pakaian Beludru

4. Pakaian Beludru
Instagram.com/therealdisastr

Yang juga populer, kebaya memiliki motif dan corak yang berbeda dari bahan beludru, sutra, katun atau nilon yang biasa digunakan oleh orang Jawa Tengah.

Kebaya ini memadukan kain kemben, tapih pinjung dan stagen serta dilengkapi dengan kain dan aksesoris lho, Ma.

5. Pakaian Surjan

5. Pakaian Surjan
Instagram.com/mariophotographie

Pakaian yang terakhir yaitu, surjan. Surjan adalah pakaian adat yang dikenakan oleh laki-laki dalam keseharian di Jawa Tengah. Tahukah Mama, bahkan beberapa perusahaan di Jawa dan Yogyakarta menggunakan surjan sebagai pakaian kerja lho! 

Surjan merupakan busana adat Jawa atau orang bilang busana kejawen penuh dengan piwulang sinandhi, kaya akan suatu ajaran tersirat yang terkait dengan filosofi Jawa (Kejawen).

Itu dia Mama deretan pakaian tradisional Jawa Tengah. Elegan sekali ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk