6 Tips Membuat Badan Wangi Tanpa Menggunakan Parfum

Miliki badan dengan wangi yang alami dengan cara ini!

12 Oktober 2021

6 Tips Membuat Badan Wangi Tanpa Menggunakan Parfum
Freepik.com

Dengan adanya berbagai macam kegiatan yang Mama lakukan setiap harinya, badan bisa mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar dari tubuh dapat tercampur dengan polusi dan debu yang ada di lingkungan sekitar sehingga dapat menimbulkan bau tak sedap dan badan yang terasa lengket.

Bau tidak sedap yang ada pada tubuh tentunya dapat membuat penciuman terganggu sehingga akan menimbulkan perasaan tidak percaya diri. Terlebih lagi jika bau tidak sedap tercium oleh orang lain dan menunjukkan sikap risih jika berada di sekitar Mama.

Hal tersebut pastinya ingin Mama hindari, bukan? Memakai deodoran secara rutin atau menggunakan parfum saja tidak akan membantu Mama menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh yang berkeringat.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh wangi secara alami. Yuk, disimak!

1. Mandi secara teratur

1. Mandi secara teratur
Freepik/travelarium

Hal paling utama yang tidak boleh terlewatkan adalah mandi teratur sebanyak dua kali dalam sehari. Badan yang bersih tentunya akan membuat badan lebih wangi karena keringat tidak bercampur dengan kotoran yang ada di lingkungan.

Meskipun Mama berada di ruangan ber-AC seharian, Mama tetap harus mandi secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang ada di tubuh. Bersihkan area yang terlipat secara teliti karena area tersebut merupakan tempat keringat yang paling sering muncul.

2. Melembapkan kulit dengan lotion

2. Melembapkan kulit lotion
Pexels/Karolina Grabowska

Setelah membersihkan badan, coba gunakan body lotion dengan aroma yang Mama sukai. Aroma dari lotion yang digunakan dapat bertahan lebih lama pada kulit yang lembap, termasuk juga pada kondisi kulit setelah mandi.

Lotion akan lebih mudah menyerap ke dalam kulit karena keadaan pori-pori yang sedang rilekssetelah mandi.

Editors' Picks

3. Memakai pakaian dengan bahan yang berkualitas

3. Memakai pakaian bahan berkualitas
Pexels/Wolfgang Langer

Bahan pada pakaian yang dikenakan sehari-hari juga berpengaruh pada bau badan Mama. Terdapat beberapa jenis bahan pakaian yang dapat membuat badan mengeluarkan aroma tidak sedap, di ruangan ber-AC sekalipun.

Keringat yang menempel pada pakaian yang di pakai dapat memengaruhi bau badan Mama lho. Gunakan pakaian yang berbahan ringan seperti katun, linen, atau wol yang dapat membantu kulit untuk bernafas dan memiliki sirkulasi udara yang lancar.

4. Rutin mencukur bulu ketiak

4. Rutin mencukur bulu ketiak
Freepik/Torwaiphoto

Ketiak menjadi salah satu tempat dimana keringat seringkali muncul. Meskipun mencukur bulu ketiak tidak akan membuat produksi keringat menurun, namun jika mencukur secara rutin akan membantu mengurangi penyerapan bau pada bulu ketiak.

Jika bulu ketiak terlalu lebat, bakteri akan bertumbuh lebih cepat dan membuat ketiak menjadi terlalu lembap dari biasanya.

5. Menggunakan deodoran dan antiperspiran

5. Menggunakan deodoran antiperspiran
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Seringkali kedua produk ini dianggap sama, padahal deodoran dan antiperspiran memiliki fungsi yang berbeda untuk tubuh. Deodoran berfungsi untuk mengurangi aroma tidak sedap yang dihasilkan dari keringat, sedangkan antiperspiran berfungsi untuk mengurangi jumlah produksi keringat.

Kedua produk tersebut bisa Mama gunakan untuk meminimalisir aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh. Gunakan sesuai dengan kebutuhan Mama, ya!

6. Mengatur pola makan

6. Mengatur pola makan
Freepik

Tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja, namun menjaga pola makan yang sehat juga menjadi penentu bau badan yang dikeluarkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan, tubuh akan lebih bersih dibandingkan dengan makan-makanan yang tidak sehat.

Namun, perlu Mama ingat untuk tidak terlalu sering mengonsumsi sayuran yang mengandung belerang seperti kubis, brokoli, dan kol yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Nah, itulah enam hal yang bisa Mama lakukan untuk membuat badan memiliki aroma badan dengan wangi yang alami tanpa perlu menggunakan parfum. Mama bisa menghindari bau badan yang tidak sedap dengan melakukan hal-hal ini. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk