8 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Bencana

Perlengkapan apa saja ya yang perlu disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam?

7 Januari 2019

8 Benda Wajib Ada Dalam Tas Bencana
Pixabay/3dman_eu

Indonesia tercatat sebagai salah satu Negara di dunia yang rawan gempa. Pasalnya, Indonesia terletak diantara tiga lempeng tektonik yang secara aktif terus mengalami pergeseran, yakni Lempeng Pasifik, Lempeng Hindia-Australia dan Lempeng Eurasia.

Kondisi inilah yang rentan menyebabkan terjadinya bencana alam seperti gempa bumi, tsunami atau gunung meletus di sebagian besar wilayah Indonesia.

Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pekan lalu seakan menyadarkan kita bahwa bencana alam bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Mengantisipasi terjadinya bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganjurkan masyarakat untuk menyiapkan tas bencana yang berisi perangkat darurat seperti senter atau P3K, terutama di daerah yang rawan terjadi bencana.

Di Jepang, tas bencana ini merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki setiap rumah mengingat aktivitas gempa rutin terjadi di Negara tersebut.

Disana, tas bencana bahkan tersedia di minimarket kecil sekalipun dengan isi peralatan di dalamnya yang lebih lengkap, seperti minuman, makanan ringan, emergency kit, pampers dan masih banyak lagi.

Lantas apa saja yang perlu disiapkan? Berikut ini Popmama.com sebutkan yang wajib ada di tas bencana untuk Mama siapkan:

1. Kotak P3K

1.	Kotak P3K
Pixabay/Stevepb

Kotak ini wajib dimiliki setiap rumah tangga. Umumnya, kotak ini berisi perlengkapan darurat untuk mengobati luka seperti plester, perban, kapas, obat antiseptik, masker, kasa steril, dan obat-obatan standar seperti parasetamol.

2. Peluit

2.	Peluit
Pixabay/Makamuki0

Peluit digunakan pada saat membutuhkan pertolongan jarak jauh atau dalam kondisi terperangkap dibawah benda atau reruntuhan.

3. Senter

3.	Senter
Pixabay/Didgeman

Sesaat setelah terjadi bencana, pasokan listrik di daerah bencana pasti akan dipadamkan. Itulah sebabnya Mama harus menyiapkan senter di dalam tas bencana untuk alat penerangan darurat.

4. Dokumen penting

4.	Dokumen penting
Pixabay/Bluesnap

Kumpulkan dokumen penting seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir anak, buku nikah, buku rekening bank, ijasah, dan surat-surat penting lainnya ke dalam satu tas atau map. Dokumen penting ini berguna untuk melanjutkan masa depan.

Editors' Picks

5. Pakaian

5.	Pakaian
Pixabay/Pdpics

Siapkan satu atau dua pasang pakaian bersih beserta pakaian dalam untuk masing-masing anggota keluarga. Jika Mama memiliki bayi atau balita, sebaiknya sertakan beberapa buah popok sekali pakai dan selimut kecil untuk menjaganya tetap hangat.

6. Minuman

6.	Minuman
Pixabay/Hans

Pasca terjadinya bencana alam, biasanya air bersih menjadi kebutuhan yang paling banyak dicari. Maka, siapkan satu atau dua botol air minum untuk mencegah dehidrasi.

Baca juga: Kehilangan Orangtua Akibat Longsor, Hengki & Farel Diasuh Ridwan Kamil

7. Makanan tahan lama

7.	Makanan tahan lama
Pixabay/Auntmasako

Siapkan makanan tahan lama seperti mie instan atau biskuit untuk pertolongan pertama saat kelaparan saat terjadi bencana alam.

8. Power bank

8.	Power bank
Pixabay/Eak_kkk

Pastikan Mama menyiapkan power bank yang sudah terisi penuh untuk berjaga-jaga jika listrik padam saat bencana terjadi. Power bank berguna untuk mengisi baterai ponsel agar Mama bisa menghubungi keluarga dan mencari tau informasi terkini seputar lokasi bencana.

Karena bersifat darurat, maka sebaiknya pilih tas berbahan ringan seperti parasut atau kain dan berwarna terang agar mudah dikenali. Letakkan tas bencana di area pintu masuk supaya Mama mudah menjangkaunya saat berlari keluar rumah.