Semakin Menawan dengan Extension Bulu Mata

Sebelum mulai tanam bulu mata, simak informasi ini dulu ya

12 Februari 2018

Semakin Menawan Extension Bulu Mata
Popmama.com/Bima Bintoro

Salah satu penunjang makeup menjadi sangat sempurna adalah dengan memasang bulu mata palsu. Namun, bagi sebagian perempuan tahap ini menjadi cukup membosankan dan nggak praktis.

Hal tersebut mendorong beberapa salon menyediakan treatment eyelash extension sebagai produk andalan mereka. Melihat kepopuleran dari extension bulu mata ini, kami pun mencoba untuk melakukan tanam bulu mata di Everlash Lash Expert, sebuah butik sambung bulu mata kawasan Kemang Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan ini kami bertemu dengan Yuliana Dewi Nyoto, selaku owner dari Everlash Lash Expert. Kami menelisik banyak informasi seputar extension bulu matadari beliau.

Bagi Mama, yang ingin mencoba melakukan tanam bulu mata agar tampil mempesona sejak bangun tidur, simak beberapa penjelasan dari Yuliana Dewi Nyoto mengenai extension bulu mata berikut ini yuk!

1. Hal yang harus disiapkan sebelum melakukan extension bulu mata

1. Hal harus disiapkan sebelum melakukan extension bulu mata
Popmama.com/Bima Bintoro
Yuliana Dewi Nyoto, selaku owner dari Everlash Lash Expert

Menurut Yuliana, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum  melakukan tanam bulu mata, yaitu: 

  1. Ajukan beberapa pertanyaan terlebih dahulu pada dirinya sendiri. Pertanyaan pertama, apa sebenarnya motivasi yang dimiliki konsumen dalam melakukan extension bulu mata? Apakah ingin traveling, mau datang ke sebuah acara, atau hanya untuk penampilan sehari-hari agar bisa tetap tampil menakjubkan tanpa harus banyak touch up makeup. 
  2. Disarankan untuk memilih model bulu mata yang sesuai dengan profesi kamu. Misalnya, jika kamu bekerja sebagai karyawan dalam sebuah perusahaan atau ibu rumah tangga, sebaiknya menggunakan eyelash yang natural dan nggak terlalu mencolok.
  3. Lakukan research terlebih dahulu mengenai salon, terapisnya, dan produk yang digunakan, apakah sudah aman, profesional, dan terjamin mutunya. 
  4. Pastikan kalau kamu nggak punya alergi kulit dan kamu dalam keadaan sehat dan nggak stres. 

Menurut Yuliana, penting sekali, menggunakan extension bulu mata sesuai dengan personality, daily lifestyle, dan disesuaikan dengan profesi.

Hal ini berguna agar orang tersebut dapat memiliki eyelash extension yang sesuai dengan dirinya sehingga ia tahu betul kalau bulu mata tersebut akan cocok dengan dirinya dan tidak menggangu dalam menjalani segala rutinitas.

2. Jujur dengan kondisi kulit

2. Jujur kondisi kulit
Popmama.com/Bima Bintoro
Sebelum proses pemasangan bulu mata, makeup sekitar mata akan dibersihkan dulu

Ini sangat penting! Banyak dari kita yang kurang peduli dengan kondisi kulit kita. Sebelum melakukan tanam bulu mata, sebaiknya kamu mengatakan secara detail yang berkaitan dengan kondisi kulitmu, termasuk kulit yang sensitif dan mudah alergi.

Yuliana mengatakan para konsumen diwajibkan untuk mengisi formulir sebelum proses penanaman bulu mata oleh terapis. “Di sini, semua konsumen harus mengisi beberapa pertanyaan yang terdapat pada formulir kami. Mereka akan mengisi informasi mengenai kondisi kulit mereka seperti apakah ada sensitif pada kulit dan mata, lalu apakah mereka alergi dengan debu, dan beberapa daftar pertanyaan lain. Mereka harus menginformasikan sejujur-jujurnya tentang kondisi kulit mereka pada terapis atau customer service kami.” Ungkap Yuliana.

3. Jika memiliki kulit sensitif, ini yang harus dilakukan!

3. Jika memiliki kulit sensitif, ini harus dilakukan
Popmama.com/Bima Bintoro

Pada sesi wawancara, Yuliana juga menambahkan ketika konsumen ternyata memiliki sensitif pada kulitnya, terapi akan menyarankan konsumen untuk melakukan patch test, atau metode yang digunakan untuk menentukan apakah zat tertentu menyebabkan peradangan alergi pada kulit konsumen.

Patch test sendiri berguna untuk mengantisipasi terjadinya alergi yang ditimbulkan akibat penggunaan lem pada eyelash yang dipasangkan.

Sebagai informasi, Everlash Lash Expert menggunakan Novalash, produk lash extension nomor saru di Amerika yang menggunakan lem dengan bahan paling aman dan berbahan sintetis yang tidak menyebabkan alergi dan memiliki ketebalan mirip bulu mata asli manusia.

Lem ini telah lolos uji dari Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

4. Mengapa setelah pemasangan bulu mata akan terasa perih ketika membuka mata?

4. Mengapa setelah pemasangan bulu mata akan terasa perih ketika membuka mata
Popmama.com/Bima Bintoro

Setelah pemasangan, pada proses pengeringan lem dapat mengeluarkan uap. Ibarat seperti memotong bawang, bawang tidak masuk mata tapi kita merasa perih. Bayangkan ini adalah lem yang cukup dekat dengan mata, itulah sebabnya iritasi ringan akan terjadi dari efek uap dari lem tersebut.

