11 Tempat Jogging di Jakarta yang Paling Favorit Dikunjungi

Tempat jogging yang juga instagramable!

24 Agustus 2019

11 Tempat Jogging Jakarta Paling Favorit Dikunjungi
Freepik/Tirachardz

Aktivitas yang padat akibat pekerjaan dan kegiatan penting membuat seseorang melewatkan waktu untuk berolahraga. Padahal, menjaga kesehatan saat ini menjadi kebutuhan setiap orang untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghindari dari berbagai macam penyakit.

Jogging bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kesehatan, karena olahraga ini sifatnya sederhana dan tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja, kalau kamu kesulitan meluangkan waktu di pagi hari, kamu dapat jogging di malam hari.

Jogging juga bisa dilakukan dimana saja, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang sering digunakan untuk jogging. Walaupun di Jakarta dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi dan transportasi yang padat, ternyata masih banyak tempat yang bisa kamu coba untuk jogging lho!

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 11 rekomendasi tempat jogging di Jakarta yang dapat kamu dan keluarga coba.

1. Area Sudirman (Car Free Day)

1. Area Sudirman (Car Free Day)
Id.m.wikipedia.org

Car Free Day adalah sebuah program di Jakarta yang rutin dilakukan setiap hari Minggu. Pada pukul 06.00-11.00WIB seluruh kendaraan (kecuali Transjakarta) dilarang melewati area Jl. Sudirman hingga Jl. MH Thamrin.

Pada kegiatan ini, pemerintah DKI Jakarta menghimbau warga Jakarta untuk melakukan olahraga di kawasan ini. Selain untuk jogging, di area car free day ini juga banyak perkumpulan komunitas-komunitas untuk berkumpul, dan juga bazaar-bazaar dari makanan hingga pakaian.

Namun, selain saat car free day kamu juga bisa berolahraga di area ini, karena kawasan Jl. Sudirman hingga Jl. MH Thamrin sudah disulap ramah pejalan kaki dengan keadaan trotroar yang diperlebar, sehingga kamu tidak perlu takut untuk berdesakan dengan pejalan kaki lainnya. Namun, perhatikan jam yang tepat ya agar kamu juga mendapatkan kualitas udara yang baik!

2. Taman Menteng

2. Taman Menteng
Flickr.com/Chandramarsono

Taman Menteng adalah taman yang terletak di pusat kota kawasan Menteng daerah Jakarta Pusat. Dulunya, taman ini adalah sebuah Stadion Menteng. Di Taman Menteng, selain untuk berolahraga, tempat ini juga dijadikan untuk tempat bertemunya komunitas seperti pecinta fotografi, hewan, musisi, dan lainnya.

Taman ini berdiri di atas lahan seluar 30 hektar dimana di sekelilingnya terdapat banyak pohon-pohon dan kursi yang membuat taman ini menjadi terasa nyaman dan rindang. Kamu juga bisa berfoto seusai jogging di area-area rumah kaca Taman Menteng lho!

3. Monumen Nasional (Monas)

3. Monumen Nasional (Monas)
Id.wikipedia.org

Kawasan Monumen Nasional ini memiliki area lahan yang luas, sekitar 80 hektare. Biasanya ruang terbuka di Monas ini dijadikan tempat untuk acara-acara besar di Jakarta seperti perayaan tahun baru, ulang tahun Jakarta, dan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Namun, dengan lahan luas dan penataan taman yang rindang dan rapih, kamu dapat mencoba untuk berjogging di area ini. Kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat jogging dan jalan santai pagi hari, sore hari, serta malam hari. 

Area Monas juga dilengkapi dengan berbagai macam pusat kuliner yang dapat kamu coba seusai olahraga. Selain bisa jogging, kamu juga bisa melihat pemandangan Jakarta dari puncak Monas dari ketinggian 132 meter.

4. Jogging track Banjir Kanal Timur (BKT)

4. Jogging track Banjir Kanal Timur (BKT)
Linkevent.co

Tempat jogging yang tergolong baru ini letaknya ada di jalur sepanjang jalan Duren Sawit, Cipinang, Jakarta Timur. Kawasan yang digunakan untuk menahan luapan banjir, kini disulap menjadi jogging track dengan panjang lintasan 1,4 km. 

Selain itu juga ada beberapa alat-alat olahraga dan beberapa pos parkir sepeda. Area jogging di BKT ini juga menyediakan jalur-jalur refleksi dan tempat duduk yang nyaman untuk kamu beristirahat setelah berolahraga. Namun, sayangnya seringkali jalur jogging ini digunakan untuk area berjualan.

5. Kawasan Pantai Ancol

5. Kawasan Pantai Ancol
Flickr.com/Thisisinbalitimur

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta Utara, kamu bisa mencoba untuk berolahraga sejenak di kawasan Pantai Ancol, ditambah dengan pemandangan laut yang menarik sehingga membuat kamu lebih semangat untuk jogging. 

Walaupun harus mengeluarkan uang tiket masuk, namun pengalaman jogging yang didapatkan sebanding dengan harga tiket individu seharga Rp 25.000. Namun jika kamu datang dari jam 06.00-08.00WIB kamu akan mendapatkan harga tiket hanya Rp 15.000 saja.

