Perlu Diketahui, Ini 4 Jenis Kepribadian Manusia secara Psikologis

Dari beberapa jenis kepribadian ini, kira-kira Mama termasuk yang mana?

12 Februari 2020

Perlu Diketahui, Ini 4 Jenis Kepribadian Manusia secara Psikologis
Freepik

Pada umumnya manusia memiliki beragam karakter dan sifat yang berbeda-beda. Biasanya orang lebih mengenal sebutan introvert, ekstrovert dan ambivert sebagai kategori kepribadian. Namun sebenarnya, ilmu psikologi memiliki teori yang luas dan bermacam-macam.

Ilmu psikologi yang membahas jenis kepribadian manusia pertama kali diperkenalkan pada tahun 370an Sebelum Masehi oleh Hipppocrates. Ia memiliki pandangan bahwa alam semesta terdiri dari empat unsur, yaitu kering, basah, dingin dan panas. Keempat unsur ini diyakini dimiliki juga oleh manusia.

Kemudian pendapat tersebut dikembangkan oleh Galenus yang mengemukakan adanya dominasi antara salah satu unsur dengan unsur lainnya sehingga muncul kepribadian khas pada diri seseorang. Teori ini akhirnya dikenal sebagai teori Hippocrates-Galenus.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum jenis-jenis kepribadian seperti apa yang dimiliki setiap manusia menurut pandangan Psikologi.

1. Sanguinis si optimis, humoris, dan aktif

1. Sanguinis si optimis, humoris, aktif
Freepik

Sanguinis memiliki unsur kepribadian yang panas. Sanguinis dikenal memiliki pembawaan ceria, aktif dan optimis. Biasanya pribadi seperti ini sangat mudah bergaul dan mudah membangun suasana menjadi lebih menyenangkan. Sanguinis juga dikenal sebagai orang yang percaya diri dan dapat dipercaya.

Selain itu, sanguinis juga memiliki sifat yang mudah bosan dan terkesan berantakan. Sehingga terkadang sering terlihat semaunya.

Kepribadian sanguinis dikenal kreatif dan cocok menjadi seniman. Kemampuan alami sanguinis juga baik jika memilih pekerjaan yang berhubungan dengan dunia hiburan, travel, fashion, kuliner, dan marketing.

2. Koleris si emosional, logis, dan keras kepala

2. Koleris si emosional, logis, keras kepala
Freepik

Koleris memiliki unsur kepribadian yang kering. Koleris dikenal memiliki pembawaan emosional, logis dan keras kepala. Biasanya pribadi seperti ini banyak dipilih menjadi pemimpin. Hal ini karena koleris memiliki kepribadian yang keras kepala dan logis sehingga bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Selain itu, koleris memiliki kepribadian yang fokus dan mandiri serta  berani mengambil risiko dalam keputusan yang mereka buat.

Namun sifat korelis yang keras kepala dan mudah emosi bisa menjadi sifat buruknya terutama jika suatu pekerjaan berjalan lambat.

Kepribadian koleris juga dikenal suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki banyak pembicaraan serius. Kemampuan alami koleris akan baik jika ditempatkan pada pekerjaan yang terkait dengan teknologi, statistik, teknik dan bidang pemrograman.

Editors' Picks

3. Melankolis si serius, sensitif, dan tekun

3. Melankolis si serius, sensitif, tekun
Freepik

Melankolis memiliki unsur kepribadian yang basah. Melankolis dikenal memiliki pembawaan yang serius dan tekun sehingga dalam membuat perencanaan akan dilakukan secara detail. Selain itu, melankolis juga tipe yang mencintai keluarga dan berjiwa sosial.

Sifat buruk melankolis yang terlalu sensitif membuatnya mudah khawatir dengan apa yang akan terjadi pada hidup. Kepribadian melankolis juga cenderung susah untuk percaya dengan orang lain.

Kepribadian alami melankolis akan sangat baik jika ia memilih menjadi manajer, akuntan, pekerja sosial dan administrasi.

4. Plegmatis si santai, tenang, dan teratur

4. Plegmatis si santai, tenang, teratur
Freepik

Plegmatis memiliki unsur kepribadian yang dingin. Plegmatis memiliki pembawaan yang santai dan cinta damai. Biasanya pribadi seperti ini memiliki hubungan yang baik dengan keluarga termasuk tetangga.

Selain itu kepribadian plegmatis dikenal sebagai seorang yang sabar dan lembut sehingga sangat baik jika ikut dalam acara  amal atau bakti sosial.

Namun sifat buruk seorang plegmatis ialah sering memendam masalah karena tidak enak dengan orang lain sehingga merugikan hidupnya. Sifat plegmatis juga cenderung lama dalam mengambil keputusan karena selalu mementingkan orang lain terlebih dahulu.

Kepribadian alami plegmatis akan baik jika ditempatkan pada suatu pekerjaan seperti perawat, guru, psikolog, konseling.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!