5 Kreasi Resep dengan Bahan Oatmeal, Dijamin Lezat!

Ide masak sehat dan enak berbahan dasar oat

22 Maret 2020

5 Kreasi Resep Bahan Oatmeal, Dijamin Lezat
Pexels/Monserrat Solis

Oatmeal adalah makanan dari gandum yang mengandung banyak kebaikan. Selain banyak vitamin, oat juga sumber serat yang menyehatkan tubuh. 

Seringnya, oat hanya dijadikan sereal saat sarapan. Itupun tidak jadi favorit anak-anak karena teksturnya yang mudah lembek dan terlihat tidak menarik bagi mereka. 

Jika ingin memberikan menu oatmeal untuk anak-anak, tentu ada usaha tersendiri agar mereka mau menyantapnya. 

Popmama.com memiliki 5 kreasi resep berbahan oat yang bisa Mama coba. 

1. Oat milk

1. Oat milk
Freepik

Oat milk atau susu oat adalah sebuah menu pilihan alternatif untuk sarapan sehat dan mengenyangkan. Menu ini juga cocok untuk Mama yang sedang mengurangi konsumsi susu sapi namun tetap ingin memberikan susu pada si Kecil. 

Cara membuat oat milk mudah sekali. Mama bisa mencampurkan air dan oat dan kemudian memblendernya sampai halus. Setelah itu, saring dan masak sampai teksturnya agak mengental. 

Sesuaikan kekentalan seperti yang diinginkan. Angkat dan dinginkan. Oat milk pun siap dinikmati. Mama bisa menambahkan madu atau gula aren ke dalam susu untuk rasa yang lebih nikmat. 

2. Muffin pisang dengan oatmeal

2. Muffin pisang oatmeal
simplyrecipes.com

Kue muffin akan selalu jadi idola bagi anak-anak. Salah satu resep muffin mudah dan sehat adalah yang berbahan dasar oat. 

Mama bisa mencampurkan pisang yang sudah dilumatkan dengan garpu, kemudian tambahkan dengan oat, gula aren, vanila, kayu manis bubuk dan choco chip agar rasanya makin manis. 

Campurkan semua dan masukkan ke dalam wadah muffin dan panggang sekitar 15 menit. Mama bisa menyajikan muffin ini bersama es krim, lho!

Editors' Picks

3. Biskuit oat

3. Biskuit oat
Freepik/topntp26

Oatmeal di dalam biskuit membuat pengurangan penggunaan tepung. Ini sangat baik bagi Mama yang ingin membatasi konsumsi gluten pada anak. 

Cara membuat biskuit oat pun mudah. Cukup mencampurkan tepung, oat, telur , baking soda, dan vanila. Aduk sampai rata dan buat cetakan di atas wadah panggangan. 

Kemudian panggang sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan sesuai selera. Mama bisa membuat isian di tengah biskuit seperti menggunakan marshmallow, eskrim, atau selai coklat.

4. Ayam oat

4. Ayam oat
Freepik

Ingin membuat ayam goreng seperti di restoran cepat saji? Coba gunakan tepung dan oat. Kriuknya mirip seperti yang ada di restoran, Ma!

Bahan yang diperlukan pun sederhana yaitu ayam, tepung beras, tepung terigu, telur ayam, dan oatmeal. Cukup rendam ayam di dalam bumbu marinasi sebentar dan kemudian balurkan dengan campuran tepung. Terakhir balur dengan telur ayam yang sudah dikocok dan siram dengan oat untuk kesan krispi. 

Goreng sampai kecoklatan dan Mama pun bisa menyajikan ayam restoran siap saji dengan bahan yang lebih sehat. Nyam!

5. Overnight oat

5. Overnight oat
Freepik

Sedangkan untuk Mama yang ingin membuat resep sederhana dari bahan dasar oat, bisa mencoba overnight oat alias oat yang sudah didiamkan semalaman. 

Siapkan oat yang dicampur dengan susu atau yoghurt. Pastikan oat terendam dengan sempurna. Untuk gizi yang lebih lengkap, Mama bisa menambahkan muesli ke dalamnya dan diamkan di kulkas. 

Saat hendak mengonsumsinya di esok hari, Mama bisa menambahkan potongan buah segar untuk rasa yang lebih nikmat. Sedangkan untuk rasa yang menarik anak-anak, Mama bisa membuat overnight oat dengan susu coklat atau yoghurt buah. 

Itulah 5 kreasi berbahan dasar oat yang bisa Mama coba. Sudah tahu akan mempraktekan resep yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.