Waktu yang cocok untuk jogging di area Ancol ini adalah pagi hari dan sore hari saat matahari sudah mulai turun. Pada waktu sore hari, kamu akan melihat pemandangan matahari terbenam di kawasan ini dan juga cuacanya yang tidak terlalu terik.

Editors' Picks

6. Gelora Bung Karno

6. Gelora Bung Karno
Commons.wikimedia.org

Area Gelora Bung Karno di Senayan ini memang sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan olahraga karena lokasinya yang terkenal nyaman dan tempatnya yang sangat luas. Selain untuk jogging, di area Gelora Bung Karno ini juga disediakan fasilitas untuk menunjang olahraga.

Tempat ini menjadi populer dan favorit untuk melakukan berbagai olahraga yang ringan hingga berat. Di area Gelora Bung Karno ini juga biasanya diadakan senam bersama seperti Taichi, Yoga, dan sebagainya.

Tidak hanya masyarakat di Jakarta saja yang suka jogging di area ini, namun juga para atlet suka berlatih di area Gelora Bung Karno. Siapa tahu kamu juga bisa bertemu dengan atlet kesukaanmu jika berolahraga di Gelora Bung Karno!

7. Kebun Binatang Ragunan

7. Kebun Binatang Ragunan
Id.wikipedia.org

Melakukan jogging sambil rekreasi bersama keluarga kamu juga bisa lakukan di Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Area seluas 140 hektare ini cocok untuk dijadikan tempat jogging.

Agar jogging lebih nyaman, kamu bisa datang pada pukul 06.00 WIB untuk menghindari wisatawan yang mulai berdatangan. Selain jogging, kamu juga bisa belajar tentang tumbuhan maupun binatang. Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan hanya sekitar Rp 4.000, kamu juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kawasan agar tidak mudah lelah.

Sebelum masuk area, jangan lupa untuk membawa air mineral yaa!

8. Taman Suropati

8. Taman Suropati
Commons.wikimedia.org

Taman Suropati ini berlokasi di Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan Menteng. Taman Suropati memang tidak terlalu besar, namun taman ini memiliki banyak pohon rindang yang membuat jogging disana menjadi lebih sejuk dan menyenangkan.

Setelah jogging, kamu bisa mengisi perut dengan jajanan-jajanan yang tersedia di sekitar Taman Suropati. Di sana juga banyak komunitas-komunitas yang berkumpul seperti komunitas hewan dan komunitas musisi.

Karena tempatnya yang sejuk dan nyaman, kamu juga bisa melakukan jalan-jalan sore di area ini. Kamu boleh lho membawa hewan peliharaan kamu seperti anjing atau kucing untuk berjalan-jalan di area ini.

9. Taman Ayodya

9. Taman Ayodya
Dolanyok.com

Taman Ayodya terletak tidak jauh dari pusat perbelanjaan Blok M, Jakarta Selatan. Taman ini memiliki desain seperti teater atau panggung terbuka. Taman Ayodya juga hadir dengan danau buatan yang luasnya hingga mencapai 1.500 meter. 

Taman ini juga memiliki jalur jogging yang cukup panjang seluar 1.700 meter, sehingga Taman Ayodya ini cocok untuk kamu yang ingin jogging pada pagi hari atau sore hari. Kamu juga bisa beristirahat di pendopo-pendopo yang disediakan di Taman Ayodya. Di sini juga terdapat fasilitas untuk menunjang kegiatan berolahragamu.

10. Kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan

10. Kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan
Dolandolen.com

Walaupun dipenuhi dengan gedung-gedung perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Kamu juga bisa menikmati suasana jogging di kawasan ini. Jalur jogging bisa dimulai dari area Plaza Festival hingga kawasan Epicentrum.

Kawasan ini memiliki tempat yang luas dan sejuk untuk dilalui saat berjogging di pagi hari. Namun atur waktu kamu dengan baik ya, karena jika sudah ramai area ini akan dipadati oleh kendaraan-kendaraan. Kamu juga bisa merasakan jogging di malam hari pada kawasan ini.

11. Taman Lapangan Banteng

11. Taman Lapangan Banteng
Jakarta-tourism.go.id

Sejak Revitalisasi Taman Lapangan Banteng dari Mei 2017, Taman Lapangan Banteng kini menjadi salah satu tempat favorit warga Jakarta untuk jogging dan olahraga lainnya. Di Taman ini disediakan lapangan bola, lapangan voli, lapangan basket, dan juga lahan yang biasanya digunakan untuk bermain bulu tangkis.

Selain untuk berolahraga, desain Taman Lapangan Banteng sejak revitalisasi menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak muda untuk dijadikan tempat berfoto. Di taman ini juga tersedia area untuk bermain anak, kolam air mancur, dan Monumen Pembebasan Irian Barat.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, manfaatkan waktu 1-2x dalam seminggu untuk jogging ya! Nah, tadi merupakan 11 rekomendasi tempat jogging favoritnya warga Jakarta. Adakah salah satunya yang sering kamu dan keluarga kunjungi untuk jogging?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;