Giring Ganesha Jalani Operasi Laparoskopi Akibat Sakit Usus Buntu

Yuk Ma, berkenalan dengan operasi laparoskopi!

26 November 2018

Giring Ganesha Jalani Operasi Laparoskopi Akibat Sakit Usus Buntu
Instagram.com/giring

Ma, ada yang sudah mendengar kabar terbaru Giring Ganesha yang sempat menjadi vokali grup musik Nidji?

Selain, namanya sudah mulai terdengar di dunia politik baru-baru ini Giring Ganesha dengan berjuang melawan penyakit usus buntu yang dideritanya. Giring Ganesha sempat dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah dan harus menjalani operasi laparoskopi.

"Terima kasih dokter Octo, dokter Taslim dan jajaran suster suster hebat Rumah Sakit Pondok Indah. Laparaskopi-nya lancar dan aku sudah merasa lebih sehat sekarang. Terima kasih juga doanya kawan-kawanku. Doa dan cinta untuk kalian semua," tulis Giring Ganesha sebagai ucapan syukur melalui Instagram pribadinya. 

Untuk Mama yang baru mendengar operasi ini, berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai penanganan usus buntu dengan operasi laparoskopi. 

1. Apa itu penanganan usus buntu dengan laparoskopi?

1. Apa itu penanganan usus buntu laparoskopi
Freepik

Penanganan penyakit usus buntu dengan operasi laparoskopi termasuk cara pembedahan untuk mengangkat usus buntu atau apendiks. 

Operasi usus buntu dengan laparoskopi dilakukan menggunakan alat berbentuk selang tipis dan panjang. Dilengkapi dengan kamera dan cahaya di bagian ujungnya. 

Penanganan usus buntu dengan operasi laparoskopi memberikan beberapa keuntungan lebih dibandingkan jenis metode operasi terbuka, seperti: 

  • Efek rasa nyeri yang lebih ringan
  • Bekas luka setelah operasi lebih kecil 
  • Tidak memerlukan waktu yang lama dalam menjalani rawat inap di rumah sakit

Tak hanya itu saja, penanganan penyakit usus buntu dengan operasi laparoskopi membuat pasien rata-rata lebih cepat proses penyembuhannya. Namun, hal ini pun tergantung dari kondisi yang terjadi pada pasien pasca operasi laparoskopi. 

Durasi pemulihan pasca operasi laparoskopi tergantung pada beberapa hal seperti kondisi fisik pasien secara keseluruhan dari tubuh hingga bekas jahitan, jenis anestesi yang digunakan selama operasi berlangsung hingga reaksi tubuh terhadap tindakan operasi yang sudah dijalani. 

Walau bisa dikatakan penyembuhan terhadap operasi laparoskopi terbilang cepat, namun sangat tergantung dari masing-masing daya tubuh setiap orang. 

Editors' Picks

2. Prosedur sebelum melakukan operasi laparoskopi

2. Prosedur sebelum melakukan operasi laparoskopi
Unsplash/Ani Kolleshi

Sebelum melakukan operasi laparoskopi, pasien perlu sekali memahami prosedur yang ada. Surat pernyataan yang menyetujui operasi laparoskopi ini akan diberikan oleh dokter atau perawat dan perlu ditandatangani oleh pasien. 

Setelah disetujui, pihak rumah akan melakukan pemeriksaan terhadap riwayat kesehatan pasien. Riwayat kesehatan ini meliputi keluhan dari gejala yang sedang diderita pasien selama sakit. 

Selain itu, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium juga perlu dilakukan oleh pasien secara menyeluruh. Tes darah dan tes urine dilakukan saat berada di dalam laboratorium. Untuk kebutuhan lain, terkadang dokter juga melakukan beberapa pemeriksaan lain seperti foto Rontgen, USG, MRI hingga CT scan.  

Perlu sekali melakukan puasa kurang lebih 8 jam sebelum menjalani operasi usus buntu dengan laparoskopi. 

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Melakukan Operasi Usus Buntu? Ketahui 4 Risikonya!

3. Dukungan berarti dari keluarga

3. Dukungan berarti dari keluarga
Instagram.com/cynthiaganesha

Dalam menghadapi sebuah penyakit tentu tidak mudah bila harus berjuang sendirian. Dukungan dari orang-orang terdekat khususnya keluarga saat diperlukan saat kondisi seperti ini. 

"Family is the best medicine. Love you," tulis Giring Ganesha. 

Begitu pun dengan Giring Ganesha, dirinya mendapatkan kekuatan dalam melawan penyakit yang ada di tubuhnya. Bisa dikatakan kalau keluarga menjadi salah satu sumber kebahagiaan dan dukungan kesembuhan untuknya. 

Tak hanya istrinya yang berada di masa-masa sakit Giring Ganesha, melainkan anak-anaknya pun berusaha hadir. Kebersamaan keluarga kecil ini terlihat di Instagram Giring dan Cynthia. 

"Operasi pertamanya Mas Giring, Laparoskopi usus buntu dan Alhamdulillah operasinya lancar. Insya Allah abis ini semakin sehat ya cintaku. Love you always," begini doa tulus dari Cynthia Ganesha untuk sang Suami. 

Sementara itu, Jasmina Aishwarya Ganesha berusaha bercanda bersama apalagi karena cita-citanya yang ingin menjadi Ghostbusters dan Zidane menyuapi Giring saat ingin makan. 

Kompak sekali keluarga ini ya, Ma. 

Baca juga: Potret Kesetiaan Indro Warkop Saat Menemani Istrinya yang Sakit Kanker

Baca juga: Tya Ariestya Berbagi Tips Atasi Anak Aktif Agar Tidak Mudah Sakit