Oleh sebab itu, saat penanaman bulu mata, mata harus tertutup dengan rapat untuk menghindari rasa perih.

Pihak salon biasanya akan langsung memberikan obat tetes mata jika  konsumen merasa perih ketika membuka mata setelah pemasangan. 

Disarankan, ketika pemasangan konsumen tidak membuka mata atau melihat handphone, karena akan menaikkan risiko mata perih hingga memerah. Toleransi iritasi ringan pada mata tidak membahayakan hanya terasa nggak nyaman saja.

Editors' Picks

5. Perawatan eyelash extension

5. Perawatan eyelash extension
Popmama.com/Bima Bintoro

Setelah pemasangan eyelash extension, kamu harus menjaga si bulu mata ya. Sebaiknya, jangan langsung mengucek mata, memegangnya, bahkan sampai memelintir bulu mata. Nanti bulu mata kamu bisa copot, bahkan sampai bulu mata aslinya.

Penjempitan bulu mata dan penggunaan maskara disarankan untuk tidak digunakan. Terutama jika kamu memilih extension bulu mata yang bervolume. Namun, jika kamu memilih bulu mata yang perhelai, kamu dapat menggunakan maskara khusus extension bulu mata ya.

Semakin Menawan Extension Bulu Mata
Popmama.com/Bima Bintoro

Bulu mata dibuat hand made, terutama bagi lash extension yang bervolume, bulu mata dipasang satu-persatu hingga menyerupai kipas. Jadi, jika pakai maskara otomatis akan menempel atau bulu mata akan menggumpal, seninya pun akan hilang. Duh, sayang banget kan!

Banyak salon yang menyarankan untuk menghindari air setelah pemasangan. Produk dari Everlash Lash Expert diciptakan waterpoof dan oilproof, jadi tidak masalah jika kamu  membersihkan makeup dengan air dan sabun, tapi tetap pelan-pelan ya untuk bagian matanya.

Gunakan sabun tanpa scrub dan menggosok halus bagian mata dengan cotton bud yang telah diolesi baby oil atau makeup remover alcohol free dan tidak menempelkan kapas yang telah dibasahi air atau makeup remover pada bagian bulu matanya.

6. Amankah untuk ibu hamil?

6. Amankah ibu hamil
cdn-a.william-reed.com

Itulah pentingnya sebelum melakukan pemasangan bulu mata, konsumen perlu melakukan research terlebih dahulu dari salon yang mereka pilih untuk melakukan tanam bulu mata. Pastikan produk tersebut aman digunakan untuk ibu hamil dan janinnya.

Produk di Everlash Lash Expert tidak mengandung formalin. Selain itu, produk tersebut telah dipercaya di Amerika yang telah teruji aman untuk kesehatan sehingga aman juga digunakan ibu hamil. "Produk yang kami gunakan terbuat dari bahan yang tidak akan menyebabkan bulu mata asli botak dan tidak akan menyebabkan alergi," tambah Yuliana.

Mungkin saat pemasangan akan membuat ibu hamil merasa pegal karena pemasangan yang begitu detail membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam. "Kami akan menyarankan pelanggan yang sedang hamil untuk sesekali mengubah posisi agar ia tetap nyaman dan tidak merasa pegal," katanya. 

7. Apakah pemasangan extension bulu mata dapat menyebabkan bulu mata asli rontok?

7. Apakah pemasangan extension bulu mata dapat menyebabkan bulu mata asli rontok
Popmama.com/Bima Bintoro

Menurut Yuliana, secara alami bulu mata akan mengalami siklus pergantian dari bulu mata yang sudah tua menjadi remaja kembali. Siklus tersebut membuat bulu mata terlepas helai demi helai dan digantikan dengan bulu mata baru.

“Ini yang membuat orang masih salah persepsi, kalau pemasangan lash extension dapat membuat kebotakan. Tapi konsumen juga harus hati-hati dalam menentukan salon untuk melakukan eyelash extension, jika salon tersebut tidak menggunakan produk yang tidak terjamin mutunya, bisa saja kebotakkan itu terjadi. Jadi, jangan lupakan untuk selalu melakukan research dari salon dan produk yang digunakan ya sebelum melakukan eyelash extension,” ungkap Yuliana.

Everlash Lash Expert menggunakan produk unggulan yang telah lolos uji badan obat dan makanan di Amerika jadi telah dipastikan produk yang digunakan aman dan terjamin kesehatannya. Sehingga, lash extension di sini dapat dipastikan tidak akan membuat kebotakan pada bulu mata asli.

Konsumen sebaiknya melihat, jika bulu mata yang jatuh itu menyerupai kipas dapat dipastikan itu adalah lash extension yang sudah lepas. Biasanya, ini terjadi secara bertahap hingga kurang lebih 4 minggu setelah pemasangan.

Itulah informasi seputar extension bulu mata. Kami sendiri telah mencoba eyelash extension di Everlash Lash Expert. Saat artikel ini dibuat, eyelash extension pada penulis sudah masuk minggu ke-dua.

Meski sedikit demi sedikit mulai rontok, tapi bulu mata penulis masih on point lho hehe. Penulis merasa lebih percaya diri saat menggunakan bulu mata tanam ini karena bulu mata asli penulis cenderung sedikit. 

Bagaimana Ma, tertarik mencoba eyelash extension?