Begini Kondisi Terkini dan Perjuangan Ani Yudhoyono Melawan Kanker

Ini nih Ma, kondisi terkini dari Ani Yudhoyono saat berjuang melawan kanker darah!

13 Maret 2019

Begini Kondisi Terkini Perjuangan Ani Yudhoyono Melawan Kanker
Instagram.com/aniyudhoyono

Kabar mengenai istri Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono masih selalu dinantikan ketika dirinya tengah berjuang melawan kanker darah. 

Kini Ani Yudhoyono masih di National University Hospital - NUH, Singapura. Dukungan dari keluarga, orang terdekat hingga masyarakat selalu mendoakan yang terbaik. 

Tak hanya ingin berdiam diri saja, Ani Yudhoyono berusaha melawan kanker darah di dalam tubuhnya. Kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa perjuangan yang dilakukan oleh Ani Yudhoyono demi kesembuhannya. 

Semoga perjuangan Ani Yudhoyono bisa menjadi inspirasi dan contoh untuk para pejuang kanker lainnya ya, Ma!

1. Tetap berusaha agar tubuh bugar 

1. Tetap berusaha agar tubuh bugar 
Instagram.com/ibasyudhoyono

Bruder iBas sedang jaga piket buat Memo, Ani Yudhoyono. Dan sore hari inipun kita menjalankan rutin biasa. 

Kalo kata Memo: instrukturnya “galak” lol. Mungkin seperti exercise ala tentara dengan ketukan “satu..dua..” tetapi insyaAllah Memo, tetap bugar, segar dan semangat dalam proses penyembuhannya ya. 

Selamat, sehat, sukses, rahayu! Amin ya Allah.

Itu salah satu deskripsi foto yang diunggah oleh Edhie Baskoro saat sedang bertugas menjaga sang Mama. Latihan seperti melakukan beberapa gerakan hingga jalan-jalan kecil setidaknya membantu agar tetap bugar dan segar. 

"Exercise merupakan salah satu cara untuk mendapatkan energi diri. Dekat-dekat dulu, insya Allah makin lama makin jauh. Semua butuh kesabaran," tulis Ani Yudhoyono di salah satu unggahannya di Instagram. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang hidup jarang bergerak, maka cenderung memiliki risiko peradangan. Bahkan jika sudah kronis dapat memicu terjadinya risiko kanker. 

Dikutip dari Huffington Post, aktivitas fisik dapat membantu menyeimbangkan hormon sehat dan tidak sehat, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih sehat di dalam tubuh. 

Bergerak sepanjang hari memang diperlukan agar tidak hanya duduk dalam waktu lama. Setidaknya ada waktu untuk melakukan peregangan atau sekedar berjalan-jalan. 

Baca juga: Keluarga Dampingi Ani Yudhoyono Saat Sakit, Almira Beri Kartu Ucapan

Editors' Picks

2. Asupan gizi harus terpenuhi dengan baik

2. Asupan gizi harus terpenuhi baik
Instagram.com/aniyudhoyono

"Saat sedang sakit, badan kita sering menolak makanan. Namun, tubuh membutuhkan asupan gizi yang besar agar kita bisa menang melawan sel-sel jahat kanker. Berkat support dari suami tercinta, makanan pun bisa dikonsumsi," begini salah satu curhatan dari Ani Yudhoyono di Instagram. 

Dari tulisannya ini seolah mengatakan bahwa peran sang Suami sangatlah berarti untuk kesembuhan yang sedang ia prioritaskan. 

Perlu disadari juga bahwa asupan gizi yang seimbang selama sakit dapat membantu tubuh melawan sel-sel kanker. Jika sedang menjalani pengobatan dan melawan kanker darah, sebaiknya memang pola makan harus dijaga agar tetap sehat. 

Beberapa menu makanan sehat yang baik untuk penderita kanker, di antaranya:

  • Gandum

Selain rasanya yang enak, olahan dari gandum dapat membantu tubuh lebih sehat dan memulihkan penyakitnya. Gandum yang dikonsumsi sekitar 10 gram dapat berguna untuk menurunkan tingkat estrogen dalam tubuh. 

  • Susu

Minuman yang satu ini bisa menjadi salah satu cara tepat dalam mengembalikan tenaga dan berat badan yang hilang selama melawan kanker. Saat rutin mengonsumsi susu, kandungan gizi serta vitaminya dapat mempercepat penambahan berat badan sehingga membantu kondisi tubuh menjadi kembali normal. 

  • Buah-buahan

Beragam jenis buah tentu memberikan vitamin untuk tubuh, namun cemilan sehat dalam buah-buahan untuk penderita kanker darah perlu diperhatikan. Konsumsi vitamin C dan antioksidan harus dipenuhi dari buah pisang, pepaya dan jeruk. Buah yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu menghambat laju atau perkembangan sel darah semakin menyebar. 

  • Sayuran

Sama seperti buah, sayuran juga perlu dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi tubuh. Wortel dan bayam bisa menjadi salah satu menu makanan sehat dapat dikonsumsi secara rutin. 

Baca juga: Ani Yudhoyono Dirawat Intensif Karena Kanker Darah

3. Terus optimistis dan bersemangat melawan kanker 

3. Terus optimistis bersemangat melawan kanker 
Instagram.com/agusyudhoyono

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa menjenguk Ibu Ani lagi. Senang sekali rasanya mengetahui bahwa Ibu Ani terus optimistis, serta tetap bersemangat untuk melawan dan mengalahkan kanker darah yang dideritanya.

Keep fighting Memo, Ani Yudhoyono. Stay positive dan stay strong. Never, ever, ever, give up!

Begitulah pengakuan Agus mengenai kondisi sang Mama. Tak hanya itu, Agus juga sangat berterima kasih kepada para sahabat dan seluruh masyarakat yang terus mendoakan Ani Yudhoyono.

Dirinya berhadap kalau sang Mama tetap diberikan kekuatan, kesabaran dan pada akhirnya sebuah kesembuhan.

Itulah beberapa momen terbaru dari Ani Yudhoyono saat sedang berjuang melawan kanker yang sedang dideritanya. Mari doakan yang terbaik untuk kesembuhan Ani Yudhoyono yuk, Ma!   

Baca juga: