Nikita Willy Punya Cita-Cita Menikah di Hari Jumat, Ini Istimewanya

Doa Nikita Willy terkabul karena dari dulu memang ingin menikah hari Jumat dan di rumah

16 Oktober 2020

Nikita Willy Pu Cita-Cita Menikah Hari Jumat, Ini Istimewanya
Instagram.com/thebridestory

Setiap perempuan tentu memiliki pernikahan impian yang berbeda-beda dan ingin menjadi ratu sehari di panggung pelaminan. Tidak hanya gaun, riasan atau konsep acara saja yang menjadi impian ketika melangsungkan pernikahan, melainkan penetapan hari pun perlu dipikirkan dengan matang. 

Sama seperti perempuan lain yang mempunyai impian pernikahannya masing-masing, Nikita Willy memiliki impian untuk menikah pada hari Jumat dan dilaksanakan di rumah. Impiannya pun terlaksanakan karena akad nikah Nikita dan Indra Priawan memang dilakukan pada hari ini, Jumat (16/10/2020). 

"Doa aku seperti terkabulkan karena dari dulu punya wedding dream, menikah hari Jumat dan di rumah. Alhamdulillah, ya. Allah mengabulkan doa aku gitu, jadi benar-benar di hari Jumat dan di rumah," ucap Nikita Willy. 

Menurut Nikita, pernikahan yang dilaksanakan di rumah terkesan lebih hangat apalagi tamu yang hadir memang kerabat terdekat. 

Cerita tersebut dibagikan oleh Nikita melalui video vlog perdananya di channel YouTube Nikita Willy Official. Dalam video tersebut juga menceritakan tentang detail persiapan pernikahannya, salah satunya penentuan tanggal. 

Terkait dengan impian dari Nikita yang ingin menikah di hari Jumat terkabul, maka perlu diketahui bahwa hari pilihannya tersebut memang istimewa dibandingkan yang lain.  

Jika Mama ingin mengetahui beberapa rangkuman terkait keistimewaan menggelar pernikahan di hari Jumat, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak yuk, Ma!

1. Jumat menjadi hari yang dianjurkan dalam Islam 

1. Jumat menjadi hari dianjurkan dalam Islam 
Pixabay/JK_90

Setiap manusia memang diciptakan untuk berpasang-pasangan hingga akhirnya saling mengucapkan janji suci di hari bahagia. 

Perlu diketahui bahwa hari Jumat memang dianjurkan untuk dipilih dalam Islam ketika ingin melangsungkan sebuah pernikahan. Jumat termasuk hari yang baik dan penuh berkah. 

Hal ini juga dinyatakan oleh an-Nafrawi al-Maliki dalam al-Fawakih ad-Dawani.

ويستحب كون الخطبة والعقد يوم الجمعة بعد صلاة العصر لقربه من الليل

“Dianjurkan khitbah (lamaran) dan akad nikah dilakukan hari jumat setelah asar, karena mendekati waktu malam.” - (Al-Fawakih Ad-Dawani, 2/11). 

Editors' Picks

2. Jumat itu istimewa karena tergolong sebagai hari raya 

2. Jumat itu istimewa karena tergolong sebagai hari raya 
Freepik/freepic.diller

Dilansir dari IDN Times, beberapa ulama menegaskan bahwa sangat dianjurkan untuk menikah atau melakukan akad nikah di hari Jumat. Mengingat juga ada tujuh nabi dan wali yang menikah pada Jumat.

Hal inilah yang membuat hari Jumat dikatakan istimewa dalam Islam karena tergolong sebagai hari raya. 

Pendapat tersebut telah dikatakan oleh Ibnu Qudamah:

"Dianjurkan melakukan akad nikah pada hari Jumat karena beberapa ulama salaf menganjurkan hal itu, di antaranya Samurah Ibnu Habib, Rasyid bin Said, dan Habib bin Utbah. Di samping itu, hari Jumat merupakan hari yang istimewa dan hari raya Islam. Di hari ini, Adam AS diciptakan." - (al-Mughni, 7/428).

3. Menikah di hari Jumat akan memberikan banyak keberkahan hidup 

3. Menikah hari Jumat akan memberikan banyak keberkahan hidup 
Freepik/Jcomp

Hari Jumat memang dianjurkan untuk melaksanakan prosesi pernikahan. Acara yang digelar di hari baik tersebut akan senantiasa memberikan banyak keberkahan hidup. 

Kedua mempelai yang melaksanakan pernikahan di hari Jumat akan dituntun oleh Allah SWT agar mampu melewati segala masalah selama menjalani bahtera rumah tangga. 

Pernikahan di hari Jumat diharapkan bisa membuat pasangan suami istri terus harmonis.  

4. Rasulullah SAW telah bersabda bahwa Jumat menjadi hari yang paling agung

4. Rasulullah SAW telah bersabda bahwa Jumat menjadi hari paling agung
Pixabay/StockSnap

Dalam hadis dari Abu Lubabah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الأَيَّامِ وَأَعْظَمُهَا عِنْدَ اللَّهِ

Artinya:

“Sesungguhnya hari Jumat adalah sayyidul ayyam dan hari paling agung di sisi Allah.” - (HR. Ahmad 15947, Ibn Majah 1137, dan dihasankan al-Albani).

Berdasarkan hadis di atas, Jumat dikatakan sebagai hari yang paling agung. Pemilihan hari ini tidak hanya dapat memberikan keberkahan saja, melainkan dilimpahkan berbagai hal-hal baik dalam setiap langkah. 

5. Jumat menjadi hari terbaik dibandingkan yang lain

5. Jumat menjadi hari terbaik dibandingkan lain
Pixabay/Pexels

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُهْبِطَ مِنْهَا وَفِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يُصَلِّى فَيَسْأَلُ اللَّهَ فِيهَا شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

Artinya:

“Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Di hari ini, Adam diciptakan; di hari ini, beliau dimasukkan ke dalam surga, di hari ini pula, beliau dikeluarkan dari surga. Di hari Jumat terdapat satu waktu, apabila ada seorang hamba yang salat, memohon kepada Allah di waktu itu, maka Allah akan memberikannya.” - (HR. Ahmad 10823, Tirmidzi 493 dan disahihkan Syuaib al-Arnauth)

Itulah beberapa rangkuman terkait penjelasan bahwa Jumat bisa dipilih sebagai hari terbaik untuk melangsungkan akad pernikahan. Dengan pemilihan hari yang tepat, diharapkan pasangan yang telah resmi menikah bisa menjalani keharmonisan bahtera rumah tangga. 

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.