6 Kesalahan Penggunaan Maskara yang Seringkali Dilakukan

Salah satunya dapat menyebabkan bulu mata rontok

19 Januari 2022

6 Kesalahan Penggunaan Maskara Seringkali Dilakukan
Freepik/Yanalya

Maskara menjadi salah satu makeup yang dapat membuat penampilan tampak standout dan memperlihatkan mata yang lebih segar. Menggunakan maskara bisa menjadi alternatif untuk yang memiliki bulu mata pendek dan ingin membuat bulu mata tampak lebih lentik dan juga tebal.

Namun, masih banyak perempuan yang salah dalam menggunakan maskara sehingga bulu mata tampak menggumpal dan kelopak mata yang kotor, seperti yang dilansir dalam viviennesaboparis.com. Bahkan terdapat beberapa kesalahan penggunaan maskara yang dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 kesalahan menggunakan maskara yang perlu Mama hindari. Yuk, disimak!

1. Meninggalkan terlalu banyak maskara pada sikat

1. Meninggalkan terlalu banyak maskara sikat
Pexels/Karolina Grabowska

Jika Mama ingin mempelajari cara mengaplikasikan maskara tanpa menggumpal, ingatlah untuk selalu menyeka sikat yang ada pada maskara. Hal ini seringkali terlupakan sehingga dapat menyebabkan penggumpalan.

Segera setelah membuka tutup maskara, usap secara perlahan sikat di atas bibir tabung dan khususkan pada bagian ujung karena menjadi tempat maskara menumpuk. Mama juga bisa membersihkannya sedikit dengan menggunakan tisu sehingga tidak perlu lagi merasa khawatir dengan maskara yang menggumpal.

2. Menaikturunkan maskara

2. Menaikturunkan maskara
Freepik/javi_indy

Mungkin Mama seringkali melihat banyak orang yang menaikturunkan maskara beberapa kali di dalam tabungnya, pada kenyataannya hal ini akan membuat bagian sikat mengalami penggumpalan.

Selain itu, jika dilakukan terlalu sering akan membuat udara dan juga bakteri masuk ke dalam tabung maskara yang Mama miliki. Dengan begitu, maskara tidak akan bertahan lama.

Editors' Picks

3. Menggunakan maskara yang sudah lama

3. Menggunakan maskara sudah lama
Pexels/Breakingpic

Dari semua jenis produk makeup, maskara menjadi salah satu produk yang memiliki masa simpan paling pendek. Jika Mama menggunakan maskara lewat dari tanggal penggunaan, kemungkinan besar maskara akan mengering dan dapat menyebabkan bulu mata menjadi menggumpal.

Selain itu, maskara yang sudah lama mungkin juga mulai menyimpan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Biasanya maskara harus diganti setelah 3-6 bulan dibuka dan harus disimpan pada tempat yang benar.

4. Terlalu banyak lapisan

4. Terlalu banyak lapisan
Freepik

Penggunaan maskara memang bertujuan untuk membuat bulu mata tampak lebih tebal dan juga lentik, tetapi jika digunakan secara berlapis-lapis akan membuat bulu mata tampak terlalu tebal.

Selain itu, jika terlalu banyak lapisan maka buli mata tidak akan terlihat natural dan akan terjadi penggumpalan pada bulu mata. Sebaiknya Mama menggunakan maskara yang memang diformulasikan untuk membuat bulu mata tampak lebih bervolume.

5. Menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara

5. Menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara
YouTube.com/Reese

Mungkin masih ada beberapa dari Mama yang masih melakukan hal ini, menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara. Cara ini ternyata hanya akan merusak bulu mata yang telah berlapis maskara.

Selain itu, menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara dapat membuat bulu mata menjadi rontok, lho.

6. Berkedip terlalu cepat

6. Berkedip terlalu cepat
Freepik

Mungkin Mama merasa ingin cepat berkedip sesaat setelah menggunakan maskara, tetapi hal ini hanya akan membuat maskara menempel pada kulit di area mata. Tentunya hal ini dapat merusak makeup yang telah Mama gunakan sebelumnya, khususnya makeup mata.

Mungkin akan terasa sulit untuk tidak berkedip, oleh karena itu Mama bisa menutup mata setelah beberapa saat baru kemudian buka mata. Maskara yang digunakan dipastikan suda kering dan tidak akan luntur.

Nah, itulah enam kesalahan dalam penggunaan maskara yang masih seringkali dilakukan oleh banyak perempuan. Selain dapat membuat penampilan mata tampak menggumpal, kesalahan dalam menggunakan maskara juga dapat menimbulkan kerontokan. Jadi, apakah Mama pernah melakukan salah satunya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk