Jelang Puasa & Lebaran, Ini Dia Inspirasi Busana Muslim dari Desainer

Busana Ivan Gunawan dan Barli Asmara bisa jadi koleksi Hari Raya tahun ini

13 Maret 2020

Jelang Puasa & Lebaran, Ini Dia Inspirasi Busana Muslim dari Desainer
Popmama.com/Bima Bintoro, Onic Metheany

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan 1441 H. Apa saja persiapan yang sudah keluarga lakukan untuk merayakan bulan puasa dan Lebaran?

Busana muslim menjadi salah satu yang kerap disiapkan untuk menyambut puasa dan lebaran.

Nah, kalau kamu masih bingung memilih busana muslim terbaik untuk lengkapi gayamu, berikut ini beberapa rekomendasi busana muslim dari para desainer ternama di Indonesia. 

Yuk, simak pantauan Popmama.com berikut ini!

1. Koleksi Amala dari KAMI

1. Koleksi Amala dari KAMI
Popmama.com/Bima Bintoro

Warna-warna earth tone yang kalem membuat Amala sangat cocok untuk kamu vintage soul. Dengan motif print yang modis dapat digunakan untuk acara santai.

Koleksi ini terinpirasi dari Tibetan rugs dengan akses tradisional craft yang lahir kisaran tahun 1903-04 lalu. 

Kamu akan menemukan ornamen Tibetan rugs, floral, mandala, dan clouds yang simpel.  

2. Landscape Italia menjadi inspirasi busana lebaran terbaru dari Ivan Gunawan

2. Landscape Italia menjadi inspirasi busana lebaran terbaru dari Ivan Gunawan
Popmama.com/Onic Metheany

Siapa sangka liburan ke Italia membuat Ivan Gunawan mendapatkan inspirasi untuk karya busana muslim terbarunya. Dengan tema Boungiorno atau selamat pagi dari bahasa Italia, koleksi ini masuk dalam busana Mandjha Hijab dan Khalif Men's Wear.

Terhitung 57 koleksi Mandja Hijab dan 30 koleksi Khalif Men's Wear. Banyak koleksi gamis juga lho yang simpel dan dapat digunakan untuk segala aktivitas. 

Sekitar 800 koleksi Ivan Gunawan rilis sebagai koleksi Lebaran tahun 2020. Ivan Gunawan menghadirkan Boungiorno sebagai tren yang ia buat sendiri yang terinspirasi dari keindahan Hotel Grand Hotel Plaza, Roma, Italia pada abad 19. 

Editors' Picks

3. Koleksi ETU yang bertemakan The Clover Code

3. Koleksi ETU bertemakan The Clover Code
Popmama.com/Bima Bintoro

Pada penyelenggaraan Muslim Fashion Festival 2020 pada 22 Februari 2020 lalu, ETU mengeluarkan koleksi terbarunya bertema The Clover Code.

ETU merupakan fashion brand dari seorang desainer muda, Restu Anggraini. Dalam koleksi tersebut terlihat begitu anggun namun tetap simpel. 

The Clover Code terinpirasi dari bangunan kota Jakarta. Daun semanggi sebagai ikonik kota Jakarta menjadi salah satu motif yang ada dalam koleksi ini. Koleksi ETU didominasi dengan warna-warna seperti hijau tua, abu-abu, putih gading, warna emas, dan warna kopi espresso yang unik. 

Untuk jenis kain, ETU menggunakan jenis kain satin dengan tule yang cantik serta sentuhan organza yang membuatnya terlihat semakin mewah. Jenis kain ini sangat cocok untuk segala bentuk tubuh. 

Dalam panggung catwalk, para model ETU menggunakan riasan simpel dengan produk Wardah Exclusive Series. 

4. Koleksi Barli Asmara yang bertajuk Neelakurinji

4. Koleksi Barli Asmara bertajuk Neelakurinji
Popmama.com/Bima Bintoro

Pada perhelatan Muslim Fashion Festival 2020 (MUFEST) yang diadakan pada Sabtu (22/2/2020) di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Barli Asmara mengenalkan koleksi bertajuk Neelakurinji, Barli mengenalkan 13 koleksi busana muslim. Sesuai dengan temanya, Neelakurinji merupakan kumpulan 12 bunga yang hanya tumbuh di India 12 tahun sekali.

"Selain dari bunga, saya juga mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan budaya di India seperti lagu, film, cara bicara, bahkan sampai cara mereka menggunakan selendang, semua saya pelajari dari tahun lalu sehingga menjadi inspirasi saya untuk koleksi ini, dan ini pun akan menjadi inspirasi saya untuk koleksi lebaran nanti," kata Barli Asmara saat ditemui dalam. Wardah Feel the Perfection dalam MUFFEST 2020. 

5. Busana muslim bertajuk OASE karya Ayu Dyah Andari

5. Busana muslim bertajuk OASE karya Ayu Dyah Andari

Ayu Dyah Andari juga mengeluarkan koleksi terbarunya dalam MUFEST 2020 lalu. Berkolaborasi dengan Wardah Fashion Journey, Ayu Dyah Andari memamerkan 12 koleksi busana di atas catwalk.

Ayu menggunakan tema OASE yang kerap diartikan dengan daerah subur penuh air di tengah hamparan padang pasir. Warna eath tone sangat identik pada koleksinya kali ini. Sangat cocok buat Mama yang nggak terlalu suka busana muslim yang terlalu cerah. 

Sebut saja warna cokelat, champagne, putih gading, serta warna nude sangat bagus digunakan untuk segala kesempatan. 

Bukan hanya warna, detail-detail yang ditampilkan pada setiap busana yang dikenalkan pun sangat cantik dan menambah kekuatan di setiap koleksinya.  

Itulah beberapa inspirasi koleksi busana muslim yang bisa Mama pilih untuk melengkapi suasana puasa dan lebaran. Suka yang mana, nih Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.