TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Kandungan dalam Hair Care yang Harus Dihindari Rambut Berketombe

Perhatikan hair care yang digunakan kalau nggak mau rambut tambah berketombe

23 Maret 2022

5 Kandungan dalam Hair Care Harus Dihindari Rambut Berketombe
Freepik/jcomp

Munculnya ketombe di rambut tentunya akan sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman. Selain terasa gatal, ketombe di rambut juga bisa rontok sehingga akan terjatuh di pundak dan dapat mengurangi penampilan.

Masalah ketombe seperti ini menjadi salah satu permasalahan rambut yang memerlukan perawatan khusus dengan memperhatikan banyak hal, salah satunya adalah bahan-bahan yang digunakan dalam produk perawatan rambut. Tidak semua bahan bisa digunakan untuk rambut berketombe, kalau salah maka ketombe akan semakin parah.

Untuk menghindari hal tersebut, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 kandungan dalam produk hair care yang harus dihindari agar ketombe tidak semakin parah. Yuk, disimak!

1. Bahan dimethicone

1. Bahan dimethicone
Freepik/Torwaiphoto

Dimethicone merupakan bahan silikon yang seringkali terdapat pada produk hair care, seperti sampo dan kondisioner. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa kandungan ini dapat menyumbat pori-pori di kepala dan dapat menyebabkan iritasi.

Jika pori-pori tersumbat, maka produk hair care yang seharusnya menyerap malah akan menumpuk dan menyebabkan munculnya ketombe.

Editors' Picks

2. Bahan sulfat

2. Bahan sulfat
Freepik/valuavitaly

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini, sulfat seringkali digunakan sebagai penyatu senyawa kimia yang ada di dalam sebuah produk dan membuat produknya menjadi berbusa.

Meskipun terasa memuaskan jika terdapat banyak busa pada saat membersihkan rambut, ternyata bahan ini dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit kepala. Jika begitu, kulit kepala akan kehilangan pelindungnya dan membuat bakteri dengan mudah masuk ke dalam kulit.

3. Bahan formaldehida

3. Bahan formaldehida
Pexels/armin-rimoldi
batas waktu mandi junub saat puasa

Formaldehida merupakan salah satu senyawa kimia yang seringkali ditemukan dalam produk keratin. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan memunculkan permasalahan rambut yang sebelumnya tidak ada.

Lebih parahnya lagi, bahan ini bisa menimbulkan reaksi alergi yang tampak parah yang tentunya tidak akan terasa nyaman. Jika kamu memiliki ketombe, sebaiknya jauhkan bahan ini dari produk hair care yang digunakan.

4. Bahan natrium klorida

4. Bahan natrium klorida
Freepik

Kamu mungkin mengenal bahan natrium klorida. Ya, natrium klorida juga dikenal dengan garam. Tidak banyak yang mengetahui bahwa banyak produk hair care seperti sampo dan kondisioner yang mengandung natrium klorida di dalamnya karena berfungsi sebagai pengental.

Parahnya, bahan ini dapat membuat kulit menjadi sangat kerning dan bahkan merusak helai rambut. Bahan ini dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan masalah ketombe yang semakin memburuk.

5. Bahan paraben

5. Bahan paraben
Freepik/Nagaets

Bahan paraben merupakan bahan sintetis kimia yang seringkali digunakan untuk mengawetkan sampo. Selain itu, bahan ini juga berfungsi untuk menjaga sampo dan kondisioner tidak mengalami pengendapan bakteri.

Meskipun dapat melindungi kulit rambut dari pengendapan bakteri, bahan paraben dapat membuat rambut menjadi rontok dan menimbulkan masalah ketombe yang semakin parah.

Nah, itulah lima bahan yang ada dalam produk hair care dan harus kamu hindari jika memiliki permasalahan ketombe. Merawat rambut yang berketombe perlunya membutuhkan banyak kesabaran, jika salah merawat maka hanya akan memperburuk keadaan kulit kepala.

Terus berhati-hati, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk