TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Hemat Belanja Kebutuhan Makanan saat Tengah Bulan

Momen tidak terduga adalah saat kebutuhan makanan habis, berikut cara hemat belanja di tengah bulan

19 Agustus 2022

Cara Hemat Belanja Kebutuhan Makanan saat Tengah Bulan
Freepik/bump23

Belanja bulanan menjadi agenda rutin yang kerap Mama lakukan menjelang pergantian bulan. Jika sesuai perhitungan, biasanya bahan makanan tersebut cukup untuk konsumsi selama satu bulan. Sayangnya terkadang ekspektasi tidak sesuai realitas. Bahan makanan yang semula untuk jatah satu bulan justru sudah habis di pertengahan bulan.

Mau tidak mau, Mama harus mengeluarkan dana tambahan lagi yang berimbas pada finansial keluarga semakin menipis. Oleh karena itu, Mama  harus cermat mengelola keuangan supaya tidak kebablasan membeli barang yang sejatinya tidak begitu penting atau dibutuhkan oleh keluarga. 

Popmama.com memiliki kiat yang dapat Mama tiru sebagaicara hemat belanja kebutuhan makanan saat tengah bulan. Berikut uraiannya:

1. Membuat daftar barang kebutuhan yang harus dibeli atau diisi ulang karena sudah habis

1. Membuat daftar barang kebutuhan harus dibeli atau diisi ulang karena sudah habis
Freepik/freepik

Hal utama yang perlu Mama lakukan adalah membuat daftar barang kebutuhan yang sudah habis atau perlu dibeli. Cek di lemari penyimpanan apakah persediaannya cukup untuk setengah bulan ke depan.

Urutkan dari barang sesuai urgensinya. Jika dinilai sangat mendasar seperti beras, daging, sayur dan buah letaknya di nomor awal.

Sementara untuk barang yang sifatnya substisional atau tambahan, misalnya makanan ringan, nuget, cokelat maka bisa Mama hilangkan atau ditulis di nomor urut akhir.

Editors' Picks

2. Fokus untuk berbelanja barang makanan yang dibutuhkan saja, sisanya abaikan!

2. Fokus berbelanja barang makanan dibutuhkan saja, sisa abaikan
Freepik/pch.vector

Setelah membuat daftar belanja, selanjutnya Mama pergi toko swalayan atau pasar untuk mencari barang-barang tersebut. Fokus untuk mencari dan membeli barang yang sudah di-list saja ya Ma.

Daftar belanja ini membantu agar belanja lebih efektif dan efisien. Dengan dibuatnya daftar belanja sekaligus menjadi petunjuk Mama ke mana dan mencari apa. Jadi kantong tidak akan terkuras begitu dalam.

Jika Papa menemani kegiatan belanja tersebut, Papa berperan untuk mengingatkan Mama agar tidak membeli makanan atau barang yang kurang penting.

3. Membandingkan harga produk dengan toko atau e-commerce lainnya

3. Membandingkan harga produk toko atau e-commerce lainnya
Freepik/santiago1012

Berkat kecanggihan teknologi belanja kebutuhan makanan dapat dilakukan melalui gawai. Kehadiran e-commerce bisa Mama manfaat untuk membandingkan harga dengan harga pasaran di toko-toko, pasar swalayan atau supermarket.

Cari penjual yang memberikan harga termurah ya Ma. Biasanya platform belanja online menawarkan barang dengan harga lebih murah daripada toko fisik. Meskipun begitu jangan langsung terbuai. Mama harus memperhitungkan pula ongkos kirim (ongkir).

4. Belanja di tempat yang menyediakan potongan harga

4. Belanja tempat menyediakan potongan harga
Popmama.com/Ayesha Puri

Apabila Mama bukan tipe yang nyaman berbelanja daring maka solusinya adalah berbelanja di tempat yang menyediakan diskon. Tujuannya tidak lain untuk menghemat pengeluaran. Salah satunya adalah PT Supra Boga Lestari Tbk yang acap kali memberikan potongan harga kepada konsumennya.

PT Supra Boga Lestari sudah terkenal dengan brand-nya yang menjual barang makanan dan kebutuhan berkualitas premium. Brand tersebut antara lain Ranch Market, The Gourmet, Pasarina, Farmers Market, Farmers Family dan Day2Day. 

Masih dalam suasana Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77, PT Supra Boga Lestari Tbk menyelenggarakan program diskon menarik bertema Indonesia Market Pelago: dari Indonesia untuk Indonesia

Campaign ini sebagai bentuk apresiasi kepada talenta tanah air yang membantu memajukan pertumbuhan industri di Indonesia. Adanya seruan bertajuk Indonesia Market Pelago bertujuan guna menganjak masyarakat untuk cinta, pakai dan beli produk-produk buatan dalam negeri. 

“Sebagai salah satu supermarket asli Indonesia yang menyasar ke segmen Middle to Upper Class, kami mengajak seluruh customer kami untuk terus menggunakan produk lokal Indonesia. Mulai dari buah, sayur, daging, boga bahari, kebutuhan pangan, makanan ringan, produk kecantikan, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya,” ujar Maria Suwarni selaku Chief Marketing and Merchandising Officer PT Supra Boga Lestari Tbk pada acara Kick Off Ceremony di Margocity, Depok, Jawa Barat.

Adapun penawaran spesial bagi member MY TRUST dalam rangka perayaan 17 Agustus sebagai berikut:

  • 17% Cashback Voucher (senilai Rp 100.000) & 8% khusus Non-Member (senilai Rp 50.000)
  • 8x Point MyTRUST untuk pembelian produk Fresh (pada pukul 10.00 – 14.00 WIB)
  • Diskon 45% untuk pembelian produk peralatan rumah tangga Day2Day

Tidak hanya itu member MY TRUST juga berkesempatan memenangkan paket liburan gratis ke destinasi menarik, seperti Bromo, Yogyakarta, Bali, Labuan Bajo, dan Lombok. 

“Caranya mudah, cukup berbelanja Rp 100.000 member My TRUST akan mendapatkan 1 kupon undian yang akan dikirimkan langsung ke email yang terdaftar di aplikasi MyTRUST,” tambah Maria.

Itulah ulasan mengenai cara hemat belanja kebutuhan makanan saat tengah bulan versi Popmama.com. Dengan cara tersebut semoga mampu mengerem Mama agar tidak overconsumption jadi finansial keluarga aman.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk