Doa Nabi Yusuf dan Artinya Beserta Keutamaannya

Agar rumah tangga Mama harmonis, amalkan doa ini ya!

5 Desember 2021

Doa Nabi Yusuf Arti Beserta Keutamaannya
Freepik/rawpixel.com

Doa Nabi Yusuf adalah salah satu doa nabi yang diabadikan dalam Kitab Suci Al Quran. Sama seperti doa-doa lainnya, Doa Nabi Yusuf juga memiliki keutamaan dan manfaat bagi yang bersungguh-sungguh sungguh.

Ada beberapa doa nabi yusuf yang bisa Mama panjatkan untuk mendapatkan keutamaannya. Berikut ini selangkapnya mengenai doa Nabi Yusuf beserta keutamaannya:

Doa Nabi Yusuf

Doa Nabi Yusuf
Freepik/Jcomp

Berikut ini  Popmama.com  ulas doa Nabi Yusuf yang perlu kamu ketahui:

1. Doa Nabi Yusuf agar dijauhkan dari godaan para setan

1. Doa Nabi Yusuf agar dijauhkan dari godaan para setan
Unsplash/Hasan Almasi

Nabi Yusuf menghadapi banyak cobaan di dalam kehidupannya. Salah satu cobaan terberat dalam hidup Nabi Yusuf adalah saat digoda oleh ibu tirinya.

Cara Nabi Yusuf menghindari cobaan tersebut yaitu dengan memanjatkan doa. Beliau meminta kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala tipu daya maupun godaan para setan.

Doa yang dipanjatkan ada pada Quran Surat Yusuf ayat 33 yaitu:

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.

Artinya :

Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.

2. Doa Nabi Yusuf sebagai pengasih

2. Doa Nabi Yusuf sebagai pengasih
Freepik/freepik

Doa Nabi Yusuf selanjutnya yaitu doa sebagai pengasih. Doa pengasih terdapat pada Al-Quran Surat Yusuf ayat 4. 

Bunyi doa pengasih Nabi Yusuf yaitu sebagai berikut:

"iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn"

Artinya:

"(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku."

3. Doa Nabi Yusuf ketika bercermin

3. Doa Nabi Yusuf ketika bercermin
Freepik/rawpixel.com

Setiap hal yang kita lakukan harus atas nama Allah SWT, termasuk saat sedang bercermin. Mama bisa mengamalkan doa Nabi Yusuf ketika sedang bercermin ini.

Nabi Yusuf memanjatkan doa ketika sedang bercermin agar beliau diberikan Allah SWT rupa serta akhlak yang baik. Doa ini juga menjadi salah satu doa untuk meminta kebaikan akhlak maupun kecantikan dan ketampanan rupa dari Allah SWT.

Adapun doa yang bisa Mama panjatkan saat bercermin yaitu sebagai berikut:

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

“Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuliqi.”

Artinya :

“Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

Editors' Picks

4. Doa Nabi Yusuh agar mendapatkan cinta

4. Doa Nabi Yusuh agar mendapatkan cinta
Freepik/Jcomp

Banyak muslim yang meyakini jika doa Nabi Yusuf ini adalah doa yang dipanjatkan ketika ingin mendapatkan rasa cinta dari orang lain. Mama bisa memanjakannya apabila ingin memiliki aura yang indah serta menambah rasa kasih sayang orang lain.

Baca doa ini secara sungguh-sungguh untuk mendapatkan cinta:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

“Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.”

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

Keutamaan Doa Nabi Yusuf

Keutamaan Doa Nabi Yusuf
Freepik

Inilah keutamaan doa Nabi Yusuf apabila dipanjatkan dengan sungguh-sungguh:

1. Terhindar dari berbagai musibah

1. Terhindar dari berbagai musibah
Freepik/rawpixel-com

Allah SWT memberikan musibah kepada umatnya sebagai bentuk cobaan agar semakin dekat dengan-Nya. Ketika menghadapi musibah, setiap muslim dianjurkan agar berdoa kepada Allah SWT.

Doa Nabi Yusuf adalah salah satu doa yang bisa diamalkan ketika muslim sedang menghadapi musibah. Selain itu, doa Nabi Yusuf juga bisa diamalkan untuk menghindari berbagai jenis musibah.

Hal tersebut seperti ketika Nabi Yusuf digodal oleh seorang perempuan, beliau akan berdoa kepada Allah SWT agar terhindar dari cobaan yang bisa membawa musibah. Sebagai muslim, Mama juga mengamalkannya untuk menghindari musibah.

2. Memiliki hubungan rumah tangga yang lebih harmonis

2. Memiliki hubungan rumah tangga lebih harmonis
Pexel/August de Richelieu

Zulaikha merupakan istri dari Nabi Yusuf AS. Sebelum menjadi istrinya, Zulaikha sempat menggoda Nabi Yusuf karena tergoda dengan ketampanan beliau.

Akan tetapi Zulaikha kemudian bertaubat dan kembali ke jalan Allah SWT. Saat berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT, Nabi Yusuf dan Zulaikha bersatu kembali.

Kisah tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi para muslim yang sudah memiliki pasangan. Dengan mengamalkan doa untuk dicintai, maka hubungan suami istri akan jauh lebih langgeng dan harmonis.

3. Diberikan kemudahan untuk melawan hawa nafsu

3. Diberikan kemudahan melawan hawa nafsu
Freepik/rawpixel.com

Manfaat doa Nabi Yusuf selanjutnya yaitu diberikan kemudahan untuk melawan hawa nafsu. Layaknya Nabi Yusuf, para muslim yang ada di dunia ini pasti juga pernah mendapatkan godaan dari setan.

Ujian dan godaan tersebut adalah bagian untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan muslim kepada Allah SWT.

Doa Nabi Yusuf yang dibacakan setiap malam bisa membantu Mama mendapatkan kekuatan untuk melawan hawa nafsu atas seizin Allah SWT. Namun hal tersebut tentu saja harus dibarengi dengan ikhtiar serta usaha.

4. Diberikan kekuatan untuk menghadapi ujian

4. Diberikan kekuatan menghadapi ujian
Pexels/RODNAE Production

Bukan hanya ujian untuk melawan hawa nafsu saja, setiap manusia juga mendapatkan ujian dan cobaan lainnya dalam hidupnya. Setiap pertanyaan dari Allah SWT selalu berada pada batas kesanggupan masing-masing manusia.

Membaca doa Nabi Yusuf membuat muslim lebih ikhlas dan sabar dalam menghadapi ujian. Nabi Yusuf sendiri mendapatkan ujian yang sangat berat sejak kecil seperti difitnah, dibuang oleh saudaranya, dipenjara, dan lain-lain.

5. Memancarkan aura wajah bercahaya

5. Memancarkan aura wajah bercahaya
Pexels/olly

Setiap orang pasti ingin memiliki aura wajah yang bercahaya karena bisa memberikan efek yang baik pada orang lain. Doa Nabi Yusuf yang diamalkan setiap hari bisa membantu Mama mendapatkan aura wajah yang kuat dan bercahaya.

Jika perempuan, Mama akan tampak lebih cantik. Sedangkan jika pria, Mama akan tampak lebih tampan. Bukan hanya itu saja, apabila Mama adalah pemimpin maka aura wajah Mama lebih kharismatik dan rupawan.

Itulah pembahasan mengenai doa Nabi Yusuf yang perlu para muslim ketahui. Amalkan doa-doa tersebut agar Mama bisa mendapatkan manfaat dan keutamaannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk