Tak Perlu Minum Obat, Ini 7 Cara Agar Cepat Haid

Ada cara alami kok untuk mempercepat haid, Ma

8 Maret 2019

Tak Perlu Minum Obat, Ini 7 Cara Agar Cepat Haid
Freepik

Saat sudah waktunya haid tapi kok belum datang juga, rasa cemas seringkali datang mengganggu ya, Ma?

Haid datang terlambat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari stres, terlalu lelah, berat badan kurang atau justru berlebihan, sindrom PCOS (polycystic ovary syndrome), hingga masalah hormon.

Nah, jika Mama tidak sedang program hamil dan haid tak kunjung datang, ada beberapa cara agar cepat haid yang bisa Mama lakukan. Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya:

1. Perbanyak konsumsi vitamin C

1. Perbanyak konsumsi vitamin C
Freepik/Jcomp

Dilansir Healthline, dipercaya bahwa vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan kadar hormon progesteron.

Pada gilirannya, kondisi ini dapat membuat rahim berkontraksi dan mempercepat datangnya haid.

Untuk mencoba metode ini, Mama bisa memperbanyak konsumsi sumber vitamin C dalam asupan sehari-hari. Termasuk di antaranya jeruk, buah-buahan berry, blackcurrant, brokoli, bayam, kubis, paprika merah dan hijau, dan tomat.

2. Mengonsumsi teh jahe

2. Mengonsumsi teh jahe
Freepik

Jahe adalah salah satu obat tradisional yang diyakini bisa mempercepat datangnya haid, sekaligus dapat memicu kontraksi di rahim.

Agar lebih enak dikonsumsi, jahe bisa Mama olah menjadi seduhan teh hangat. Rebus sepotong jahe yang sudah dikupas dan diiris. Setelah itu, saring dan tambahkan madu jika Mama ingin mendapatkan rasa manis yang alami.

Teh jahe ini lebih nikmat jika diminum dalam kondisi hangat, Ma. Selain membantu mempercepat haid, teh jahe ini juga membuat perut Mama jadi lebih nyaman.

3. Memasak dengan menggunakan bumbu kunyit

3. Memasak menggunakan bumbu kunyit
Freepik/Jigsawstocker

Selain jahe, obat tradisional lain yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat haid adalah kunyit. Konsumsi kunyit juga diyakini dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh.

Jika jahe cocok dijadikan teh hangat, maka kunyit lebih cocok dijadikan tambahan bumbu dalam masakan, Ma. Menu makanan yang bisa menggunakan tambahan kunyit misalnya seperti kari.

Mama juga bisa meminum jamu kunyit yang ditambahkan sedikit madu agar terasa lebih manis.

Editors' Picks

4. Lakukan teknik relaksasi

4. Lakukan teknik relaksasi
Pexels/Max Nikhil Thimmaya

Seperti disebutkan sebelumnya, stres kadang-kadang juga bisa menjadi penyebab haid datang terlambat atau bahkan lewat dari siklus biasa, Ma. Oleh sebab itu, jika Mama ingin haid datang cepat atau tetap lancar, upayakan untuk jauh dari stres.

Saat stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol atau adrenalin yang menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron. Padahal kedua hormon ini penting mempertahankan siklus haid yang teratur.

Salah satu penangkal stres adalah teknik relaksasi, Ma. Beberapa contoh teknik relaksasi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres adalah meditasi dan yoga. Mama akan diajari untuk lebih rileks dan juga latihan napas dalam.

Jangan lupa untuk sediakan waktu bersama teman dan keluarga, serta batasi jam kerja agar tak berlebihan. Ini juga menjadi salah satu penyebab stres.

5. Kompres atau mandi air hangat

5. Kompres atau mandi air hangat
Freepik

Salah satu cara alami yang bisa Mama lakukan di rumah untuk mempercepat datangnya haid adalah dengan kompres atau mandi air hangat. Selain membantu mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang, hal ini juga membantu menghilangkan stres emosional.

Jika bisa, tambahkan juga minyak esensial atau wewangian ke dalam bak mandi untuk mendapatkan manfaat tambahan.

Untuk kompres, gunakan botol berisi air panas dan diamkan di perut. Selain membuat rileks, hal ini juga membantu meningkatkan aliran darah ke area sekitar perut, sehingga secara perlahan mempercepat siklus haid.

Baca juga: 

6. Menjaga berat badan ideal dan makan bergizi

6. Menjaga berat badan ideal makan bergizi
Pexels/Jenna Hamra

Kelebihan atau kekurangan berat badan tak cuma berpengaruh pada kesehatan fisik Mama, tapi juga pada sistem reproduksi dan ovulasi. Apabila ovulasi terganggu, maka siklus haid juga akan mengalami masalah.

Oleh sebab itu, ada baiknya Mama mulai menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Salah satunya dengan rutin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

Sebisa mungkin, hindari konsumsi makanan berpengawet atau mengandung bahan-bahan kimia berbahaya lainnya.

Tak hanya memuaskan diri sendiri dengan makanan sehat, tapi hindari juga gaya hidup tak sehat yang bisa mengganggu siklus haid seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, terpapar polusi udara dan jarang olahraga.

7. Minum air kelapa hijau

7. Minum air kelapa hijau
Pexels/7.hust

Memiliki banyak kandungan antioksidan alami, air kelapa hijau sangat baik diminum bagi kesehatan tubuh. Manfaatnya bahkan bisa dirasakan pada kesehatan reproduksi, Ma.

Ya, air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai antibakteri, antijamur dan juga antivirus.

Jadi, untuk mengembalikan siklus haid, jangan buru-buru minum obat, ya. Lakukan dulu beberapa cara alami yang disebutkan di atas, ya. Selamat mencoba, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!