9 Cara untuk Membuat Makanan Sehat, Tapi Nggak Mahal

Bertekad untuk makan lebih sehat dengan anggaran yang irit? Baca ini ya..

11 Juli 2018

9 Cara Membuat Makanan Sehat, Tapi Nggak Mahal
Freepik

Umumnya makanan sehat itu dianggap aman untuk menjaga ukuran pinggang tetap stabil, namun kenyataannya seringkali harganya tidak aman bagi dompet. Mulai dari bahan mentahnya saja sudah mahal dan menguras saku kita.

Nyatanya, penilaian seperti ini belum tentu lho.

Asalkan kamu mau scroll down sampai selesai, dijamin anggaran belanja kamu untuk seporsi makanan sehat akan berkurang. Makanan sehat tentunya bagus untuk kesehatan keluarga. Penasaran?

Tips Belanja Makanan Sehat yang Irit

1. Pilih local food

1. Pilih local food
Freepik/Tirachard

Kunjungi pedagang sayur lokal. Kamu bisa menemukan bahan makanan yang cukup berkualitas dari pasar tradisional. Setiap hari juga stok sayur-mayur di pasar diperbaharui lho.

Kamu akan terkejut kkarena kamu bisa mendapatkan uang lebihan meski semua dijual tanpa kemasan mewah. Tampilan luar memang bukan prioritas di sini, yang penting bahan makanannya juga bagus.

Di pasar lokal malah kamu bisa belanja lebih banyak bahan makanan sehat karena harganya nggak mahal.

2. Jarak lokasi belanja

2. Jarak lokasi belanja
Freepik

Pilih lokasi belanja yang jaraknya dekat dari rumah kamu. Ongkos yang kamu keluar jadinya tidak terlalu mahal, kalau pun harus pakai jasa ojek online kan bayarnya bisa meringankan kamu.

3. Update diskon terbaru

3. Update diskon terbaru
crashandmars.com

Kalau kamu benar-benar nggak nyaman berbelanja di pasar tradisional, kamu bisa ke supermarket. Ini nggak masalah juga kok. Tapi  kebanyakan supermarket, mereka akan ada diskon tertentu.

Biasanya barang segar, beberapa jam sebelum waktu tutup toko akan di diskon. Seperti ayam potong atau sayur bayam merah.

Lumayan kan, kamu jadi bisa menyimpan sebagian uang kamu.

4. Bikin kartu member

4. Bikin kartu member
Freepik

Berbelanja di suatu tempat semata-mata karena kamu memiliki kartu member bukan ide yang buruk. Biasanya kalau kita memiliki kartu super ini, kita bisa dapat potongan harga selain dari diskon yang terpampang di banner promo.

Asyik banget kan, jadi bisa hemat dua kali.

Editors' Picks

5. Rajin browsing

5. Rajin browsing
thebalance.com

Sekarang banyak banget tempat toko online yang melayani pembelian melalui website, instagram, atau aplikasi smartphone.

Kamu harus rajin cari tahu, mana toko yang sedang ada diskon.

Sayur dan buah segar yang mereka jual juga nggak kalah segar dengan yang ada di toko. Malah sebagian menjual makanan sehat organik.

Kalau kamu beruntung, mungkin saja kalau kamu menemukan promo cash back. Wah, yang ini bisa membuat kamu jadi semakin semangat berbelanja makanan sehat nih.

6. Berhenti bersikap sombong

6. Berhenti bersikap sombong
Freepik/katemangostar

Memangnya kamu nggak capek ya kalau terus-terusan pamer belanjaan kamu di media sosial?

Stop sombong tentang itu semua, upload foto dari supermarket terkenal, dan bahan makanan yang mahal-mahal. Yang paling penting bukan itu, tapi yang terpenting adalah kamu bisa konsumsi makanan sehat dengan teratur dan harganya sesuai dengan kemampuan saku kamu.

7. Yakin mau ikutan tren 'superfoods' agar tetap sehat

7. Yakin mau ikutan tren 'superfoods' agar tetap sehat
Pixabay/meditations

Ada 61 persen dari kita telah melaporkan membeli apa yang disebut 'super food' dalam upaya untuk tetap sehat, namun dilansir oleh laman netdoctor.co.uk, banyak ahli sekarang menyetujui diet seimbang dan olahraga teratur juga akan bekerja dengan baik. Yang pasti baik untuk keuangan kamu juga ya.

Item mahal seperti air kelapa atau goji berries sangat bagus untuk perawatan sesekali, tapi kamu tetap dapat mempertahankan makanan sehat dengan makanan pokok yang lebih murah seperti kacang-kacangan, karbohidrat berbahan gandum, protein tanpa lemak, buah segar dan sayuran. Rasanya ini juga enak lho!

8. Belanja sesuai musimnya

8. Belanja sesuai musimnya
Freepik

Ada buah-buahan yang dijual lebih murah saat musimnya sedang panen besar. Jadi sebaiknya saat musim mangga, belaja buah mangga, begitu juga dengan buah yang lainnya.

Selama lagi musimnya kamu bisa puas belanja buah tersebut dan bisa kamu olah jadi makanan sehat dengan bermacam cara. Strategi ini lumayan untuk menstabilkan keuangan kamu.

9. Rencanakan ke depan

9. Rencanakan ke depan
unsplash
Catatan

Kalau kamu serius ingin komitmen mengonsumsi makanan sehat, merencanakan makanan kamu adalah suatu keharusan. Tulislah daftar sebelum kamu pergi, perhatikan bahan yang diperlukan untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

Dengan cara ini, kamu tidak akan membeli setiap bahan makanan yang mata kamu lihat, cukup yang sudah berada di daftar belanjaan kamu saja.

Itulah 9 cara tetap bisa mengonsumsi makanan sehat dan murah demi menjaga kesehatan keluarga. Kalau kamu masih punya cara lain, kamu bisa berbagi dengan menulis di kolom komentar ya.